[KLARIFIKASI] BTN dan UGM bantah terlibat dalam acara “UGM BTN Death Marathon 1000K, Lari Menuju Kematian”

Universitas Gajah Mada melalui sebuah pemberitaan di media nasional menyatakan tidak pernah menyelenggarakan kegiatan tersebut. Selain itu lewat akun twitter resminya, Bank Tabungan Negara (BTN) juga menyatakan tidak pernah menjadi sponsor atas kegiatan tersebut.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : KLARIFIKASI
=============================================

Poster lari marathon UGM BTN DEATH Marathon ” Lari Menuju Kematian” dengan start dari Tugu Tani Jakarta dan finish di Alun-alun Nganjuk, beredar di masyarakat.

Di poster tersebut tertulis kegiatan marathon akan selenggarakan pada 1-30 Agustis 2019.

Namun, tak ada keterangan apakah lari maraton digelar selama satu bulan penuh atau ada beberapa kloter berbeda selama bulan Agustus.

=============================================

PENJELASAN

Kabag Humas dan Protokoler UGM, Iva Ariani, membantah dengan tegas jika poster ‘Lari Menuju Kematian’ diselenggarakan oleh UGM. Dia juga menyebut jika UGM tidak pernah membuat acara dengan tajuk ‘Lari Menuju Kematian’ tersebut.
“Kami sampaikan Universitas Gadjah Mada tidak pernah menyelenggarakan kegiatan tersebut,” ujar Iva, Kamis, 25 Juli 2019.
Iva menjabarkan kegiatan ‘Lari Menuju Kematian’ jelas tidak ada keterkaitan dengan UGM. Siapa penyelenggaraan kegiatan itu, Iva tidak mengetahui secara pasti.

Sementara itu Coorporate Secretary BTN Achmad Chaerul membantah keterlibatan bank plat merah tersebut. Ia memastikan tidak pernah membuat acara marathon tersebut.

“BTN tidak pernah menyelenggarakan kegiatan tersebut atau tidak berpartisipasi dalam bentuk sponsorship maupun bentuk dukungan lainnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (25/7/2019).

“Dengan demikian, Bank BTN tidak bertanggung jawab terhadap segala konsekuensi dari pengumuman poster tersebut. Terima kasih,” sambung dia.

REFERENSI :
https://twitter.com/BankBTNcoid/status/1154153724060688384
https://kumparan.com/@kumparannews/hoaxbuster-ugm-tak-gelar-ugm-btn-death-marathon-1rXIdyKxs5W
https://www.viva.co.id/berita/nasional/1169228-ajang-lari-menuju-kematian-ugm-pastikan-tak-terlibat
https://regional.kompas.com/read/2019/07/26/10483691/ugm-btn-death-marathon-ajang-lari-menuju-kematian-yang-penuh-tanda-tanya
https://www.antaranews.com/berita/979894/informasi-acara-death-marathon-ini-penjelasannya

About Adi Syafitrah 389 Articles
noob, nerd,