[SALAH] Akibat Bermain Hp POM Bensin Sambiroto Terbakar Dan Menyebabkan Seorang Anak Meninggal

Beberapa akun facebook mengunggah video yang disertai narasi telah terjadi kebakaran di POM Bensin Sambiroto, Semarang akibat bermain hp di mobil saat sedang mengisi bbm dan mengakibatkan seorang anak meninggal. setelah ditelusuri, video yang diklaim itu merupakan kejadian di POM Bensin Candiroto, Temanggung pada 1 juli 2019 lalu. adapun korban seorang anak berinisial (F) yang merupakan putra si pengemudi hanya luka-luka dan tidak meninggal.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG SALAH

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

https://web.archive.org/save/https://www.facebook.com/KNB.BREBES/videos/1328591130632911/?xts[0]=68.ARDYc-Q-8jXbcA9VQXq8G3xszWhKTy-ZCAkwCsSCPOVwsAY9zyTp3vMMlHgeSc3E8aMWArPtJgyGLnmDrAB8ZdxD7t7gXKBcxUuuVNyfVLyc8nxfDENf16cDgDO55LW5VZN4FD6JdlEJE69roe_k9A9hsNRZDnBsqIzkDHX67n9eVvJp7B-qNKa0_Wq39Ba9X1Z_pfFVA31A_1cgBHkjZDzJ8Bo5u0G6H23vWIERR_1tvuf_qYl5ISII-CDdWgN3laVHIITdpfu9OtqwKGqoNcUhVcLzXYMj84AowVmG46jfwZWSLEIsvGbm4jwBicFZA_VCBhHxpZhJNS1n6AcSVgP34W2MTG8Yg5-KYw&tn=-R

======

[NARASI]:

Kebakaran mbl di POM bensin sambiroto, semarang. Anaknya mainin hp di dlm mbl, pas bpknya mau ngisi bensin di Pom. Infonya, anaknya meninggal di dlm mobil…jadi mengharapkan kepada teman2 semua jgn mainan hp disaat isi bensin…matikan mesin mobil demi menjaga keselamatan/keamanan diri sendiri

======

[PENJELASAN]:

Belum lama ini beredar kabar di media sosial terkait kebakaran di Pom Bensin Sambiroto Semarang yang disebabkan sinyal Hp atau ponsel. Disebutkan bahwa seorang anak bermain Hp di dalam mobil ketika ayahnya sedang mengisi BBM yang kemudian terbakarnya mobil tersebut dan menyebabkan si anak meninggal.

Beberapa akun di media sosial facebook turut membagikan postingan ini. setelah ditelusuri, dilansir dari Tribunnews.com, Kebakaran itu terjadi bukan di pom bensin Sambiroto Semarang, melainkan SPBU Candiroto, Jalan Raya Candiroto-Bejen, Temanggung.

Waktu kebakaran pun sudah lama, terjadi pada Senin (1/7/2019) pagi. Musibah tersebut menimpa Supriyono (37), warga Desa Kebondalem, Kecamatan Bejen, Temanggung. Dalam kebakaran tersebut, beruntung tak ada korban jiwa. Kemudian satu pulau pompa di SPBU ‎tersebut juga hangus.

Adapun F (7) putra Supriyono saat itu juga langsung dirawat di rumah sakit karena mengalami luka bakar di tubuhnya namun tidak meninggal seperti info yang berdar. Akibat kebakaran, SPBU 44.562.09 di Candiroto masih berhenti beroperasi, Sekaligus peningkatan kemampuan terhadap seluruh operator dan pengawas SPBU dalam penanggulangan kejadian kebakaran jelas Unit Manager Communication & Relations Pertamina MOR IV, Andar Titi Lestari, dalam rilis kepada Tribunjateng.com.

Hasil investigasi kejadian kebakaran menyimpulkan bahwa penyebab utama adalah pengisian jerigen di dalam mobil yang bersinggungan dengan arus listrik statis.

Dijelaskan, listrik statis merupakan keadaan dimana terjadi ketidakseimbangan muatan listrik di suatu permukaan benda yang disebabkan antara lain karena terjadinya gesekan atau putaran.

Dalam kejadian kebakaran di SPBU 44.562.09 Candiroto, listrik statis menjadi penyebab utama.Karena saat pengisian jeriken di dalam mobil, uap BBM yang keluar dari nozzle memenuhi ruang kendaraan tersebut.

Kemudian terjadi hubungan pendek arus listrik statis antara uap dengan sentuhan tangan saat memegang nozzle BBM. Hasil investigasi lainnya menyatakan bahwa sinyal ponsel bukan penyebab kebakaran di SPBU 44.562.09 Candiroto. Namun, Pertamina tetap melarang penggunaan Hp saat petugas sedang mengisi BBM.

Jadi ada dua imbauan yang disampaikan Andar, yakni larangan penggunaan jerigen dan ponsel di SPBU.

======

REFERENSI:

https://jateng.tribunnews.com/2019/08/01/hoaks-viral-kebakaran-pom-bensin-sambiroto-semarang-akibat-main-hp-ini-5-fakta-sebenarnya?page=all

https://jateng.tribunnews.com/2019/07/01/video-kebakaran-mobil-kijang-di-spbu-candiroto-temanggung

https://jateng.sindonews.com/read/6632/1/polisi-dalami-kasus-kebakaran-di-spbu-temanggung-1562072871