[SALAH] Profesor Gabe Bin Abdulah yang berasal dari Amerika latin ini kagum kepada pendukung Prabowo

Pose Gabe Newell ( bukan Gabe bin Abdullah ) tidak terkait dengan pilpres di Indonesia. Versi aslinya, Newell dan Hideo Kojima berfoto bersama sambil berangkulan. Jari tangan kanan Newell membentuk pose dua jari, sementara Kojima mengangkat jempol tangan kiri.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
=============================================

Beredar foto seorang pria dengan narasi sebagai berikut :

“Profesor Gabe Bin Abdulah yang berasal dari Amerika latin ini kagum kepada pendukung Prabowo di karnakan Mereka tidak pernah menyerah dalam melawan kecurangan ini,beliau juga berkata bahwa beliau siap membantuk paslon 02 dengan memberikan dana sebesar 2Juta US dollar untung kepentingan Paslon 02 dalam sidang MK tentang kecurangan paslon 01,Mari semua kita sebarkan tagar:#GabeBinAbdulah02 dan sebarkan post ini biar paslon 01 tau bahwa orang luar saja tahu bahwa paslon 02 adalah orang yg jujur dan di hormati bahkan oleh orang luar
#PrabowoSandi2019
#HalfLife3″

Sumber : Akun Awie Luthfi Haura ( fb.com/awie.wie.940 )- Dikirim ke grup Penggemar Rocky Gerung ( fb.com/groups/973608109430611/ ) – http://web.archive[dot]org/web/20190624230113/https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10214787833664588&set=gm.1384954288295989&type=3&theater&ifg=1 – Sudah dibagikan 486 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Kampanye dan pemungutan suara Pilpres 2019 sudah usai. Namun, hoax yang menyangkut dukung-mendukung terhadap dua kubu masih saja menyebar. Contohnya, pose dua jari warga negara lain yang disebut-sebut sebagai bentuk dukungan terhadap paslon 02 (Prabowo-Sandi).

Ada kejanggalan pada foto yang di-posting pemilik akun Awie itu. Tampak jelas bahwa foto tersebut tidak utuh atau dipotong dari versi aslinya. Melalui mesin pencari, sangat mudah diketahui nama pria itu bukanlah Gabe bin Abdullah. Melainkan Gabe Newell atau biasa disebut Gaben. Dia kerap menulis ulasan di beberapa situs game.

Foto yang diunggah Awie ternyata mencomot dari akun Twitter seorang game creator bernama Hideo Kojima (@Hideo_Kojima_En). Versi aslinya, Newell dan Kojima berfoto bersama sambil berangkulan. Jari tangan kanan Newell membentuk pose dua jari, sementara Kojima mengangkat jempol tangan kiri. Kebetulan cocok dengan simbol-simbol pilpres di Indonesia meski tak ada hubungannya.

Jawa Pos menemukan situs game yang mengulas pertemuan Hideo Kojima dengan Gabe Newell yang dilengkapi foto tersebut. Situs itu bernama pcgamesn.com. Artikel yang diberi judul Hideo Kojima goes to Valve and meets with Gabe Newell itu terbit pada November 2018.

Saat itu Kojima mengunjungi perusahaan Valve dan langsung bertemu dengan pemilik perusahaan tersebut, Gabe Newell. Keduanya sama-sama memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan sekuel game. Misalnya, bagian ketiga dari permainan Metal Gear Solid V yang dibuat Hideo Kojima. Atau video game Half-Life 3 dari Gabe Newell yang belum rampung.

REFERENSI :
https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/24/06/2019/pose-dua-jari-co-founder-perusahaan-game-valve-corporation/
https://www.pcgamesn.com/hideo-kojima-valve-gabe-newell
https://twitter.com/HIDEO_KOJIMA_EN/status/1057761560276299776

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo