[SALAH] Akhirnya Thoriq Ditemukan dengan Selamat

Video yang diunggah akun Youtube Misteri Malam dan akun Facebook Caption hits yang mengatakan korban hilang di Bukit Piramid Gunung Argopuro, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur atas nama Thoriq Riski Ahmad Maulidan telah ditemukan dengan selamat adalah tidak benar adanya.

Video yang dibagikan kedua akun tersebut faktanya adalah korban hilang bernama Roy yang ditemukan di Gunung Arjuno. Video penemuan Roy ini diunggah akun Youtube Reny Yuliana Channel pada 16 Januari 2019 dan sebelumnya diunggah juga gambarnya oleh akun Instagram @mountnesia pada 9 Januari 2019.

=====

Sumber: Youtube dan Facebook

=====

Kategori: Misleading Content

=====

Narasi:

1. “AKHIRNYA.. Thoriq berhasil di temukan dengan Selamat,” tulis akun Youtube Misteri Malam, Rabu (3/7).

2. “Thoriq sudah ditemukan?,” tulis akun Facebook Caption hits (@CaptionHitsVideoOfficial), Kamis (4/7).

=====

Penjelasan:


Akun Youtube Misteri Malam dan akun Facebook Caption hits atau @CaptionHitsVideoOfficial mengunggah video yang mengatakan bahwa Thoriq Riski Ahmad Maulidan yang merupakan korban hilang di Bukit Piramid Gunung Argopuro, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur telah ditemukan dengan selamat.

Namun setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencari, video yang diunggah oleh akun Youtube Misteri Malam dan akun Facebook Caption hits adalah tidak benar adanya.

Diketahui video yang dibagikan oleh kedua akun tersebut adalah video penemuan korban hilang di Gunung Arjuno yang bernama Roy pada Januari 2019. Video penemuan Roy itu diunggah akun Youtube Reny Yuliana Channel pada 16 Januari 2019, yang sebelumnya gambarnya juga diunggah oleh akun Instagram @mountnesia pada 9 Januari 2019.

Hingga sekarang pihak BPBD, Basarnas, TNI/Polri, SAR dan relawan masih mencari keberadaan korban hilang bernama Thoriq tersebut.


=====

Referensi:

1. https://www.youtube.com/watch?v=IQQClF9Cl7c

2.https://www.facebook.com/CaptionHitsVideoOfficial/videos/2428002843889126/

3. https://www.youtube.com/watch?v=w0PhTqu_aqs

4. https://hot.grid.id/read/181774425/kisah-roy-pendaki-yang-ditemukan-dalam-keadaan-ngelantur-kebingungan-di-hutan-lali-jiwo-gunung-arjuno?page=all

5. https://www.instagram.com/p/BsZGOAZnCP4/?utm_source=ig_web_copy_link

6. http://www.tribunnews.com/regional/2019/07/03/update-pencarian-thoriq-di-gunung-piramid-yang-hilang-sejak-juni-2019-hingga-medan-gunung?page=all

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/928005240865345/