[SALAH] Pendeta di Brazil: “wanita gemuk tidak bisa masuk sorga”

Bukan tentang wanita gemuk, yang dikatakan Pendeta sebelum didorong: “Tangan ini tidak lagi milik saya. Orang berdosa itu lemah, tetapi tangan-tangan ini milik pendeta dan pribadi Kristus untuk melayani Anda dengan baik.”

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

http://bit.ly/30ISe1e Page “Nophie Kurniawati” (facebook.com/nophiekurniawati), sudah dibagikan 75 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Di Indonesia beberapa waktu lalu ada pemuka agama yg ngomong wanita soleha itu bb nya tidak lebih dari 55 kg. Pengikutnya iya iya aja.

Di Brazil ada pemuka agama yang bilang wanita gemuk tidak bisa masuk sorga. Dan akibatnya adalah, pemuka agama itu mental dari mimbar.

btw, bb saya cuma 52 kg. 😁✌️

#NK”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • SUMBER membagikan video mengenai kejadian Pendeta di Brazil yang didorong hingga terjatuh dari panggung.
  • SUMBER menambahkan narasi untuk membangun premis pelintiran yang tidak sesuai dengan konteks fakta yang sebenarnya, berdasarkan pelintiran yang sudah sebelumnya beredar dengan narasi “Wanita gemuk tidak bisa pergi ke surga”.

(2) Yang dikatakan oleh Pendeta BUKAN tentang wanita gemuk, Snopes(dot)com: “… Tepat sebelum dia didorong keluar panggung, Rossi berkata (diterjemahkan dengan longgar): “Tangan ini tidak lagi milik saya. Orang berdosa itu lemah, tetapi tangan-tangan ini milik pendeta dan pribadi Kristus untuk melayani Anda dengan baik.” …”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/2Z43YLj (arsip cadangan di https://archive.fo/HlmYi). Tautan ke artikel dengan bahasa asli (English) di http://bit.ly/2LuVZDX (arsip cadangan di https://archive.fo/UTX7j).

======

REFERENSI

(1) New York Daily News: ” … Menurut polisi, wanita itu adalah salah satu peserta retret. Dia ditemani oleh kelompok yang telah melakukan perjalanan dari Rio de Janeiro untuk hadir. Mereka dilaporkan memberi tahu polisi bahwa dia menderita masalah kesehatan mental. …”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/32CTjJX (arsip cadangan di https://archive.fo/JgrIX). Tautan ke artikel dengan bahasa asli (English) di http://bit.ly/2YZfuYm (arsip cadangan tidak bisa dibuat karena masalah zona layanan).


(2) https://archive.fo/HZhFO, arsip cadangan SUMBER.