[SALAH] Rektor asing pertama untuk memimpin kampus UNJ (Universitas Negeri Jakarta)

Bukan untuk memimpin Universitas Negeri Jakarta. Jang Youn Cho Ph.D., CPA, pria berkebangsaan Korea Selatan itu didaulat untuk memimpin kampus swasta yaitu Universitas Siber Asia yang berdiri di bawah naungan Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Beredar foto dengan narasi sebagai berikut ;

“PELECEHAN DUNIA PENDIDIKAN NASIONAL !!
Dan kalian kaum intelek pemuja Jae, masihkah kalian terus menutup mata dan telingamu demi sebuah rasa banggamu atas sosok sederhananya ??
________________________
Jang Youn Cho (Korea) Rektor Asing Pertama di Indonesia
Menristekdikti Mohamad Nasir akhirnya resmi mengangkat Rektor Asing untuk memimpin kampus UNJ (Universitas Negeri Jakarta).
Jang Youn saat ini telah resmi berkantor di UNJ.
Jadi, mulai saat ini perguruan tinggi Indonesia bisa menggunakan rektor asing, kata Nasir dalam pembukaan Rakornas Inovasi 2019 di Hotel Grand Inna Bali Beach, Denpasar, Senin (26/8/2019).”

Postingan ini sendiri sudah mengalami proses pengeditan, dengan penggantian “Rektor Asing untuk memimpin kampus UNJ (Universitas Negeri Jakarta).” menjadi “Rektor Asing yg bekerja sama dengan Universitas Nasional di Jakarta.”

Sumber : https://perma.cc/WF6T-M7J4 (Arsip) – Akun AfiqahSutrisno (fb.com/betha.kurniati) dikirim ke grup UNITED MUSLIM CYBER ARMY [UMCA] (fb.com/groups/634339260092972) – Sudah dibagikan 2770 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Jang Youn Cho Ph.D., CPA, pria berkebangsaan Korea Selatan itu menjadi rektor di sebuah universitas di Indonesia, tapi bukan di UNJ tapi di universitas lain di Jakarta.

Situs berita Detik.com melaporkan mengenai penunjukan Cho sebagai rektor universitas berbasis online Universitas Siber Asia pada tanggal 26 Agustus 2019.

Paragraf pertama laporan itu berbunyi: “Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir memperkenalkan rektor asing Universitas Siber Asia asal Korea Selatan saat di Bali. Dia berharap kehadiran rektor asing bisa memacu kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.”

Laporan itu juga menyatakan: “Universitas Siber Asia ini merupakan kerja sama Universitas Nasional dengan Hankuk University of Foreign Studies Korea. Rektor asing yang diperkenalkan itu Jang Youn Cho.”

Nama dan foto Cho bisa dilihat di situs Hankuk University dan di situs Universitas Nasional.

Pencarian gambar terbalik di Google menemukan bahwa gambar yang dipakai di unggahan tersebut bersumber dari situs Universitas Nasional dan bisa ditemukan di unggahan bertanggal 27 Maret 2018 dengan keterangan “President Director Cyber Edu Inkor, Jang Youn Cho, Ph.D. saat memaparkan tentang studio cyber edu incor yang menjadi studio pembelajaran berbahasa Korea.”

REFERENSI :
https://periksafakta.afp.com/dosen-tersebut-ditunjuk-untuk-memimpin-universitas-siber-asia-di-indonesia
http://bizeng.hufs.ac.kr/faculty/266
http://sps.unas.ac.id/jang-youn-cho-ph-d-cpa/
https://news.detik.com/berita/d-4681155/begini-profil-lengkap-rektor-asing-pertama-indonesia
https://nasional.republika.co.id/berita/pww0td377/ini-sosok-jang-youncho-rektor-asing-pertama-indonesia
https://www.unas.ac.id/en/galeri-foto/seminar-unas-cyber-edu-inkor-working-opportunity-in-korea/nggallery/page/2

About Adi Syafitrah 259 Articles
noob, nerd,