[KLARIFIKASI] Universitas Brawijaya dan UMM Bantah Liburkan Perkuliahan karena Ada Aksi Mahasiswa

Pihak Universitas Brawijaya dan UMM membantah pihaknya meliburkan kegiatan perkuliahan karena ada aksi mahasiswa.

“UB tidak libur mbak,” ujar Kepala Sub Kearsipan dan Humas Universitas Brawijaya, Kotok saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/9).

“Hoaks, mbak. Kegiatan belajar normal, kegiatan kampus juga normal,” kata Kepala Humas UMM, Joko Susilo, saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/9/2019).

=====

KATEGORI: Klarifikasi

=====

SUMBER: Media Daring

=====

NARASI:

1. “UB tidak libur mbak,” ujar Kepala Sub Kearsipan dan Humas Universitas Brawijaya, Kotok saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/9).

2. “Hoaks, mbak. Kegiatan belajar normal, kegiatan kampus juga normal,” kata Kepala Humas UMM, Joko Susilo, saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/9/2019).

=====

PENJELASAN:


Tersebar kabar di media sosial bahwa Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kegiatan perkuliahannya dipindahkan ke Gedung DPRD Malang pada Senin (23/9). Kabar tersebut tersebar dalam bentuk meme, dengan narasi lengkap sebagai berikut:

“Instruksi 23 September. UB LIBUR Untuk semua kalian yang sibuk di kelas, sibuk ngajar, sibuk menjaga motor di parkiran, sibuk duduk di gerbang dan sibuk ngangkang di rektorat Segala bentuk perkuliahan pindah ke Gedung DPRD.”

“INSTRUKSI! Kepada Seluruh Mahasiswa UMM Pada hari Senin, 23/9/2019 segala bentuk kegiatan perkuliahan dipindah di depan Gedung DPRD Kota Malang Presensi di Ketua Tingkat masing-masing.”

Menanggapi hal ini Kepala Sub Kearsipan dan Humas Universitas Brawijaya, Kotok Gurito menyatakan kabar itu tidak benar. “UB tidak libur mbak,” ujar Kotok, saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/9).

Ia mengatakan, Rektor Universitas Brawijaya Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hananani AR, MS sudah mengeluarkan surat pernyataan yang membantah informasi tersebut. Kotok kemudian mengirimkan surat pernyataan Rektor Universitas Brawijaya sebagai berikut.

“Surat Pernyataan Sehubungan dengan beredarnya poster/flyer yang pada intinya memuat pernyataan bahwa: a. “besok akan ada aksi menolak RUU ngawur” b. “memutuskan untuk memindahkan seluruh kegiatan perkuliahan di UB besok ke depan Gedung DPRD” yang dikeluarkan oleh Nuhfil Hanani (terlampir) dengan ini saya menyatakan bahwa: 1. Rektor Universitas Brawijaya tidak pernah menyampaikan / mengeluarkan pernyataan tersebut 2. Tidak ada pemindahan kegiatan perkuliahan ke Gedung DPRD dan 3. Perkuliahan di Universitas Brawijaya tetap diselenggarakan dengan normal tanpa ada pemindahan kegiatan perkuliahan. Demikian pernyataan ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.”

Bantahan yang sama juga disampaikan UMM. Kepala Humas UMM, Joko Susilo mengatakan, informasi tersebut tidak benar atau hoaks (hoax).

“Hoaks, mbak. Kegiatan belajar normal, kegiatan kampus juga normal,” kata Joko, saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/9/2019).

=====

REFERENSI:
1.https://www.kompas.com/tren/read/2019/09/23/124251465/hoaks-brawijaya-dan-umm-liburkan-perkuliahan-karena-ada-aksi-mahasiswa?page=all
2.https://www.kompas.com/tren/read/2019/09/23/112944965/penjelasan-rektor-umm-soal-percakapannya-dengan-mahasiswa-terkait-izin-aksi?page=all
3.https://malangvoice.com/soal-aksi-demo-kampus-di-malang-tak-pernah-keluarkan-instruksi-kepada-mahasiswa/

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/983622041970331/