[SALAH] Tangkapan Layar Grup WA Pendukung 02

Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahean membantah dan mengatakan bahwa tangkapan layar tersebut merupakan editan dan hoaks. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera ikut membantah terkait beredarnya tangkapan layar yang menunjukan percakapan di grup WhatsApp mengatasnamakan Pendukung 02 tersebut.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
=============================================

Beredar gambar tangkapan layar grup Whatsapp yang diklaim sebagai ‘Grup WA Pendukung 02’.

Sejumlah nama tokoh partai dan pendukung Prabowo-Sandiaga dalam Pilpres 2019, terlihat juga ikut dicatut namanya dalam tangkapan layar yang belum jelas sumbernya.

Mereka terlihat menanggapi percakapan terkait ditunjuknya Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan oleh Presiden Jokowi.

Para tokoh yang ditampilkan dalam grup itu yakni Mardani Ali Sera, Ferdinand Hutahaean, Habiburokhman, Neno Warisman, Fadli Zon, Fahri Hamzah, hingga Ustad Abdul Somad. Mereka tampak ada yang mendukung keputusan Prabowo masuk dalam kabinet, sementara beberapa lainnya kecewa dan ditampilkan meninggalkan/keluar dari grup WhatsApp itu.

Salah satu sumber gambar : https://perma.cc/H65G-T39P (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera ikut membantah terkait beredarnya tangkapan layar yang menunjukan percakapan di grup WhatsApp mengatasnamakan Pendukung 02.

Dalam tangkapan layar itu, nama Mardani ikut memberikan komentar terkait ditunjuknya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan.

Akun Mardani dalam grup tersebut memberikan tanggapan dengan menuliskan “*menyimak”.

Mardani kemudian memberi tanggapan dengan menyatakan bahwa dia tidak terlibat dalam percakapan grup WhastApp yang belakangan diketahui hoaks.

“Saya tidak ikut,” ujar Mardani saat dikonfirmasi, Jumat (25/10/2019).

Nama politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahean menjadi salah satu orang yang ikut menanggapi percakapan Prabowo menjadi Menhan di grup WhatsApp Pendukung 02 tersebut.

Nama Ferdinand dalam chat tersebut memberi komentar dengan mengucapkan selalamat kepada Prabowo yang menjadi Menhan. Ucapan tersebut tertulis “Selamat Jenderal!”.

Namun, Ferdinand membantah dan mengatakan bahwa tangkapan layar tersebut merupakan editan dan hoaks.

“Oh enggak. Itu hoax. Editan saja,” kata Ferdinand saat dikonfirmasi.

“Tidak mungkin saya ucapkan selamat kepada Prabowo,” sambungnya.

Ferdinand mengatakan grup WhatsApp itu kemungkinan sengaja dibuat sedemikian rupa seolah berisi para tokoh pendukung 02 dan disebarkan kepada publik untuk meledek.

“Dibuat mungkin untuk ngeledekin aja,” kata Ferdinand.

REFERENSI :
https://www.antaranews.com/berita/1135456/hoaks-tangkapan-layar-grup-whatsapp-pendukung-02
https://www.suara.com/news/2019/10/25/150939/viral-tangkap-layar-grup-wa-pendukung-02-mardani-saya-tak-ikut-ikutan
https://www.antaranews.com/berita/1131063/beredar-hoaks-grup-whatsapp-pendukung-02

About Adi Syafitrah 352 Articles
noob, nerd,