[SALAH] Polisi Mengamankan Mobil Berisi Bahan Peledak Saat Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Akun twitter @mochamadarip (Remington Steele #20/20 Vision) mengunggah beberapa foto yang diklaim bahwa pihak kepolisian berhasil mengamankan sebuah mobil dengan plat nomor palsu dan membawa bahan peledak saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada minggu 20 oktober 2019. setelah ditelusuri mobil ber plat B 1 RI dan didapati dua buah parang di dalamnya. sedangkan foto bahan peledak merupakan kejadian penggeladahan sebuah rumah oleh tim densus 88 di Bandar Lampung pada 15 oktober 2019.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG SALAH

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL TWITTER

http://archive.fo/irlqC

======

[NARASI]:

Halo… @tempodotco & LSM HAM masih mau bilang: pengamanan pelantikan presiden, LEBAY? Aparat mendapatkan mobil dengan no polisi palsu berisikan bahan peledak.

======

[PENJELASAN]:

Akun twitter @mochamadarip (Remington Steele #20/20 Vision) mengunggah beberapa foto yang diklaim bahwa pihak kepolisian berhasil mengamankan sebuah mobil dengan plat nomor palsu dan membawa bahan peledak saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada minggu 20 oktober 2019.

Setelah dilakukan penelusuran, memang benar pada saat momen pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu, 20 oktober 2019, polisi mengamankan sebuah mobil berserta pemilik dan pengmudi Nissan Terra dengan nomor polisi B 1 RI yang terparkir di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan.

Diketahui hotel tersebut menjadi tempat menginap tamu negara yang berkunjung dalam rangka menghadiri pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya Ma’ruf Amin.

Mobil tersebut diketahui terparkir di lokasi itu sejak Sabtu (19/10) malam sekitar pukul 23.00 WIB.

“Jadi kendaraan mereka ini yakni Nissan Terra warna putih terparkir di lobi hotel. Kendaraan ini menghalangi lintasan tamu negara,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Minggu (20/10).

Pengemudi mobil tersebut diketahui berinisial HS sementara pemiliknya diketahui berinisial IL. Setelahnya, mobil yang terpakir tersebut dilakukan penggeledahan oleh aparat kepolisian. Hasilnya, ditemukan dua buah senjata tajam jenis parang, plat nomor palsu B 1442 KJM.

Selain itu, polisi juga menemukan pin anggota PKRI, serta sebuah undangan pelantikan presiden dan wakil presiden. Namun, Argo tak mengungkapkan nama yang tertera dalam undangan pelantikan tersebut.

Dalam foto yang diposting akun @mochamadarip terdapat foto KTP atas nama Haryono Sangadji

Sementara itu, untuk foto Bom yang diposting merupakan hal yang keliru dan berpotensi penggiringan opini. foto bom tersebut merupakan kejadian saat tim densus 88 Antiteror Mabes Polri menggeledah rumah Halimi Musa (Alm), kakek Rifki Montajeri, di Jalan Dempo No. 204 RT 13 LK 1, Perumnas Wayhalim, Bandar Lampung, Selasa, 15 Oktober 2019.

Rumah tersebut diduga menjadi tempat persembunyian barang bukti bahan peledak milik terduga teroris jaringan JAD, Rifki Montajeri. di dalam rumah tersebut di temukan tas berisi 1,5 kg sulfur, 2 kg bubuk warna putih yang belum diketahui jenisnya, butiran bubuk lainnya yang diduga supernova.

Kemudian ada lampu LED yang diduga sebagai detonator. Selain itu juga ada 5 unit ponsel yang sudah dikombinasi atau dirakit dan diduga untuk tombol switch.

Berdasarkan fakta diatas, akun twitter @mochamadarip telah menyebarkan konten yang salah karena adanya penggiringan opini mengenai ditemukannya bom dalam mobil yang di amankan di hotel Raflles, Kuningan pada 20 oktober 2019.

======

REFERENSI:

https://cnnindonesia.com/nasional/20191020151713-12-441161/pelantikan-jokowi-polisi-amankan-mobil-b-1-ri-berisi-parang

https://wartakota.tribunnews.com/2019/10/20/polisi-amankan-mobil-nissan-terra-yang-halangi-jalan-tamu-negara-ada-senjata-tajam-di-dalamnya

https://nasional.tempo.co/read/1262025/polisi-amankan-mobil-yang-halangi-tamu-pelantikan-presiden/full&view=ok

https://www.saibumi.com/artikel-96669-geledah-rumah-kakek-terduga-teroris-rifki-densus-88-temukan-tas-berisi-bahan-peledak.html