[SALAH] Video Jagal Sapi Meninggal Ditendang Sapi Qurban

Video dengan narasi seorang jagal sapi meninggal setelah ditendang sapi Qurban tidak tepat. Sebab, jagal sapi yang tertendang itu masih hidup dan hanya kehilangan 5 buah giginya. Informasi itu disampaikan oleh pihak Kepolisian. Kapolsek Cengkareng Komisaris Polisi Khoiri menyatakan bahwa informasi mengenai meninggalnya jagal sapi tertendang itu hoaks. “Ada infonya bilang kondisinya udah meninggal itu hoaks aja. Di situ anggota ada di sana,” ujarnya.

=====

Kategori: False Context

=====

Sumber: Media Sosial Facebook

Innalillahi seorang bapak meninggal setelah di terjang sapi yang akan di Qurban kan pada hari raya idul adha

Posted by Erick Ramadhan on Sunday, August 11, 2019
https://www.facebook.com/watch/?v=2155829557873111

Archive:

https://web.archive.org/web/20190812044317/https://www.facebook.com/erick.ramadhan.5099/posts/468990526987006

=====

Narasi:

1) Innalillahi seorang bapak meninggal setelah di terjang sapi yang akan di Qurban kan pada hari raya idul adha

2) Innalillahi…

Tukang Jagal harus berakhir ditendang sapi

=====

Penjelasan Lengkap:

Beredar video yang memperlihatkan seorang jagal sapi tertendang oleh sapi Qurban. Video itu disertai narasi yang menyebutkan bahwa tukang jagalnya meninggal dunia setelah tertendang sapi tersebut.

Berdasarkan penelusuran, diketahui bahwa peristiwa dalam video itu terjadi di Cengkareng dan si jagal sapi tersebut tidak meninggal dunia. Kapolsek Cengkareng Komisaris Polisi Khoiri menyatakan bahwa informasi mengenai meninggalnya jagal sapi tertendang itu hoaks. “Ada infonya bilang kondisinya udah meninggal itu hoaks aja. Di situ anggota ada di sana,” ujarnya.

Khoiri mengatakan, telah banyak beredar kabar bahwa jagal tersebut meninggal akibat tendangan sapi. Kondisi sebenarnya, Khoiri menjelaskan jagal kurban yang diketahui bernama Rohim (55), telah membaik meski tendangan sapi mengakibatkan lima giginya copot.

Ia pun mengatakan, Rohim bisa tertendang sapi tersebut lantaran merasa sudah yakin dan terbiasa dalam menjagal sapi. Lantaran terlalu percaya diri, sehingga menjadi kurang waspada. “Nah, si korban merasa hal biasa. Ini umur kurang lebih, 55 tahun. Saat ikat tali, seperti di video, dia tahu harusnya waspada. Tapi karena dianggap hal biasa jadinya terus. Giginya copot lima. udah tua juga, gigi ketendang, jadi copot,” ucapnya.

Ia mengatakan, Rohim segera dibawa ke Rumah Sakit Hermina Cengkareng untuk mendapat perawatan medis, kemudian diperbolehkan pulang. “Jadi sebenarnya si tukang jagal ini hanya bagian mengikat hewan kurban, rencananya mau potong tiga ekor sapi. Yang pertama lancar, yang kedua ada insiden,” ujar Khoiri.

Setelah terjadinya insiden tersebut, acara pemotongan sapi kurban tetap berlanjut, dan situasi berjalan kondusif. Peristiwa ini terjadi tadi pagi sekitar pukul 10.30 WIB, dalam cuplikan video yang menjadi viral saat sapi yang ditangani oleh Rohim menunjukkan gelagat mencurigakan tak mau diam saat diikat.

Rohim berusaha mengikat sapi tersebut bersama satu kawannya. Sapi terlihat beberapa kali menggerakkan badannya. Namun, saat Rohim dalam posisi agak menunduk, kaki sapi bergerak menendang dan mengenai mulutnya.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/953343764998159/

https://www.liputan6.com/news/read/4035347/hoaks-jagal-ditendang-sapi-hingga-meninggal-di-cengkareng

http://poskotanews.com/2019/08/12/kabar-jagal-tewas-ditendang-sapi-hoaks/

https://www.antaranews.com/berita/1006000/isu-jagal-tertendang-sapi-di-cengkareng-meninggal-dunia-adalah-hoaks

https://news.detik.com/berita/d-4661427/gigi-tukang-jagal-di-cengkareng-copot-lima-tertendang-sapi-kurban

https://nasional.republika.co.id/berita/pw2ydo409/kapolsek-cengkareng-jagal-meninggal-disepak-sapi-emhoaksem

https://www.tagar.id/isu-jagal-tertendang-sapi-di-cengkareng-meninggal-hoakshttps://kumparan.com/@kumparannews/tukang-jagal-di-cengkareng-disepak-sapi-kurban-hingga-gigi-rontok-1re5D2G5Fs4