[SALAH] Pesan Larangan Kendaraan Plat AD Solo ke Jogja

Jelang digelarnya laga Derby Mataram yakni antara PSIM dan PERSIS Solo, rupanya terdapat oknum tidak bertanggung jawab yang ingin memanfaatan laga tersebut dengan mengirimkan informasi palsu. Seperti halnya dengan beredarnya pesan terkait dengan himbauan larangan plat nomor AD jangan dibawa masuk ke Kota Jogjakarta. Menanggapi hal tersebut, polsek Umbulharjo yang namanya dicatut dalam pesan pun menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah mengeluarkan pernayataan seperti halnya yang terdapat dalam pesan.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

===

SUMBER: PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI:

Meneruskan pesan dari polsek Umbulharjo

Selamat sore sedulur dalam rangka Pertandingan sepak Bola liga 2 antara PSIM lawan PERSIS Solo pada hari senin tgl 21-10-2019 di Mandalakrida jam 15;30 wib utk menjaga Keselamatan dan Hal yg tidak perlu terjadi Maka yg Punya Motor dan Mobil Plat AD Jangan dibawa masuk Kota Yogykarta Dulu.

Mohon yang mempunyai kerabat saudara tetangga yg punya montor/mobil plat AD dihimbau agar tidak dipakek dulu.

Nuwun

===

PENJELASAN: Jelang digelarnya laga Derby Mataram yakni antara PSIM dan PERSIS Solo, rupanya terdapat oknum tidak bertanggung jawab yang ingin memanfaatan laga tersebut dengan mengirimkan informasi palsu. Seperti halnya dengan beredarnya pesan terkait dengan himbauan larangan plat nomor AD jangan dibawa masuk ke Kota Jogjakarta.

Menanggapi informasi yang beredar, pihak kepolisian setempat pun dengan sigap menyatakan bahwa pesan himbauan tersebut adalah tidak benar. Melansir dari tribunnews.com, Kapolsek Umbulharjo, Kompol Alaal Prasetyo menyatakan bahwa himbauan tersebut palsu.

“Saya sendiri kaget dengan adanya pesan ini. Saya selaku Kpolsek Umbulharjo, belum pernah memberikan instruksi ataupun himbauan seperti itu,” tegas Kompol Alaal.

Alaal juga telah mengkonfirmasi kepada seluruh anggota di Mapolsek Umbulharjo terkait dengan pesan yang mengatasnamakan Polsek Umbulharjo tersebut. Dan tidak ditemukan satu pun anggota yang menyebarkan pesan tersebut.

===

REFERENSI:

https://solo.tribunnews.com/2019/10/19/beredar-broadcast-wa-larangan-kendaraan-plat-ad-solo-ke-jogja-ini-penjelasan-polsek-umbulharjo