[SALAH] “Metallica Indonesia Raya”

Video hasil suntingan. Lagu yang dimainkan bukan Indonesia Raya tetapi “The Star-Spangled Banner”, lagu kebangsaan Amerika Serikat.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Dimanipulasi.

======

SUMBER

http://bit.ly/31NsAJm akun “Dean Chrisna Mahendra” (facebook.com/deanchrisna.mahendra), sudah dibagikan 42 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“METALLICA… Indonesia Raya….🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang dimanipulasi

Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”.

  • SUMBER membagikan video hasil suntingan.
  • SUMBER menambahkan narasi pelintiran untuk membangun premis yang salah.

(2) Salah satu sumber video asli, http://bit.ly/2TGqN61 “Metallica” (twitter.com/Metallica, akun terverifikasi): “James and @KirkHammett perform the National Anthem during #MetallicaNight @SFGiants”.

https://archive.fo/Qivw7, arsip cadangan cuitan.

======

REFERENSI

(1) Salah satu sumber video asli dari kamera yang berbeda, http://bit.ly/2TKvETJ YouTube: “Metallica rocks national anthem before Yankees-Giants game

YESNetwork (akun terverifikasi)
Published on Apr 26, 2019

Kirk Hammett & James Hetfield of the legendary metal band Metallica perform the national anthem Friday night in San Francisco prior to the Yankees – Giants series opener. Subscribe for daily sports videos!

YES’ social media pages:
YouTube: youtube.com/YESnetwork
Facebook: facebook.com/YESnetwork
Twitter: twitter.com/YESnetwork
Instagram: instagram.com/YESnetwork”.


(2) Wikipedia: “” The Star-Spangled Banner ” adalah lagu kebangsaan dari Amerika Serikat . Lirik berasal dari Pertahanan Benteng M’Henry , [2] sebuah puisi yang ditulis pada 14 September 1814, oleh pengacara berusia 35 tahun dan penyair amatir Francis Scott Key setelah menyaksikan pemboman Fort McHenry oleh kapal-kapal Inggris dari yang Royal Navy di Baltimore Harbor selama Pertempuran Baltimore dalam Perang 1812 . Key terinspirasi oleh bendera besar AS , dengan 15 bintang dan 15 garis, yang dikenal sebagai Star-Spangled Banner, terbang dengan kemenangan di atas benteng selama kemenangan AS. …”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/31NOFYk.


(3) https://archive.fo/bXcDw, arsip cadangan SUMBER.


(4) “Noy Husain” (facebook.com/noyhusain): “Di video yang viral itu lagu yang dimainin #Metallica adalah “Ose Ken Yusi” ya, bukan “Indonesia Raya”. …”

Selengkapnya di http://bit.ly/2z7RE1u.