[SALAH] Titiek Soeharto mewakili delegasi Indonesia di Sidang Umum PBB 2019 bersama H. Kalla

Bukan sebagai delegasi dalam Sidang Umum PBB 2019. Foto itu adalah foto lama saat Titiek Soeharto hadir dalam Sidang Parlemen Sedunia ke-135 di Jenewa, Swiss, pada Oktober 2016.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun twitter @yusuf_abdillah_ mengunggah foto Siti Hediati Hariyadi atau yang biasa dikenal sebagai Tititek Soeharto dengan narasi sebagai berikut :

“Ada pemandangan istimewa disini (gedung PBB) bersama H.Kalla , mewakili delegasi Indonesia…
Realkah? @berkaryainfo”

Sumber : https://perma.cc/6NEU-X3Q2

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran tim Tempo yang menelusuri akun Titiek di Facebook dan menemukan halaman Titiek menggunakan foto profil yang sama dengan foto yang diunggah akun Yusuf Abdillah. Foto itu diunggah oleh Titiek pada 20 November 2016.

Tempo kembali menelusuri foto Titiek itu dengan Google Reverse Image dan menemukan foto tersebut digunakan di portal berita Warta Ekonomi pada 26 Oktober 2016. Situs ini menggunakan foto Titiek itu dalam berita yang berjudul “Di Geneva, Titiek Soeharto Serukan Pemberantasan Korupsi”.

Berita itu berisi kehadiran Titiek Soeharto dalam sebuah forum Sidang Parlemen Sedunia atau Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-135 di Jenewa, Swiss, pada Oktober 2016. Saat itu, dia menjadi Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat.

Dalam forum itu, Titiek mengatakan perilaku koruptif pada dasarnya merupakan satu kesatuan dengan pelanggaran hak asasi manusia. Untuk itu, dia mengajak semua parlemen di dunia untuk bersama-sama memberantas tindak korupsi.

REFERENSI :
https://cekfakta.tempo.co/fakta/416/fakta-atau-hoaks-benarkah-titiek-soeharto-menjadi-delegasi-indonesia-dalam-sidang-umum-pbb-2019
https://www.facebook.com/SitiHediatiSoeharto/photos/a.310420359100773/802986513177486/?type=1&theater
https://www.wartaekonomi.co.id/read118312/di-geneva-titiek-soeharto-serukan-pemberantasan-korupsi.html

About Adi Syafitrah 1332 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo