[SALAH] Video Merry Riana Sebut Indonesia Akan Bubar

Video yang menunjukkan Merry Riana, motivator, menyebutkan Indonesia akan bubar merupakan video hasil suntingan. Video aslinya berasal dari kanal Youtube milik Merry Riana berjudul “VIRAL! INDONESIA MASIHKAH ADA HARAPAN? (HARUS nonton sampai habis) | Spoken Word | Merry Riana” dengan durasi 4:02 menit. Potongan video yang diedarkan berasal dari menit awal hingga menit 1:45. Pada menit 1:56, dalam video itu Merry memberikan catatan bahwa kondisi Indonesia yang dinyatakan pada menit-menit sebelumnya akan menjadi kenyataan bila rakyat Indonesia memilih untuk berubah. “Bersama, kita bisa membalikkan keadaan,” ujar Merry dalam video itu.

=====

Kategori: Manipulated Content

=====

Sumber: Media Sosial Facebook

Merry riana ikut bicara. Padahal dia keturunan tiongkok… Pahami

Anda Arsyad 发布于 2019年6月3日周一

Archive: https://web.archive.org/web/20190611043104/https://www.facebook.com/anda.arsyad.7/videos/2724319697585117/

=====

Narasi:

Merry riana ikut bicara. Padahal dia keturunan tiongkok… Pahami

=====

Penjelasan Lengkap:

Video yang memperlihatkan Merry Riana, motivator, menyatakan Indonesia akan bubar beredar di media sosial. Dalam video itu ditampakkan bahwa Merry menyatakan Indonesia tidak ada harapan dan menyatakan “Damai Indonesiaku” tidak akan terwujud.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa video yang beredar di media sosial itu merupakan hasil suntingan. Sebab, hasil dari kanal cek fakta tempo.co, diketahui bahwa video yang beredar editan dari video di kanal Youtube Merry Riana berjudul “VIRAL! INDONESIA MASIHKAH ADA HARAPAN? (HARUS nonton sampai habis) | Spoken Word | Merry Riana” yang diunggah pada tanggal 29 Mei 2019.

Dalam video berdurasi 4:02 menit, Merry Riana memulai videonya dengan narasi-narasi negatif terlebih dahulu hingga menit 1:45. Namun, di menit 1:56, Merry memberikan catatan bahwa kondisi Indonesia yang dinyatakan pada menit-menit sebelumnya akan menjadi kenyataan bila rakyat Indonesia memilih untuk berubah. “Bersama, kita bisa membalikkan keadaan,” ujar Merry dalam video itu.

Lalu, pada menit 2:09, Merry membacakan narasi negatif tersebut dari bawah ke atas. Ternyata, narasi negatif di awal itu bila dibaca dari bawah ke atas menjadi narasi yang positif. Dari bacaan narasi positif itu, sebenarnya Merry memotivasi bangsa Indonesia untuk kembali bersatu karena “Indonesia Masih Ada Harapan” untuk mewujudkan “Damai Indonesiaku.” Berikut penggalan narasi positif yang dibaca oleh Merry tersebut:

[…] “Indonesia masih ada harapan. Hanya orang dungu yang percaya bahwa Indonesia adalah negara yang miskin dan terbelakang. Kenyataannya akan terlihat jelas. Kerja nyata akan membuahkan hasil. Tidak akan pernah lagi bisa dikatakan bahwa tenaga kerja asing akan merajalela. Di masa depan Indonesia emas.”

“Saya tidak percaya tahun 2045, saya akan bernostalgia tentang Indonesia yang sudah punah. Menurut survey, sekarang adalah zamannya hoax dan ujaran kebencian. Tapi di masa depan tidak lagi. Indonesia maju. Ini pesan saya untuk kita semua: persatuan Indonesia lebih penting lebih penting daripada manuver politik. Hidup tidak semudah kata-kata Merry Riana adalah ucapan para pecundang karena saya pasti bisa!” […]

Selain hasil penelusuran itu, Merry pun sudah memberikan klarifikasinya terkait video suntingan yang beredar. Melalui akun Instagramnya, yakni @merryriana, Merry menyampaikan bahwa video aslinya dibuat oleh dia untuk menyebarkan optimisme terhadap Indonesia.

Ia menyayangkan, ada beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab mengedit dan memotong video tersebut hingga tersisa di bagian awalnya dan sangat negatif. “Video editan itu disebar di Facebook, Whatsapp Grup, dan media sosial lainnya. Ini tidak benar! Sama Sekali tidak benar!,” tegas Merry.

Merry pun mengimbau, bila ada yang melihat video klarifikasinya di Instagram untuk menyebarkan video klarifikasinya kepada orang lain dan mengajak orang-orang untuk menonton video yang lengkap. “Ajak teman-temanmu untuk menonton video yang lengkap di akun Youtube (@Merry Riana), Instagram (@merryriana), dan Fanpage Facebook (@MerryRiana),” imbaunya.

Dari penjelasan itu, maka postingan sumber masuk ke dalam kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/911788529153683/

https://cekfakta.tempo.co/fakta/307/fakta-atau-hoaks-benarkah-motivator-merry-riana-berkata-indonesia-akan-bubar-dalam-video-berdurasi-145-menit