[SALAH] Bill Gates Mencuitkan Tentang Idul Adha di Akun Twitternya

Akun Twitter Bill Gates (@BillGates) tidak pernah mencuitkan kata-kata seperti pada tangkapan layar yang beredar di Facebook. Cuitan tersebut berasal dari beberapa akun lain, namun tidak dari Bill Gates.

=====

Kategori: Imposter Content

=====

Sumber: Media Sosial Facebook

Bill Gates: Saya tidak mau melihat lagi Tweet kebencian terhadap muslim yg menyembelih hewan, sekitar sejuta hewan…

Người đăng: Arief Nugraha vào Thứ Năm, 15 tháng 8, 2019

Bill Gates: Saya tidak mau melihat lagi Tweet kebencian terhadap muslim yg menyembelih hewan, sekitar sejuta hewan…

Người đăng: Nce Abina Raffa vào Thứ Năm, 15 tháng 8, 2019

Terjemah bebasnya gini gais koreksi yah kalo salah "saya tidak mau melihat kicauan kebencian terhadap muslim yang…

Người đăng: Alan Bullseye vào Thứ Năm, 15 tháng 8, 2019

Archive:

https://web.archive.org/web/20190822033450/https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1760613430737950&set=a.163428743789768&type=3&theater

https://web.archive.org/web/20190822033746/https://www.facebook.com/photo.php?fbid=2555869997767802&set=a.424839694204187&type=3&theater

https://web.archive.org/web/20190822033831/https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10214545449296718&set=a.2975162784859&type=3&theater

=====

Narasi:

1) Bill Gates: Saya tidak mau melihat lagi Tweet kebencian terhadap muslim yg menyembelih hewan, sekitar sejuta hewan dibunuh setiap hari oleh KFC, McDonalds, Burger King dll juga untuk memberi makan bagi orang-orang kaya dan untuk memperoleh buanyak uang daripadanya. Selama IED umat muslim berkurban untuk memberi makan orang-orang miskin dengan gratis dan kamu semua kehilangan akal sehat.

#otakkecetit

2) Bill Gates: Saya tidak mau melihat lagi Tweet kebencian terhadap muslim yg menyembelih hewan, sekitar sejuta hewan dibunuh setiap hari oleh KFC, McDonalds, Burger King dll juga untuk memberi makan bagi orang-orang kaya dan untuk memperoleh buanyak uang daripadanya. Selama IED umat muslim berkurban untuk memberi makan orang-orang miskin dengan gratis dan kamu semua kehilangan akal sehat.

3) Terjemah bebasnya gini gais koreksi yah kalo salah

“saya tidak mau melihat kicauan kebencian terhadap muslim yang menyembelih banyak binatang (idul adha), sekitar 1jutaan binatang terbunuh perharinya oleh KFC, mcdonals, burger king dsb. Untuk memberi makan org kaya (jegud) dan memperkaya diri, bandingkan dengan muslim yg melakukan qurban untuk org missqueen dan semuanya gratis, otak kalian (yg benci qurban) di dengkul”

Bill gates harusnya main ke negara kodok, disini yg bilang idul adha kejam tuh org yg ngaku islam sendiri, dan hidupnya sejahtera, HEBAT yah

=====

Penjelasan:

Beberapa akun Facebook membagikan sebuah tangkapan layar yang terlihat seperti akun Twitter milik Bill Gates, pendiri Microsoft. Dalam postingan itu disertakan narasi yang menyebutkan bahwa cuitan Bill Gates tersebut merupakan dukungan kepada umat Muslim terkait pro kontra pelaksanaan Idul Adha yang dikatakan sebagai ritual pembantaian hewan.

Melalui hasil penelusuran, diketahui bahwa isi klaim postingan tersebut tidak benar. Sebab, berdasarkan hasil pencarian berdasarkan Twitter Advance Search, akun Twitter Bill Gates (@BillGates) tidak pernah mencuitkan seperti pada tangkapan layar dari tanggal 5 Agustus 2019 hingga 17 Agustus 2019. Tweet dari akun tersebut hanya berjumlah delapan cuitan dan tidak satupun sama seperti pada tangkapan layar yang beredar.

Masih melalui Twitter Advance Search, diketahui bahwa cuitan dengan narasi seperti di tangkapan layar dicuitkan oleh akun-akun lainnya. Cukup banyak akun lain yang mencuitkan narasi sesuai dengan tangkapan layar, namun tidak ada akun Bill Gates yang terjaring peranti pencarian Twitter tersebut.

Adapun, dilansir dari laman afp.com, diketahui bahwa cuitan orginal dengan narasi seperti itu berasal dari akun @WolfieBabiee. Akun tersebut mencuitkan narasi itu pada tanggal 10 Agustus 2019.

Pihak afp.com pun sudah berhasil mewawancarai pemilik akun tersebut dan memverifikasi bahwa memang akun itulah yang mencuitkan narasi perihal Idul Adha itu. Berikut kutipan dari laman afp.com:

[…] AFP Fact-Check spoke to @WolfieBabiee by phone, who said that she was the original author of the tweet. She said she is a 20 year-old business student from the Iraqi Kurdistan, but declined to have her name published for privacy reasons.

She said she was not aware that the content had been shared as a Bill Gates quote, nor who might have done it.

“I’m not sure what the point of sharing a fake Bill Gates tweet is,” she said.

She explained that she had wanted to take part in the debate about animal cruelty in the context of Eid Al-Adha after seeing much criticism about Islamic rituals online. […]

Terjemahan:

[…] AFP Fact-Check berbicara kepada @WolfieBabiee melalui telepon, yang mengatakan bahwa dia adalah penulis asli tweet tersebut. Dia mengatakan dia adalah mahasiswa bisnis berusia 20 tahun dari Kurdistan Irak, tetapi menolak namanya dipublikasikan karena alasan privasi.

Dia mengatakan dia tidak menyadari bahwa konten tersebut telah dibagikan sebagai kutipan Bill Gates, atau siapa yang mungkin melakukannya.

“Saya tidak yakin apa gunanya berbagi tweet Bill Gates palsu,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa dia ingin mengambil bagian dalam perdebatan tentang kekejaman terhadap hewan dalam konteks Idul Adha setelah melihat banyak kritik tentang ritual Islam online. […]

Dari penjelasan itu, maka dapat dipastikan bahwa akun @BillGates tidak pernah mencuitkan narasi seperti pada tangkapan layar. Dengan demikian, postingan tangkapan layar tersebut masuk ke dalam kategori Imposter Content atau Konten Tiruan.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/960147674317768/

https://factcheck.afp.com/tweet-about-eid-gets-second-life-fake-bill-gates-quote

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4043808/cek-fakta-hoaks-cuitan-bill-gates-soal-ibadah-kurban-di-twitter

https://bit.ly/30q7Tme

https://bit.ly/31T5ot9