[KLARIFIKASI] Video pemukulan di balik tirai

Bukan terjadi di Indonesia melainkan di Thailand. Kejadian yang terekam kamera cctv tersebut terjadi pada 18 Agustus 2019 di Rumah Sakit Universitas Burapha, provinsi Chonburi, Thailand.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : KLARIFIKASI
=============================================

Akun Opick Saba (fb.com/opicsaba) mengunggah sebuah video ke grup KEDAULATAN RAKYAT RELAWAN PRABOWO SUBIANTO & SANDI OPOSISI (fb.com/groups/RRMIA99/) dengan narasi sebagai berikut :

“Gmna tanggapan kalean tentang video ini..
Mohon usut tuntas
Mahasiwa itu adalah pejuang dan lidah rakyat”

Sumber : https://perma.cc/HDR9-SHHB (Arsip) – Sudah dibagikan 329 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, ditemukan fakta bahwa kejadian di video tersebut tidak terjadi di Indonesia, melainkan di Thailand.

Situs pattayaone.news memberitakan bahwa yang dipukuli di dalam video tersebut adalah seseorang yang menolak untuk berhenti di sebuah pos pemeriksaan sebelumnya dan menabrak salah satu sukarelawan polisi yang menjaga barikade, dan melukai dia dengan serius.

Seorang pejabat pada hari Rabu mengkonfirmasi dua pembantu polisi memukul korban kecelakaan sepeda motor di dalam sebuah rumah sakit di provinsi Chonburi awal bulan ini.

Para petugas “ditegur” atas serangan itu, yang ditangkap dalam rekaman CCTV yang menjadi viral kemarin, menurut administrator lokal Pakasit Sueksongkram.

“Saya menegur mereka dan mengatakan kepada mereka bahwa mereka harus berpikir sebelum melakukan sesuatu, karena mereka adalah petugas keamanan,” kata Pakasit, tanpa menyebut nama kedua pria itu.

Relawan polisi, atau arsa, adalah warga sipil yang biasanya mendukung pasukan polisi utama dalam tugas-tugas seperti mengelola pos pemeriksaan, berpatroli, dan mengarahkan lalu lintas.

Dalam video itu, sekelompok polisi dan sukarelawan polisi terlihat berdiri di sekitar seorang lelaki yang sedang berbaring di tempat tidur di ruang gawat darurat. Dua sukarelawan kemudian menutup tirai tempat tidur dan muncul untuk memukul pria itu berulang kali.

Video itu muncul di internet kemarin dan menarik banyak komentar negatif yang ditujukan pada dua relawan polisi. Pakasit mengatakan insiden itu terjadi pada 18 Agustus di Rumah Sakit Universitas Burapha.

Pakasit mengatakan pria itu adalah anggota geng pembalap jalanan, atau dek van, yang menabrak seorang sukarelawan polisi dengan sepeda motornya dan meninggalkannya dengan dua kaki patah. Tersangka anggota geng juga dibawa ke rumah sakit karena cedera tidak serius, di mana teman-teman relawan menangkapnya, menurut Pakasit.

Dia menambahkan bahwa kepala distrik Chonburi dan gubernur provinsi telah diberitahu tentang serangan itu, dan dapat mengeluarkan hukuman tambahan kepada dua sukarelawan.

Berbicara kepada Channel 3 dalam sebuah wawancara, direktur Rumah Sakit Universitas Burapha Suriya Prongnamjai mengatakan stafnya, yang sebagian besar perempuan, terlalu terintimidasi untuk turun tangan.

Suriya menambahkan bahwa petugas medis mengatakan kepada polisi dan relawan untuk tidak memasuki ruang gawat darurat, tetapi tidak berhasil.

“Staf itu sendiri ketakutan dan kehilangan moral,” kata direktur rumah sakit.

Juru bicara kepolisian Krissana Pattanacharoen mengatakan kedua pria yang terlihat meninju pasien itu bukan anggota polisi, tetapi menambahkan bahwa komite pencarian fakta akan diadakan untuk menentukan apa yang terjadi.

“Meskipun pria yang diserang adalah seorang tersangka, polisi tidak memiliki hak untuk melukainya,” kata juru bicara itu kepada wartawan.

Kolonel Krissana juga mengatakan rumah sakit dipersilakan untuk mengajukan tuntutan pidana atas pelanggaran tersebut.

REFERENSI :
https://www.pattayaone.news/volunteer-cops-reprimanded-beating-patient/
http://www.khaosodenglish.com/news/crimecourtscalamity/2019/08/28/volunteer-cops-reprimanded-for-beating-patient-in-er/
https://www.youtube.com/watch?v=MBS8vYGrT_U

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo