[SALAH] Truk TNI Angkut Warga China Ke Bandung

Video yang menyatakan truk TNI mengangkut warga China ke bandung berisikan informasi yang salah. Kapuspen TNI Mayjen TNI Sisriadi menegaskan, mobil TNI tidak memiliki ciri-ciri seperti dalam video. “Truk tersebut bukan kendaraan operasional TNI baik dari satuan Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU), maupun Angkatan Laut (AL),” kata Sisriadi.

=====

Kategori: False Context

=====

Sumber: Media Sosial Facebook

Warga China menggunakan truk TNI menuju ke arah Bandung.

Posted by Yossie Toha on Friday, July 12, 2019

Archive:

https://web.archive.org/save/https://www.facebook.com/yossie.toha/videos/133928407818500/

=====

Narasi:

Warga China menggunakan truk TNI menuju ke arah Bandung.

=====

Penjelasan:

Beredar video yang menyebutkan bahwa rombongan truk TNI mengangkut warga China. Dalam video itu disebutkan pula rombongan truk TNI tersebut menuju Bandung.

Atas beredarnya video itu, pihak Pusat Penerangan (Kapuspen) Tentara Nasional Indonesia (TNI) membanta informasi itu. Kapuspen TNI Mayjen TNI Sisriadi menegaskan, mobil TNI tidak memiliki ciri-ciri seperti dalam video. “Truk tersebut bukan kendaraan operasional TNI baik dari satuan Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU), maupun Angkatan Laut (AL),” kata Sisriadi.

Sisriadi juga menegaskan, kendaraan milik TNI tidak memiliki velg merah. Bahkan, setiap kendaraan TNI diwajibkan memiliki pelat dan terdapat tulisan “satuan” di badan mobil. “Mobil angkutan TNI harus dilengkapi identitas satuan,” ujar Sisriadi.

Bantahan dari TNI tersebut juga dipublikasikan di kanal media sosial milik Puspen TNI di Facebook, Twitter, dan Instagram. Dalam informasi bantahan itu, tertulis tertulis empat poin bantahan. Berikut kutipan bantahan dari akun media sosial Puspen TNI:

[…] KLARIFIKASI TNI TERHADAP BEREDARNYA VIDEO YANG DIBUAT ORANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB “KONVOI TRUK TNI TANPA NOPOL”

1. Truk tersebut bukan kendaraan operasional TNI baik AD/AL/AU karena yang ada di video tersebut, jenis Mitsubishi Colt thn pembuatan 1995-1998, sedangkan di TNI sudah tidak dipakai dan sudah dihapus dari daftar inventaris di jajaran TNI AD/AL/AU.

2. Mobil jenis Angkutan di TNI baik AD/AL/AU sesuai dinas tidak ada Velg di roda kendaraan diberi warna Merah

3. Setiap Kendaraan TNI bila keluar dari satuan wajib melengkapi semua (termasuk Plat No/SIM/STNK) sesuai aturan yang berlaku.

4. Mobil Jenis Angkutan di TNI baik AD/AL/AU sesuai aturan dinas harus dilengkapi dengan Identitas satuan.

“Orang yg mengambil dan menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya (HOAX) dapat dihukum sesuai dengan Pasal 27 ayat 3 UU ITE” […]

Berdasarkan klarifikasi dari pihak Puspen TNI tersebut, maka klaim dalam video bahwa truk TNI mengangkut warga China ke Bandung tidak benar. Dengan demikian, video itu masuk kategori false context.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/934335343565668/

belakangan ini telah beredar berita Hoax tentang "konvoi truk TNI tanpa nopol" yang tidak bisa dipertanggungjawabkan…

Posted by Pusat Penerangan TNI on Saturday, July 13, 2019

https://kumparan.com/@kumparannews/fakta-sebenarnya-soal-video-truk-tni-angkut-wn-china-1rSsK2YBAid