[SALAH] UNESCO Nyatakan ISLAM Agama Paling Damai Sedunia

Hoax (satire) lama yang diulang kembali. Pernyataan di atas tidak pernah dibuat oleh UNESCO dan sertifikat yang dibuat di situs ini adalah palsu. Situs yang menerbitkan informasi ini adalah sebuah media satire.

Selengkapnya di PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Satire / Konten Palsu
=============================================

Beredar artikel yang berjudul “Setelah Pelajari Semua Agama, UNESCO Nyatakan ISLAM Agama Paling Damai Sedunia”, artikel ini berasal dari situs islamidia[dot]com.

“PBB yang menangani Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan/UNESCO (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), telah mengeluarkan pernyataan resmi bahwa Islam adalah agama paling damai di dunia (Islam is the most peaceful religion of the world).
Pernyataan Unesco itu disampaikan pada hari Senin (04/07/2016). Sebelum mengeluarkan pernyataannya ini UNESCO telah bermitra dengan Peace Foundation International, enam bulan lalu, untuk mempelajari semua agama di dunia dan mencari tahu dimana diantara semua agama tersebut yang paling mengajarkan perdamaian.
“Setelah enam bulan analisis dan studi ketat, kami telah menyimpulkan bahwa Islam adalah agama yang paling damai,” ungkap Robert McGee, kepala studi banding Peace Foundation International dalam konferensi pers yang juga dihadiri oleh para pejabat UNESCO.
Ketika ditanya tentang serangan teror yang dilakukan atas nama Islam, termasuk yang baru-baru ini di Dhaka dan Baghdad, pejabat UNESCO membantah bahwa itu ada hubungannya dengan Islam.
“Teror tidak memiliki agama,” katanya, “Islam berarti damai.”
Untuk mendokumentasikan pengakuan resmi ini, UNESCO telah mengeluarkan sertifikat “CERTIFICATE OF PEACE” yang akan diberikan kepada badan-badan Islam yang tertarik, yang dapat memilih untuk memasang sertifikat tersebut di berbagai tempat seperti Madrasah-madrasah, pusat-pusat studi Islam, masjid, toko halal, rumah pemotongan hewan, dan lain-lain.”

Sumber : http://bit.ly/32OLC3n – Artikel dari situs islamidia[dot]com
Sumber : https://www.facebook.com/search/posts/?q=Islam adalah agama paling damai di dunia&epa=SEARCH_BOX – Facebook public post

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, ditemukan fakta bahwa klaim tersebut nyatanya salah.

UNESCO telah menyangkal badan tersebut menyatakan Islam sebagai “agama paling damai di dunia”.

Pada tanggal 11 Juli 2016, UNESCO menerbitkan pernyataan ini untuk menepis kabar sesat tersebut.

“Pernyataan ini dibuat untuk menanggapi tuduhan-tuduhan belakangan ini, yang dimuat di situs juntakareporter dan mengutip sesuatu yang diduga sebagai pernyataan dan sertifikat dari UNESCO yang menyatakan ‘Islam sebagai agama paling damai di dunia’. Pernyataan di atas tidak pernah dibuat oleh Organisasi dan sertifikat yang dibuat di situs ini adalah palsu. Situs yang menerbitkan informasi ini adalah sebuah media satire.

“UNESCO tidak pernah memiliki hubungan resmi dengan badan yang disebut sebagai ‘International Peace Foundation’, dan tidak pernah mendukung pernyataan sejenis atau mengeluarkan sertifikat seperti itu.”

Dengan menggunakan kata kunci “Islam is the most peaceful religion of the world,” AFP mencoba mencari berita tersebut di situs resmi UNESCO. Hasil teratas adalah pernyataan yang menepis kabar bohong tersebut. Tidak ada hasil yang menunjukkan pernyataan deklarasinya.

Junta Ka Reporter menuliskan di situsnya bahwa isinya adalah satire.

Pemberitahuan di situs itu, diterjemahkan dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia, berbunyi, “Anda benar-benar mempercayai omong kosong ini sebagai kenyataan? Sebelum anda menggugat kami, jangan menyakiti kecerdasan anda dan sadarilah, ini adalah situs satire. Segala yang diterbitkan di sini adalah bualan semata. Tapi jika anda masih dibodohi dan tersinggung, kami hanya bisa kasihan.”

REFERENSI :
https://periksafakta.afp.com/unesco-menyangkal-menyatakan-islam-sebagai-agama-paling-damai-klaim-itu-asalnya-dari-situs-satire
http://www.unesco.org/new/en/media-services/single-view/news/unesco_denounces_fake_statement/
http://www.juntakareporter.com/disclaimer/
https://timesofindia.indiatimes.com/news/fake-alert-no-unesco-has-not-declared-islam-as-the-worlds-most-peaceful-religion/articleshow/70071918.cms

About Adi Syafitrah 391 Articles
noob, nerd,