[SALAH] Kejadiannya di Rusia, 16 tahun dibesarkan oleh anjing, karena ditelantarkan orang tuanya dari umur 3 tahun

Klaim tersebut salah. Perempuan asal Norwegia, Ayla Kirstine memang memiliki kemampuan menirukan gerak kuda. Tapi bukan berarti ia dibesarkan oleh kuda, apalagi anjing.

Selengkapnya di PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Beredar video dengan narasi sebagai berikut :

“ini kejadiannya di Rusia….16 tahun di besarkan oleh anjing… karena di telantarkan orang tuanya dr umur 3 tahun….kabar terakhir sdh di nyatakan sembuh dan bisa berkomunikasi layaknya seorang manusia!”

Salah satu sumber : https://perma.cc/RE6K-9LN9 (Arsip) – Akun Jadikan Aku Sahabat Sejatimu (fb.com/BelaianKalbu/) – Sudah dibagikan 32.472 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Klaim tersebut salah: tayangan video itu telah muncul di berbagai pemberitaan media tentang wanita Norwegia yang belajar berlari seperti kuda.

Dalam unggahan video berjudul, Unbelievable talent: Horse Woman Ayla Kirstine becomes overnight sensation with her horse gallop, disebutkan bahwa perempuan itu bernama Ayla Kirstine asal Norwegia. Ia bisa menirukan gerak kuda, bahkan bisa melompat tinggi.

“Ever seen any person running around, galloping, jumping like a horse? Well this thing has come out true. Meet Horse Woman Ayla Kirstine from Norway who has set the internet racing with her bizarre talent.

#HorseWoman#AylaKirstine#PragNews,” demikian narasi yang menyertai unggahan tersebut.

Selain itu, www.insider.com juga mengunggah hal serupa pada 17 Mei 2019. Dalam artikel berjudul, ‘A Norwegian woman’s videos have gone viral because of how good she is at running and jumping like a horse’, dijelaskan bagaimana Ayla Kirstine menjadi viral lantaran kemampuan yang dimilikinya.

Dia tidak hanya mampu menelungkuk seperti kuda, tetapi juga berhasil melompati pagar kayu.

Sebagian artikel dalam berita itu berbunyi:
“Ayla Kirstine memiliki keahlian yang tidak biasa — berlari dan melompat seperti kuda. Dia meligas seperti kuda, dan melompati rintangan yang tinggi.”

“‘Saat berusia 4 tahun, saya menyukai anjing dan ingin menjadi seekor anjing,’ ujar Kirstine kepada INSIDER. ‘Saat saya sadar saya menyukai kuda saya tinggal mengaplikasikan apa yang telah saya pelajari.’

“Kirstine, dari Norwegia, membuat pengguna internet terkagum dengan kemampuannya setelah videonya viral di Twitter di Jerman. Dia tidak saja meligas seperti kuda, tapi juga melompati bangku kayu secara sempurna seakan-akan tubuhnya telah diciptakan khusus untuk hal itu.”

The Huffington Post mempublikasikan berita tentang wanita itu dalam berita ini pada tanggal 16 Mei 2019.

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, judul berita The Huffington Post itu adalah: “Wanita Norwegia Gemar Berlari Seperti Kuda,” sedangkan subjudul berita itu ialah: “Ayla Kirstine dari Norwegia telah viral karena rangkaian videonya berlari seperti kuda.”

Laporan The Huffington Post itu juga mengunggah beberapa postingan akun Instagram Kirstine, namun akun Instagram itu telah dihapus saat AFP mencoba mengaksesnya pada tanggal 10 September 2019.

Dalam wawancaranya dengan INSIDER itu, Kirstine mengatakan dia berpikir akan menghapus akun Instagramnya setelah menerima “komentar tidak baik”.

REFERENSI :
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4058040/cek-fakta-ini-video-perempuan-rusia-yang-16-tahun-dirawat-oleh-anjing
https://periksafakta.afp.com/video-ini-pernah-muncul-di-berbagai-pemberitaan-tentang-perempuan-norwegia-yang-belajar-berlari
https://www.youtube.com/watch?v=8etJD1i4KqY
https://www.insider.com/norwegian-woman-runs-and-jumps-like-horse-2019-5
https://www.huffpost.com/entry/ayla-kirstine-runs-like-horse_n_5cddbd66e4b00735a91380ed?guccounter=1

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo