[SALAH] “penonton Liga Jerman membuat ‘konfigurasi’ menghormati Rasulullah”

Pelintiran daur ulang. Bukan di Liga Jerman, yang benar adalah atraksi koreografi fans klub Al Ittihad membentuk tulisan حبيبي يا رسول الله di Liga Arab pada 20 Februari 2015.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

Akun “marshallrama – #IsyKarimanAwMutSyahidan” (twitter.com/Mrmarshall_rama), tautan ke cuitan sudah tidak bisa diakses.

======

NARASI

“Masya Allah .. Ratusan ribu penonton sepak bola Liga Jerman, membuat ‘konfigurasi’ utk menghormati Rasulullah SAW. Jerman adlh salah satu negara Eropa yg terpesat perkembangan Islamnya krn dimotori oleh ustaz Pierre Vogel yg seorang muallaf setempat.”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

* SUMBER membagikan video pelintiran daur ulang mengenai klaim “Suporter Klub Sepak Bola Jerman Borussia Dortmund Lantunkan Selawat”.

* SUMBER menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan fakta, sehingga membangun premis pelintiran.


(2) Beberapa artikel yang terkait:

* Liputan 6 @ 23 Nov 2018: “Video suporter sepak bola melantunkan selawat adalah benar. Namun, tak seperti klaim yang ditulis pemilik akun Facebook Saleh Alhadar. Sebab, suporter sepak bola yang melantunkan selawat bukan pendukung tim Jerman, Borussia Dortmund, melainkan fans klub Arab Saudi Al Ittihad. Video yang baru diunggah Saleh Alhadar pada Kamis, 22 November 2018 kemarin juga merupakan video lama, yaitu 2015 silam.”

Selengkapnya di http://bit.ly/2lI0RK6 / http://bit.ly/2k0DdIm (arsip cadangan).

* Sumut Pos(dot)co @ 20 Des 2017: “Aksi simpatik suporter Al Ittihad tersebut sebenarnya sempat viral kala itu. Namun entah mengapa, beberapa hari ini, mungkin juga ada kaitannya dengan aksi bela Palestina, aksi suporter Al Ittihad itu banyak disebarkan lagi di media sosial. Tapi, oleh orang-orang tak bertanggung jawab dipelintir, seolah aksi tersebut dilakukan suporter klub Liga Jerman Borussia Dortmund. Warna kebanggaan suporter Al Ittihad dan Dortmund memang sama-sama kuning menyala.”

Selengkapnya di http://bit.ly/2lEmFGN / https://archive.fo/t7iEU (arsip cadangan).

======

REFERENSI

(1) Salah satu video yang terkait, YouTube: “Aerial photography of Tivo Union Habibi O Messenger of God

Newspaper Ati Sport
Published on Feb 20, 2015 …”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/2knSi7j (bahasa asli).


(2) Beberapa sumber yang terkait:

* SKYSCRAPERCITY(dot)COM: “SkyscraperCity > World Forums > Stadiums and Sport Arenas > Completed

JEDDAH – King Abdullah Sports City (60,241)

Aerial view …”

Selengkapnya di http://bit.ly/2lZCxDH / https://archive.fo/qdCdo (arsip cadangan).

* “Financ&Administrative Consultant-Tariq.Ismaeel🇸🇦” (twitter.com/ismaeeltm) Replying to @iFalasteen: “@iFalasteen @Abu_Faze3 💛💛💛💛💛💛”.

Selengkapnya di http://bit.ly/2k5oOL4 / https://archive.fo/c6dWm (arsip cadangan).

* bola(dot)com @ 27 Feb 2015: “Dalam sebuah video yang diunggah di Youtube, terlihat puluhan ribu suporter Al Ittihad meneriakkan pujian kepada Nabi Muhammad. Mereka kompak menyanyikan lagu terkenal ‘Tala Al Badru’ Alayna’ yang konon dinyanyikan Sahabat Nabi saat kedatangan Nabi Muhammad ke Madinah dari Makkah. Selain itu para fans juga melakukan koreografi membentuk tulisan حبيبي يا رسول الله yang berarti ‘Oh Rasulullah, kekasihku’ dengan warna kuning dan hitam sesuai dengan warna klub kesayangan mereka.”

Selengkapnya di http://bit.ly/2kAa2ft / https://archive.fo/AMH7X (arsip cadangan).


(3) http://bit.ly/2kA7XAa, laporan (mention) ke akun MAFINDO (twitter.com/turnbackhoax).