[SALAH] Pelajar Yang Fotonya Viral Membawa Bendera Saat Demo Di depan Gedung DPR Meninggal Dunia

Beredar info di media sosial yang menyebutkan bahwa Akbar Alamsyah, pelajar yang viral di manca negara berkat fotonya yang memegang bendera merah putih saat demo di depan gedung DPR RI meninggal dunia pada 10 oktober 2019. FAKTANYA, klaim foto pelajar yang viral membawa bendera merah putih tersebut bukanlah Almarhum Akbar Alamsyah melainkan Lutfi Alfiandi yang diamankan pihak kepolisian pada saat aksi demosntrasi di depan gedung DPR beberapa waktu lalu dan saat ini dalam keadaan masih hidup. (Selengkapnya di bagian penjelasan).

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG SALAH

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

https://web.archive.org/save/https://www.youtube.com/watch?v=-BOKCKRrPTU&feature=share&fbclid=IwAR0HIDtcmTWFqxSeNr-CkvkMLw59y2Kdo5mS6DtMq2QPYdT0FB1RL7iroOw&app=desktop

======

[PENJELASAN]:

Beredar informasi berupa video slide show di youtube yang mengklaim bahwa Akbar Alamsyah, pelajar yang fotonya viral hingga ke manca negara saat membawa bendera merah putih ketika aksi demonstrasi di depan gedung DPR pada 25 september lalu meninggal dunia pada 10 oktober 2019.

Faktanya, Akbar Alamsyah memang meninggal dunia pada tanggal 10 oktober 2019 di RSPAD Gatot Subroto setelah sempat dalam keadaan koma selama beberapa hari. dirinya juga turut melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung DPR pada bulan lalu.

Namun klaim bahwa pelajar yang fotonya viral membawa bendera merah putih saat aksi demo tersebut merupakan Almarhum Akbar Alamsyah adalah tidak benar dan merupakan orang yang berbeda.

Pelajar yang fotonya viral tersebut adalah Lutfi Alfiandi yang diamankan pihak kepolisian saat melakukan aksi demo pada 30 september 2019. hingga saat ini diketahui bahwa Lutfi masih hidup.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Edy Suranta mengonfirmasi bahwa Lutfi Alfiandi bukanlah berstatus pelajar, melainkan sudah lulus sekolah menengah saat aksi demo tersebut.

[KESIMPULAN]:

Klaim yang menyebutkan bahwa Almarhum Akbar Alamsyah merupakan sosok pelajar yang fotonya viral memegang Bendera Merah Putih saat aksi demo di depan gedung DPR adalah tidak benar.

sosok asli dari foto viral tersebut adalah Lutfi Alfiandi yang saat ini masih hidup dan tengah menjalani proses hukum yang telah dilimpahkan ke Polres Jakarta Pusat setelah sebelumnya ditahan di Polres Metro Jakarta Barat karena dugaan aksi rusuh di depan Gedung DPR RI pada 30 september 2019.

======

REFERENSI:

https://makassar.tribunnews.com/2019/10/03/postingan-terakhir-lutfi-alfiandi-anak-stm-yang-fotonya-viral-memegang-bendera-benarkah-ditangkap?page=3

https://www.antaranews.com/berita/1095224/kasus-dugaan-aksi-rusuh-remaja-la-dilimpahkan-ke-polres-metro-jakpus

https://megapolitan.kompas.com/read/2019/10/11/13342351/saat-kondisi-koma-di-icu-akbar-alamsyah-dikirimi-surat-penetapan?page=all

https://www.liputan6.com/news/read/4084376/alasan-polisi-tetapkan-akbar-alamsyah-sebagai-tersangka