[SALAH] “PERCETAKAN ALQURAN DIHENTIKAN”

Pelintiran daur ulang, sudah diklarifikasi pada tahun 2016 bahwa percetakan tidak ditutup tetapi dihentikan sementara karena perubahan manajemen dari Lembaga Percetakan Alquran menjadi Unit Percetakan Alquran.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Menyesatkan.

======

SUMBER

Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.

======

NARASI

“Astaghfirullah

Wahai Umat Islam Bangkit…!!!

KIAN HARI SEMAKIN GAMBLANG KEMANA ARAH KIBLAT REZIM INI, LAMBANG PKI BERTEBARAN. VAHUDI DIAKUI, SYIAH DIPELIHARA SEMENTARA PERCETAKAN ALQURAN DIHENTIKAN.”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”.

  • Post yang dilaporkan oleh SUMBER membagikan tangkapan layar mengenai isu yang sudah diklarifikasi pada tahun 2016.
  • Post yang dilaporkan oleh SUMBER menambahkan narasi untuk membangun premis pelintiran yang menyesatkan.

(2) http://bit.ly/2J4Dsy2, tautan ke artikel sumber isu oleh situs “Pikiran Lampung” yang dibagikan tangkapan layarnya, sudah tidak bisa diakses.


(3) Beberapa artikel yang berkaitan:

* REPUBLIKA(dot)CO(dot)ID: “Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag, Machasin menjelaskan, UPQ yang beroperasi di Ciawi, Bogor dihentikan sementara karena ada perubahan manajemen dari Lembaga Percetakan Alquran menjadi Unit Percetakan Alquran (UPQ).”

Selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.

* Merdeka(dot)com: “Mesin-mesin cetak yang terdapat di percetakan pun kata dia, sudah kembali bisa digunakan dan siap untuk mencetak Alquran pada Oktober mendatang. “Mesin cetak yang dibilang pak Maftuh akan dikubur itu tidak benar, kita sudah service dan sudah siap digunakan, tinggal menunggu kertas saja yang kita tenderkan,” ungkap Fakhruddin sambil menunjukkan beberapa mesin cetak di ruang percetakan Alquran.”

Selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.


(4) http://bit.ly/2TqEdGv, verifikasi lokasi melalui Google Maps. Sesuai dengan foto yang diambil per Oktober 2016, papan nama sudah menggunakan nama “Unit Percetakan Al-Qur’an”.

======

REFERENSI

(1) turnbackhoax(dot)id: [SALAH] “Program Percetakan Alquran Dihentikan, Mantan Menag ‘Menangis’”, post sebelumnya di http://bit.ly/2YZplgL


(2) http://bit.ly/32Ae74B, arsip cadangan artikel sumber isu.