[SALAH] “Selundupan SABU dari CINA”

Video yang dibagikan adalah unggahan tahun 2013, dokumentasi pengungkapan penyelundupan rokok dari Ukraina oleh Poliţia de Frontieră Romană (Polisi Penjaga Perbatasan Rumania). Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

http://bit.ly/2WT6IJN, akun “Mohammed Indra” (facebook.com/sabilli.saja), sudah dibagikan 15.898 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Selundupan SABU dari CINA..dengan volume TON

======

PENJELASAN

(1)  http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • SUMBER membagikan video yang sudah pernah diunggah sebelumnya pada tahun 2013.
  • SUMBER menambahkan narasi pelintiran untuk membangun premis menyesatkan yang tidak sesuai dengan konteks video yang sesungguhnya.

(2) Salah satu sumber video, http://bit.ly/2NeiJKj YouTube: “Smuggling: 70,000 packs of cigarettes hidden inside tree trunks

silvan500
Published on Jun 30, 2013

Smuggling in Romania: 70,000 packs of ukrainian cigarettes hidden inside tree trunks.”

(Penyelundupan: 70.000 bungkus rokok disembunyikan di dalam batang pohon. Penyelundupan di Rumania: 70.000 bungkus rokok dari Ukraina disembunyikan di dalam batang pohon).

======

REFERENSI

(1) Mengenai Polisi penjaga perbatasan Rumania:

  • “POLIȚIA DE FRONTIERĂ ROMÂNĂ …”, selengkapnya di http://bit.ly/2WP1TRC.
  • Wikipedia: “Romanian Border Police

The Romanian Border Police (Romanian: Poliţia de Frontieră) is the structure of the Romanian Ministry of Administration and Interior responsible for the border security and passport control at border crossing points, airports and ports.[1]

…”, selengkapnya di http://bit.ly/2FiPMpW.

(Polisi Perbatasan Rumania (bahasa Rumania: Poliţia de Frontieră) adalah struktur dari Kementrian Administrasi dan Dalam Negeri Rumania yang bertanggungjawab terhadap keamanan perbatasan dan pengendalian paspor di titik-titik garis perbatasan, bandara dan pelabuhan).


(2) http://bit.ly/2Ya6T4w, arsip cadangan SUMBER.