[SALAH] “barang bukti bus Transjakarta terbakar bagaimana @KPK_RI?”

Kasus ditangani oleh Kejagung, bukan KPK. Selain itu tender bus yang terbakar milik Primajasa dimenangkan pada 2008, sementara kasus korupsi terjadi di pengandaan tahun anggaran 2012 dan 2013.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

http://bit.ly/2nZrGup akun “Romitsu Top” (twitter.com/RomitsuT), sudah dibagikan 2.4 ribu kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Di balik konflik revisi UU KPK …barang bukti bus bus rongsokan Transjakarta pun terbakar semua…..bagaimana @KPK_RI ? Udah sampai mana kasus bus Transjakarta ? mau di proses enggak ?”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

* SUMBER membagikan video peristiwa kebakaran bus bekas Transjakarta milik Primajasa di Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan pada Jumat 27 September 2019.

* SUMBER menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan fakta sehingga membangun premis pelintiran. Kasus ditangani oleh Kejagung, bukan KPK. Selain itu tender bus milik Primajasa dimenangkan pada 2008, sementara kasus korupsi terjadi di pengandaan tahun anggaran 2012 dan 2013.


(2) Beberapa artikel yang terkait:

* POSKOTANEWS: “… Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rupanya pernah menyelidiki kasus dugaan korupsi pengadaan dan peremajaan armada Bus Transjakarta (Busway) di Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Namun, lembaga pimpinan Abraham Samad ini akhirnya mundur lantaran dalam waktu hampir bersamaan Kejaksaan Agung (Kejagung) turut melakukan penyelidikan dan bahkan lebih dulu menetapkan sejumlah tersangka dalam kasus tersebut. …”

Selengkapnya di “Kejaksaan Agung Tetapkan Tersangka KPK Berhenti Usut Kasus Korupsi Bus Transjakarta” http://bit.ly/2n7RfK3 / http://bit.ly/2oOsIdl (arsip cadangan).

* OKEZONE(dot)COM: “… “Sebanyak 87 armada tambahan untuk koridor IV dampai VII hasil lelang kemarin, dimenangkan PT Primajasa dan PT Lorena akan diatur,” ujar Manajer Operasional Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta Rene Nunumete saat dikonfirmasi di Balai Kota, Jakarta, Rabu (26/3/2008). …”

Selengkapnya di “Primajasa & Lorena Menang Lelang Busway” http://bit.ly/2ml4nLf / http://archive.fo/5fYYu (arsip cadangan).

* SINDOnews(dot)com: “… Tiga dakwaan yang dikenakan kepada Udar yakni, dugaan korupsi pengadaan armada bus articulated paket I dan II tahun anggaran 2012, dan tiga paket bus single, tiga paket bus articulated, dan tiga paket bus sedang tahun anggaran 2013. …”

Selengkapnya di “Korupsi Bus Transjakarta Rugikan Negara Hampir Setengah Triliun” http://bit.ly/2nQStct / http://archive.fo/Yw2zf (arsip cadangan).

======

REFERENSI

(1) Beberapa artikel yang terkait dengan kejadian kebakaran bus bekas Tranjakarta:

* Merdeka(dot)com: “… Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Agung Wicaksono menyebut, puluhan bus yang berlogo Transjakarta dan terbakar di Kota Tangerang Selatan bukan milik Pemprov DKI. Sebab kerjasama salah satu operator itu dengan PT Transjakarta telah berakhir pada 2014. …”

Selengkapnya di “Puluhan Bus Transjakarta yang Terbakar di Tangsel Bukan Milik Pemprov DKI” http://bit.ly/2nZvcoX / http://archive.fo/2rQRN (arsip cadangan).

* detikNews: “Pul Primajasa di Tangsel Kebakaran, 26 Bus Eks TransJ Hangus Dilalap Api”

Selengkapnya di http://bit.ly/2mt4Pam / http://archive.fo/gNzlu (arsip cadangan).


(2) Salah satu artikel terkait berakhirnya kerjasama Primajasa dengan Transjakarta, VIVA(dot)co(dot)id: “… PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) dikabarkan telah melakukan pelanggaran kerja sama dengan memutus kontrak kerja sama secara sepihak dengan PT Primajasa Perdanaraya Utama. Akibat hal tersebut sedikitnya 100 pegawai PT Primajasa terancam menerima Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). …”

Selengkapnya di “Primajasa Bakal Tuntut TransJakarta” http://bit.ly/2mtDnJz / http://archive.fo/MDkSO (arsip cadangan).


(3) https://archive.fo/hNWUi, arsip cadangan SUMBER.