[SALAH] Video Wahana Ekstrim Gyro Drop Lempar Dan Memutar Pengguna di Ketinggian

Debunk ini berisi penjelasan terkait beredarnya sebuah video yang menunjukkan wahana ekstrim Gyro Drop yang berada di Lotte Park Korea Selatan memperlihatkan dimana wanaha tersebut melempar pengunjung yang naik serta diputar cukup keras saat berada diketinggian. setelah ditelusuri nyata video tersebut diduga kuat merupakan hasil rekayasa computer-generated imagery (CGI). karena tidak ada keterangan dari pihak pengelola bahwa pengunjung akan dilepar kebawah dengan tali elastis kemudian diputar saat di ketinggian.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[PENJELASAN]:

Baru-baru ini beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan salah satu wahana ekstrim yang berada di sebuah taman bermain. dalam video tersebut terlihat wahana tersebut meleparkan pengunjung yang naik menggunakan tali elastis yang kemudian diputar saat diketinggian.

Syarief Ramaputra 发布于 2019年6月17日周一

Wahana ekstrim itu diketahui bernama Gyro Drop dan terdapat di Lotte World Adventure Seoul, Korea Selatan. namun benarkan video tersebut ?

Dilansir dari laman Heavy.com, video tersebut diduga kuat merupakan hasil rekayasa computer-generated imagery (CGI). Proses edit itu ditujukan untuk menambah kesan mengerikan pada wahana Gyro Drop. Namun, hingga saat ini tidak diketahui siapa pihak yang pertama kali menggubah video permainan tersebut.

Berdasarkan keterangan dari laman resmi Lotte World Adventure Seoul, wahana ekstrem tersebut merupakan salah satu permainan yang mereka miliki dan bernama Gyro Drop 2 VR. Di sana, pengunjung akan diajak menguji adrenalin dengan merasakan sensasi dijatuhkan dari ketinggian.

“Ini merupakan yang pertama di Korea untuk pengalaman terjun bebas dari ketinggian,” tulis keterangan di laman Lotte World Adventure Seoul.

Kenyataannya permainan Wahana Gyro Drop tidaklah seperti video yang beredar, wahana tersebut memiliki tinggi 70 meter dan membawa orang turun dengan kecepatan 100 km/jam.

Syarief Ramaputra 发布于 2019年6月17日周一

Orang yang menaikinya difasilitasi dengan kacamata VR (virtual reality), sehingga membuat sensasi menaiki wahana jadi lebih menegangkan dan ekstrem, hanya itu. Tidak ada ayunan mengerikan yang berputar di atas menara.

======

REFERENSI:

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/17/10475371/hoaks-wahana-ekstrem-gyro-drop-lemparkan-pengguna-di-ketinggian

https://www.liputan6.com/tekno/read/3991206/viral-di-internet-video-gyro-drop-ekstrem-ternyata-rekayasa

https://travel.detik.com/travel-news/d-4587737/video-viral-wahana-gyro-drop-ekstrem-korea-tahunya-editan

http://adventure.lotteworld.com/eng/enjoy/attrctn/view.do?detailsKey=1206