[SALAH] Jembatan di Jalan Cemara, Medan Dikatakan Roboh

Unggahan akun Facebook Ijoen Silalahi atau @junjung.kerenz yang berisi foto kemacetan di satu jalan dengan mengatakan “Jembatan di Cemara roboh..” adalah tidak benar. Awak media Tribunnews Medan yang langsung mengunjungi lokasi menyatakan posisi jembatan masih seperti sedia kala.

=====

Sumber: Media Sosial Facebook

=====

Kategori: Misleading Content

=====

Narasi:

“Jembatan di Cemara roboh..,” unggah akun Facebook Ijoen Silalahi (@junjung.kerenz), Kamis (1/8).

=====

Penjelasan:

Akun Facebook Ijoen Silalahi atau @junjung.kerenz membuat unggahan yang menampilkan gambar atau foto dengan kemacetan yang cukup parah di satu jalan. Dalam unggahan tersebut pun ditambahkan narasi “Jembatan di Cemara roboh..,” unggah akun Facebook Ijoen Silalahi (@junjung.kerenz), Kamis (1/8).

Namun setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencari, unggahan akun Facebook @junjung.kerenz adalah tidak benar.

Dilansir dari Tribunnews.com, awak Tribun yang langsung mengunjungi langsung lokasi menyatakan jembatan di Jalan Cemara tidak roboh.

“Kabar yang beredar itu, ternyata hoax lantaran di kaitkan dengan suasana jalan yang saban hari memang macet sewaktu pagi. Karena tingginya arus kendaraan yang hendak melewati jembatan yang hanya muat untuk dua kendaraan tersebut. Posisi jembatan masih seperti sedia kala tak ada kerusakan. Beberapa pedagang juga masih tampak berjualan dibahu jembatan,” tulis Tribunnews.com pada berita yang bertajuk Warga Medan Heboh, Beredar Informasi Jembatan Cemara Pajak Ikan Rubuh, Ini Fakta Sebenarnya, Kamis (1/8).

=====

Referensi:

1.https://www.facebook.com/junjung.kerenz/posts/2272188662899921
2. https://medan.tribunnews.com/2019/08/01/warga-medan-heboh-beredar-informasi-jembatan-cemara-pajak-ikan-rubuh-ini-fakta-sebenarnya
3. https://www.hetanews.com/article/161152/warga-medan-heboh-beredar-informasi-jembatan-cemara-pajak-ikan-rubuh-ini-fakta-sebenarnya

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/946154345717101/