[SALAH] Video Al Qur’an yang selamat tidak tersentuh api kebakaran gedung di Wamena.

Lokasi kebakaran itu bukan di Wamena, melainkan di kantor maskapai Saudi Arabian Airlines, Dhaka, Bangladesh pada Selasa, 1 Oktober 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun Lagu Dj Remix Bus Reporter Tribun (fb.com/ReporterTribun) mengunggah sebuah video yang diberi narasi sebagai berikut :

“CNN memberitakan bahwa di dalam bangunan dan toko yang terbakar di Wamena banyak ditemukan Alqur’an alkarim yang selamat, tak tersentuh oleh api. Itulah kalam Ilahi yang dijaga oleh Pemiliknya.Subhanallah……”

Video itu hanya berdurasi 1 menit 30 detik. Awalnya, sang perekam dengan membawa kamera memasuki gedung yang hangus terbakar. Beberapa saat kemudian, lensa kamera diarahkan pada tumpukan Alquran yang terbungkus kardus. Kemudian, satu per satu halaman dibuka untuk memastikan bahwa kitab tersebut tidak terbakar.

Sumber : https://perma.cc/TK5Y-TE5Y (Arsip) – Sudah dibagikan 1.997 saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran terhadap video tersebut, ditemukan fakta ternyata kejadian di dalam video itu bukanlah terjadi di Wamena, melainkan terjadi di kantor maskapai Saudi Arabian Airlines, Dhaka, Bangladesh.

Potongan dari video itu juga pernah diunggah akun Twitter JB (twitter.com/badnocs/) pada 6 Oktober 2019. Akun tersebut menambahkan keterangan bahwa peristiwa itu terjadi di kantor maskapai penerbangan Saudi di Dhaka pada 1 Oktober 2019. ”Luar biasa, semua Quran utuh. Jika itu benar, Allahu Akbar,” begitu penggalan narasinya.

Secara kronologi, portal berita bdnews24.com menyebutkan bahwa si jago merah melahap kantor maskapai Saudi Arabian Airlines pada Selasa, 1 Oktober 2019. Kobaran api berasal dari lantai dasar bangunan berlantai empat itu.

Setelah satu jam, tujuh unit mobil pemadam kebakaran berhasil memadamkan dan melakukan pembasahan. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Bdnews24 menyebutkan, penyebab kebakaran masih diselidiki lebih lanjut.

REFERENSI :
https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/11/10/2019/viral-alquran-utuh-di-reruntuhan-bangunan-yang-terbakar/
https://twitter.com/badnocs/status/1180783372030926848
https://bdnews24.com/bangladesh/2019/10/01/fire-guts-airline-office-at-sonargaon-hotel

About Adi Syafitrah 1337 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo