[SALAH] Di bandara terminal 3 sukarno hata sudah terpasang kilat Cina air line selamat datang Cina di Indonesia

Tulisan dengan aksara Hanzi di bawah logo dan tulisan Air China tersebut berarti ‘Perusahaan Penerbangan Internasional Cina’ secara harfiah bukan ucapan selamat datang. Air China sendiri adalah salah satu maskapai penerbangan internasional yang memang beroperasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarna Hatta sejak 20 Mei 2018.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : DISINFORMASI / Konten yang Salah
=============================================

Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp dan media sosial gambar yang dengan narasi sebagai berikut;

1. “Di bandara terminal 3 sukarno hata sdh terpasang kilat Cina air line selamat datang Cina di Indonesia”
2. “Tadi di terminal 3 Bandara Inter Soekarno Hatta …. panjaaaang iklannya sepanjang mata memandang
.
Yuhuuuuu akhirnyaaa segala yang berbau China akan hadir dimana saja kapan saja di Indonesia”

Beberapa sumber :
1. https://www.instagram.com/p/Bykq9yNnp9S/ – Akun instagram wawat ( instagram.com/wawat.kurniawan/ )
2. http://archive.fo/YMa5a – Akun Vera Pia Baaman ( facebook.com/vera.piabaaman ) – Sudah dibagikan 479 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, tulisan dengan aksara hanzi di bawah logo dan tulisan Air China tersebut adalah
Hanzi sederhana: 中国国际航空公司; atau Hanzi tradisional: 中國國際航空公司; atau Pinyin: Zhōngguó Guójì Hángkōng Gōngsī; yang secara harfiah berarti ‘Perusahaan Penerbangan Internasional Cina’, disingkat sebagai 国航

Air China sendiri adalah maskapai penerbangan yang berbasis di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok, dengan kode IATA CA dan kode ICAO CCA. Maskapai ini berdiri tahun 1988. Maskapai ini mengoperasikan layanan penumpang internasional dan domestik di Tiongkok Daratan dan seluruh dunia. Basis utamanya adalah Bandara Internasional Ibukota Beijing, Bandara Internasional Pudong Shanghai dan Bandara Internasional Shuangliu Chengdu.

Sementara itu, di Indonesia sendiri, Air China sendiri adalah salah satu maskapai penerbangan internasional yang memang beroperasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarna Hatta sejak 20 Mei 2018.

Sejak beroperasi secara bertahap pada Agustus 2016, relokasi maskapai rute internasional ke Terminal 3 sudah mulai dilakukan pada Mei 2017, diawali Garuda Indonesia per 1 Mei 2017.
Langkah ini kemudian disusul Saudi Arabian Airlines pada 10 Juli, Vietnam Airlines 12 Juli, Korean Air 17 Juli , Xiamen Air 30 Juli, China Airlines 8 Agustus, dan China Southern 29 Agustus. Pada 2018, maskapai lain juga pindah ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, seperti AirAsia pada 22 Januari, Fly Scoot Tiger 14 Maret, Citilink rute Penang 25 Maret, dan Malaysia Airlines 9 April.
Sepanjang Mei 2018, delapan maskapai rute internasional memindahkan operasionalnya dari Terminal 2 ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Lima dari delapan maskapai itu telah pindah, yakni Thai Airways pada 1 Mei, Oman Air 8 Mei, Qantas 11 Mei, Jetstar Asia Airways 11 Mei, dan KLM Royal Dutch Airlines 15 Mei. Sedangkan Srilanka Airlines dan China Eastern diyakini segera menyusul.

REFERENSI :
https://id.wikipedia.org/wiki/Air_China
https://bisnis.tempo.co/read/1090157/20-mei-air-china-pindah-ke-terminal-3-bandara-soekarno-hatta/full&view=ok
https://ekbis.sindonews.com/read/1307091/34/20-mei-air-china-pindah-ke-terminal-3-bandara-soekarno-hatta-1526670840
https://soekarnohatta-airport.co.id/maskapai
https://www.airchina.co.id/

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo