[SALAH] Asosiasi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia Kecam Anies Baswedan

Debunk ini berisi bantahan dari artikel berita yang berjudul Asosiasi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia Kecam Anies Baswedan Lihai Tata Kata untuk Bodohi Warga Jakarta yang mencatut beritasatu.com. setelah ditelusuri Tim redaksi Beritasatu menegaskan bahwa tangkapan layar (screenshot) berita yang beredar di media sosial tentang asosiasi guru bahasa yang mengecam Gubernur DKI Anies Baswedan menggunakan nama situs kami adalah bohong belaka alias hoax.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

(https://web.archive.org/save/https://www.facebook.com/photo.php?fbid=134017257818075&set=a.103623777524090&type=3&theater)

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun facebook bernama Wimbo Wisnu Wibowo memposting screenshot artikel yang mengatasnamakan beritasatu.com dengan judul “Asosiasi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia Kecam Anies Baswedan Lihai Tata Kata untuk Bodohi Warga Jakarta” pada minggu (21/07/2019).

Pada paragraf pertama artikel tersebut ditulis bahwa Aosiasi Guru Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia (AGBSI) menggelar Musyawarah Nasional untuk mencabut semua ijazah kelulusan Anies Baswedan di semua jenjang pendidikan dari SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi.

Menanggapi hal tersebut, Tim redaksi Beritasatu menegaskan bahwa tangkapan layar (screenshot) berita yang beredar di media sosial tentang asosiasi guru bahasa yang mengecam Gubernur DKI Anies Baswedan menggunakan nama situs kami adalah bohong belaka alias hoax.

Redaksi Beritasatu.com, Beritasatu TV, maupun produk-produk media lain yang tergabung dalam BeritaSatu Media Holdings (BSMH) tidak pernah membuat berita berjudul “Asosiasi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia Kecam Anies Baswedan Lihai Tata Kata untuk Bodohi Warga Jakarta” seperti dalam tangkapan layar tersebut.

Pada pukul 06.10 WIB, Minggu, 21 Juli 2019, kami pastikan tidak ada berita dimaksud dalam situs kami.

Untuk itu tim redaksi Beritasatu.com mengimbau pihak-pihak yang telah mencatut nama kami–entah dengan aplikasi Photoshop atau pengeditan halaman markah (HyperText Markup Language/HTML) di situs kami–agar segera menghentikan aksinya.

BSMH tidak akan segan untuk mengambil langkah hukum terhadap setiap tindakan yang tidak bertanggung jawab dengan mencatut nama kami, sebagai sebuah perusahaan pers yang menjunjung tinggi integritas dan kepatuhan pada hukum.

======

REFERENSI:

https://www.beritasatu.com/nasional/565779/hoax-berita-asosiasi-guru-bahasa-kecam-anies

https://www.beritasatu.com/newsindex/?indate=21-07-2019&page=12