[SALAH] Bayi kembar tiga turis Jerman hasil hubungannya dengan anjing

Bukan bayi kembar asli, video itu menunjukkan boneka silikon yang dibuat perusahaan Spanyol sebagai produk resmi Avatar, film blockbuster tahun 2009.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Viral sebuah video dengan klaim sebagai berikut :

“Oh, Tuhan, apa akhir dari dunia? Seorang Turis Jerman menempatkan kembar tiga di dunia, buah dari hubungannya dengan anjing.”

Sumber : https://perma.cc/Q5LK-SFCL (Arsip) – Akun Luxury Skincare Orginal (fb.com/dakwahislamindonesiaterkini/) – Sudah dibagikan 44288 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Semua klaim tersebut salah; video itu menunjukkan boneka bayi berbahan silikon yang diproduksi perusahaan Spanyol.

Pencarian gambar terbalik di Yandex dan Google menggunakan tangkapan layar video dan pencarian dengan kata kunci di Google menemukan video yang sama telah diunggah di sini di Instagram pada tanggal 26 Oktober 2016.

Video aslinya itu telah diunggah oleh Babyclon, perusahaan Spanyol yang memproduksi dan menjual boneka bayi berbahan silikon.

Di situs resminya, Babyclon membuat laman tentang boneka itu dan judulnya, setelah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia:

“AVATAR James Cameron.
Yang Otentik, Yang Asli, Yang Resmi
Model AVATAR
Resmi 20th Century Fox.

Model yang sebelumnya bernama Berlina Vi, sekarang disebut Avatar Asleep, terinspirasi oleh Na’vi yang luar biasa dan mulia – ras humanoid yang menghuni bulan Pandora yang indah seperti yang terlihat dalam film AVATAR.”

Avatar adalah film blockbuster terkenal garapan sutradara James Cameron pada tahun 2009 dan yang didistribusi oleh 20th Century Fox.

Babyclon telah mengkonfirmasikan kepada AFP melalui email tanggal 27 Agustus 2019 bahwa boneka yang terlihat di video unggahan menyesatkan itu benar produk mereka.

“Kami harus mengatakan bahwa video itu menunjukkan karya boneka hiperrealitas kami yang bernama silikon AVATAR ASLEEP, dibuat oleh Babyclon,” kata Babyclon dalam emailnya.

“Itu adalah produk yang eksklusif. Kami adalah satu-satunya pemegang lisensi 20th Century Fox di seluruh dunia untuk membuat dan menjual produk boneka silikon ini.

“Harga produk itu adalah 2.340USD.”

REFERENSI :
https://periksafakta.afp.com/tidak-video-ini-menunjukkan-boneka-buatan-perusahaan-spanyol-yang-merupakan-merchandise-resmi-film
https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=auto&tl=id&u=http://babyclon.com/us/en/content/22-avatar
https://www.instagram.com/p/BL_x86qgmgv/
https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/826713644327839/
https://www.antaranews.com/berita/792502/hoaks-informasi-manusia-lahirkan-bayi-biru-avatar
https://www.liputan6.com/citizen6/read/2646017/terlihat-mengerikan-bayi-avatar-ini-tidak-seperti-yang-kamu-kira

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo