[SALAH] Calon PNS Diminta Siapkan Uang Sebesar Rp750.000

Muncul surat yang mengatasnamakan Badan Kepegawaian Negara di media sosial. Dalam keterangan tertera, Calon Pegawai Negeri Sipil diminta menyiapkan uang sebesar Rp750.000. menanggapi informasi tersebut, BKN pun akhirnya melakukan klarifikasi dan menyatakan bahwa surat tersebut tidak benar dan bukan produk BKN.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL dan KERTAS SURAT

===

NARASI:

Sehubungan dengan telah ditetapkannya Surat Pengantar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2019, Bersama ini kami sampaikan pada Peserta Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten yang akan mengikuti Pembekalan dari tanggal 26 dan 27 November 2019.

===

PENJELASAN: Beredar sebuah surat yang mengatasnamakan Badan Kepegawaian Negara dengan klaim, untuk para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil wajib menyiapkan uang sejumlah Rp750.000. Surat tersebut juga berisi pemberitahuan tentang pembekalan CPNS di lingkungan pemerintah provinsi, kota dan kabupaten yang akan diselenggarakan pada 26 dan 27 November 2019.

Menanggapi informasi tersebut, pihak terkait pun akhirnya angkat bicara. BKN melalui media sosial Instagram resmi milik mereka @bkngoidofficial menyatakan bahwa surat tersebut bukanlah produk BKN.

Berikut klarifikasi yang dikeluarkan oleh BKN:

#SobatBKN, kembali beredar surat palsu yang lagi-lagi mengenai CPNS. Padahal seleksi CPNS itu tidak dipungut biaya lho, kecuali biaya paket internet atau wifi yang digunakan untuk mendaftar masing-masing

===

REFERENSI:

https://www.antaranews.com/berita/1134399/hoaks-surat-bkn-tentang-pembekalan-cpns-berbiaya-rp750000