[SALAH] Dandim Kendari yang kemarin dipecat, ternyata pernah bantu evakuasi korban kecelakaan

Bukan Dandim yang dicopot, Kolonel Hendi Suhendi. Dandim Kendari yang ada di foto tersebut adalah Dandim Kendari yang lama Letkol CPN KRH Fajar Lutvi Haris Wijaya yang digantikan Kolonel Hendi Suhendi pada 19 Agustus 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Beredar artikel dari situs koranmiliter[dot]com yang berjudul “Hendak Ikut Upacara HUT RI di Konut, Dandim Kendari Evakuasi Korban Tabrakan”

Salah satu unggahan yang cukup viral adalah unggah dari akun Putri Amelia (fb.com/Putriamelia2309) di grup Barisan Rakyat Oposisi (BRO) (fb.com/groups/BARISAN.RAKYAT.OPOSISI/) yang diberi narasi : “SAYA BANGGA DENGAN DANDIM KENDARI, KALO KAMU???”

Sumber : https://perma.cc/NWB9-ZYKG (Arsip) – Sudah dibagikan 6062 kali saat tangkapan layar diambil.

Postingan ini dibagikan kembali oleh warganet dengan narasi yang menyebut Dandim yang ada di artikel tersebut sebagai Dandim yang beberapa hari lalu dicopot dari jabatannya.

Salah satu contoh : https://perma.cc/7RYS-72KB (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran terhadap artikel yang dibagikan oleh sumber di grup tersebut, artikel tersebut benar adanya.

Namun, klaim bahwa Dandim Kendari yang disebut di judul artikel tersebut adalah Dandim yang dicopot beberapa hari yang lalu, yaitu Kolonel Hendi Suhendi adalah klaim yang salah.

Dandim Kendari yang ada di artikel tersebut adalah Letnan Kolonel Cpn KRT Fajar Lutvi Haris Wijaya, Komandan Kodim 1417/Kendari yang lama sebelum digantikan oleh Kolonel Kav Hendi Suhendi S.Sos pada 19 Agustus 2019.

Sebenarnya, jika artikel tersebut di baca sampai selesai, nama Kolonel Cpn KRT Fajar Lutvi Haris Wijaya sudah ditulis di awal artikel.

Berikut salinan lengkap artikel yang diunggah pada tanggal 25 Agustus 2019 tersebut. :

“Koranmiliter – Saat diperjalanan hendak mengikuti Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI KE-74 di Konawe Utara Sabtu, (17/8/2019), Komandan Kodim (Dandim) 1417/Kendari Letnan Kolonel Cpn KRT Fajar Lutvi Haris Wijaya membantu dan mengevakuasi korban Laka Lantas menggunakan kendaraan dinas nya.

Kejadian bermula sekitar pukul 08.00 wita, saat Fajar dalam perjalanan dari kendari menuju asera. Saat melintas ditengah perjalanan terjadi tabrakan antara mobil Rush dengan sebuah sepeda motor jenis yamaha jupiter.

Tanpa berpikir panjang, Dandim memerintahkan sopirnya untuk berhenti dan langsung mengevakuasi kedua korban pengendara sepeda motor ke rumah sakit umum Kab Konawe Utara untuk mendapat pertolongan medis.

Menurut Letkol CPN Fajar, meskipun dalam situasi hendak mengikuti moment upacara yang sangat penting, tetapi menolong sesama merupakah hal yang sangat penting juga apalagi dalam kondisi kritis.

“Siapa pun itu kalau dalam posisi saya pada saat itu, akan segera membantu memberikan pertolongan pada korban agar segera mendapatkan perawatan yang cepat dan tepat untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan”

Saat ini kasus sudah ditangani pihak kepolisian. Sedangkan korban mengalami patah tulang. (Mnl)”

Artikel yang sama diunggah di situs portalsultra[dot]com pada tanggal 17 Agustus 2019.

Akun Kodim 1417 Kendari (fb.com/kodim1417/) juga mengklarifikasi terkait hal ini.

Berikut klarifikasi yang ditulis di laman Kodim 1417 Kendari tersebut;

“KLARIFIKASI.
Terkait dengan berita pencopotan Dandim Kendari yang sedang hangat di beritakan di berbagai media elektronik dan sosial media beberapa hari terakhir ini, Admin bermaksud mengklarifikasikan beberapa hal sebagai berikut:
1. Beredar di beberapa grup sosial media khususnya di daerah Sulawesi Tenggara postingan foto dan berita Dandim Kendari membantu evakuasi korban tabrakan, membantu penegakan hukum dan kegiatan kemasyarakatan lainnya. Foto dan berita tersebut adalah Dandim Kendari yang lama Letkol CPN KRH Fajar Lutvi Haris Wijaya yang saat ini berdinas sebagai WA ASLOG KASDAM XIV/HSN
2. Dandim Kendari yang dicopot jabatannya adalah Kolonel Hendi Suhendi yang menggantikan Letkol Fajar Wijaya Dua bulan yang lalu.
3. Kami himbau Kepada semua Pihak yang telah menggunakan foto dan kegiatan Dandim Kendari yang lama Letkol Fajar Wijaya harap segera merevisi atau menghapus postingannya, karena informasi yang digunakan salah.
Mari Cerdas berliterasi. Saring sebelum sharing dan lawan hoax untuk kemajuan bangsa.”

Jabatan Komandan Kodim 1417/Kendari resmi di serah terimakan dari pejabat lama Letkol Cpn KRT Fajar Lutvi Haris Wijaya SE,.M.I.Pol ke pejabat Baru Kolonel Kav Hendi Suhendi S.Sos Senin (19/8/2019) pada upacara sertijab di Aula jenderal Sudirman Korem 143/Ho.

Perlu diketahui Jabatan Dandim 1417/Kendari baru kali ini jabat oleh Pamen pangkat Kolonel karena saat Ini karena Kodim 1417/Kendari, mengalami kenaikan status. Sedikitnya akan ada 36 Komando Distrik Militer (Kodim) mengalami kenaikan status salah satunya Kodim 1417/ Kendari.

Kenaikan status Kodim tersebut ditandai dengan dikeluarkannya Peraturan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor 6 Tahun 2019 tentang Peningkatan Status Komando Distrik Militer (kodim) tipe B menjadi Tipe A.

REFERENSI :
https://perma.cc/L7LN-2RRZ Arsip artikel dari situs koranmiliter[dot]com
https://www.portalsultra.com/hendak-ikut-upacara-hut-ri-di-konut-dandim-kendari-evakuasi-korban-tabrakan/
https://www.facebook.com/kodim1417/posts/658734804534970
http://kodim1417.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id/2019/08/19/kolonel-kav-hendi-suhendi-s-sos-resmi-jabat-dandim-kendari/

About Adi Syafitrah 389 Articles
noob, nerd,