[SALAH] SURAT PEMBERITAHUAN VALIDASI NOMOR INDUK CPNS

Postingan ini berisi klarifikasi yang diberikan oleh pihak Badan Kepegawaian Negara terkait dengan munculnya sebuah kertas surat yang mengatasnamakan BKN. Kertas tersebut berisi informasi palsu mengenai pemberitahuan rencana pelaksanaan proses verifikasi dan validasi data terkait dengan rencana pemberian nomor induk pegawai CPNS.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

===

SUMBER: KERTAS SURAT

===

NARASI:

===

PENJELASAN: Beredarnya sebua kertas surat yang mengatasnamakan Badan Kepegawaian Negara muncul ke hadapan publik. Dalam surat yang beredar, terdapat penjelasan mengenai pemberitahuan proses verifikasi dan validasi pemberian nomor induk pegawai CPNS tahun 2018. Namun seiring beredarnya informasi tersebut, pihak terkait yang namanya disebut dalam surat pun yakni BKN akhirnya angkat bicara.

Melalui Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan di website resmi BKN www.bkn.go.id dijelaskan bahwa surat tersebut palsu dan BKN tidak pernah mengeluarkan surat tersebut. Ridwan menyampaikan bahwa pihaknya akan selalu mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah mempercayai informasi yang beredar di masyarakat.

Ridwan meminta masyarakat untuk senantiasa meneliti dan mempelajari kebenaran sebuah informasi. Tak lupa ia juga menghimbau masyarakat untuk mencari informasi mengenai BKN melalui laman resmi yakni www.bkn.go.id dan media sosial milik BKN yang sudah terverifikasi. Ridwan menambahkan agar masyarakat selalu memperhatikan format, isi atau konten dan penanda tangan. Lebih lanjut Ridwan menegaskan jika masyarakat dijanjikan untuk diangkat menjadi CPNS tanpa seleksi resmi dari Pemerintah, dapat dipastikan hal itu tindakan penipuan.

===

REFERENSI:

http://www.bkn.go.id/…/hati-hati-surat-palsu-mengatasnamaka…
https://www.antaranews.com/…/hoaks-surat-pemberitahuan-vali…