[SALAH] BARACK OBAMA mewakili Negara Amerika Serikat, telah menyatakan Kemenangan PRABOWO-SANDI

Video tersebut adalah video manipulasi. Dalam video tersebut Barack Obama juga tidak menyebut nama Prabowo sama sekali. Video aslinya telah diunggah di Youtube Smithsonian’s National Portrait Gallery yang merilis lukisan potret Obama dan istrinya, Michelle. Kedua lukisan itu dilukis oleh Kehinde Wiley dan Amy Sherald. Video asli dipublikasikan pada 12 Februari 2018. Klaim ini pernah diklarifikasi di turnbackhoax.id pada April 2019

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
=============================================

Akun Facebook Karim Limoto ( fb.com/karim.limoto.50 ) mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut :
“BARACK OBAMA mewakili Negara Amerika Serikat, telah menyatakan Kemenangan PRABOWO-SANDI
Viralkan vidio ini sekarang juga
Terima kasih…
ALLAHUAKBAR…”

Video tersebut berdurasi 59 detik memperlihatkan mantan Presiden Amerika, Serikat, Barack Obama, tengah memamerkan foto Prabowo Subianto. Video tersebut dibagikan akun Karim Limoto, Rabu, 26 Juni 2019.

Sumber : http://web.archive[dot]org/web/20190712032907/https://www.facebook.com/karim.limoto.50/videos/119264179327536/ – Sudah dibagikan 2579 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN


Video yang beredar tersebut merupakan hasil suntingan dari video saat Obama dan istrinya Michelle merilis lukisan potret diri Obama dan Istrinya yang dirilis oleh Smithsonian’s National Portrait Gallery dan dilukis oleh Kehinde Wiley dan Amy Sherald.. Video dirilis pada 12 Februari 2018. Video serupa telah di upload di media social Youtube dan bisa dilihat secara umum melalui akun resmi dari Smithsonian’s National Portrait Gallery dengan nama akun Smithsonian.

Beberapa media online nasional juga telah mewartakan peluncuran lukisan ini. CNNIndonesia.com mengatakan bahwa Wajah mantan Presiden AS Barack Obama dan istrinya Michelle akan menjadi pajangan baru yang dipamerkan di National Portrait Gallery di Washington D.C.
Potret tersebut resmi diluncurkan pada Senin (12/2). Pameran yang menampilkan potret baru Obama dan istri akan dibuka pada Rabu (14/2) mendatang dan dipajang di lantai satu National Portrait Gallery hingga November.

Menurut laporan Just Jared, mantan presiden berusia 56 tahun itu memilih Kehinde Wiley, pelukis terlatih Universitas Yale, untuk menggores kuas membentuk wajahnya. Sementara potret Michelle diserahkan pada seniman Amy Sherald yang berbasis di Baltimore.

“Bagaimana pendapat Anda? Itu sangat bagus,” ucap Obama saat naik ke atas pentas untuk berpidato. Lukisan itu memperlihatkan Obama duduk dengan latar belakang dedaunan hijau.
“Saya mencoba bernegosiasi dengan [meminta] uban yang lebih sedikit, dan integritas artistik Kehinde tidak akan membiarkan dia melakukan apa yang saya minta,” Obama bercanda.

Ia melanjutkan, dirinya juga sempat meminta telinganya digambar lebih kecil. Michelle tidak bicara apa pun soal proses pembuatan lukisannya. Ia hanya berharap potretnya yang dipajang di National Portrait Gallery bisa menginspirasi kaum muda.

Mengutip Time, Wiley merupakan pelukis asal Los Angeles yang telah menekuni seni sejak usia 11 tahun. Ia lantas melanjutkan keahliannya dengan berkuliah di San Francisco Art Institute dan belajar seni di sekolah pascasarjana di Yale. Wiley lalu memamerkan bakat melukis pria dan wanita muda di jalanan Harlem dengan gaya lukisan kuno.

Tak hanya di Harlem, ia juga melakukan serupa di Kongo, Maroko, Haiti, dan India. Ia kemudian dikenal melukis wajah-wajah terkenal. Pada 2009, Michael Jackson menugaskannya melukis dirinya. Namun baru setelah Jackson meninggal Wiley menggambar sang King of Pop. Ia juga pernah melukis rapper LL Cool J dan Ice-T, tak ketinggalan pesepakbola dunia.

Foto-foto peluncuran lukisan resmi mantan Presiden AS Barack Obama dan istrinya, Michelle Obama, juga telah dipublikasikan laman detik.com.

REFERENSI :
https://cekfakta.tempo.co/fakta/333/fakta-atau-hoaks-benarkah-barackobama-telah-menyatakan-kemenangan-prabowo-sandi
https://www.youtube.com/watch?time_continue=1866&amp=&v=uX8muQOfzqA
https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20180213165121-241-275925/lukisan-eksklusif-barack-dan-michelle-obama-dipamerkan
https://www.justjared.com/2018/02/12/barack-michelle-obama-unviel-their-official-portraits-at-national-portrait-gallery/
https://time.com/5147364/kehinde-wiley-artist-painted-barack-obama-portrait/
https://news.detik.com/foto-news/d-3864296/lukisan-resmi-barack-dan-michelle-obama-diungkap/2#share_top

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo