[SALAH] Kalau kita beli aqua berarti kita menyumbang misionaris Kristen

Hoax lama yang diviralkan kembali. Hal ini disampaikan Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin. Menurut Arif, kabar tersebut adalah hoaks. Arif mengatakan bahwa Pondok Remaja PGI bukan merupakan tempat pengkaderan misionaris, melainkan tempat penginapan umum yang bisa disewa oleh siapa saja.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun Odi Suryana ( fb.com/odi.suryana.52 ) mengunggah bambar yang merupakan tangkapan layar dengan narasi sebagai berikut :
“Kalau kita beli aqua berarti kita menyumbang misionaris Kristen”

Dan narasi dalam gambar : “Sekolah pengkaderan misionaris yg disponsori oleh AQUA. Lokasi di jln. Raya antara Cipayung – Cisarua Puncak Bogor Jawa Barat. Dananya dari penjualan AQUA. Hayoooo mulai skrng berhenti minum AQUA”

Dalam gambar tersebut terdapat sebuah petunjuk nama tempat bernama “Pondok Remaja PGI”. Dalam plang petunjuk nama tempat itu terdapat logo Aqua.

Sumber : web[dot]archive[dot]org/web/20190716224520/https://www.facebook.com/photo.php?fbid=701607623626257&set=a.175122462941445&type=3&theater – Sudah dibagikan 4253 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Setelah ditelusuri, kabar tentang perusahaan air mineral Aqua yang mensponsori misionaris kristen ternyata tidak benar.
Hal ini disampaikan Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin. Menurut Arif, kabar tersebut adalah hoaks.
“Itu hoax lama,” kata Arief saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Senin (15/7/2019).
Arif mengatakan bahwa Pondok Remaja PGI bukan merupakan tempat pengkaderan misionaris, melainkan tempat penginapan umum yang bisa disewa oleh siapa saja.
“Danone-AQUA adalah entitas bisnis yang tidak memiliki afiliasi dengan organisasi yang tidak ada hubungannya dengan bisnis kami,” ucap Arif.
Arief menambahkan, bahwa plang yang terdapat dalam gambar tersebut saat ini sudah tidak ada. “Plang itu sudah tidak ada,” tutup Arief.

Pada tahun 2017, bantahan terhadap klaim ini sudah pernah dimuat di situs turnbackhoax.id

Seperti dilansir dari situs traveloka, Pondok Remaja PGI merupakan tempat penginapan umum yang terletak di Jalan Raya Puncak KM 78, Leuwimalang, Cisarua, Puncak, Jawa Bara. Di situs traveloka, penginapan ini bisa disewa mulai dari harga Rp 450 ribu per harinya.

REFERENSI :
https://turnbackhoax.id/2017/08/12/hoax-sekolah-pengkaderan-misionaris-yang-disponsori-oleh-aqua/
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4013058/cek-fakta-hoaks-aqua-sponsori-kegiatan-misionaris-kristen
https://www.traveloka.com/en/hotel/indonesia/pondok-remaja-pgi-3000010009686