[SALAH] WANITA DI ACEH UTARA JADI KORBAN KEJAHATAN DAN DIBUANG DARI MOBIL




Postingan ini berisi klarifikasi yang dilakukan oleh pihak kepolisian guna menanggapi beredarnya informasi yang menyebut bahwa seorang wanita telah dibuang dari dalam sebuah mobil. Menurut kepolisian setempat, informasi yang menyebut bahwa wanita itu adalah korban kejatahan adalah tidak sesuai dengan fakta sesungguhnya.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FALSE CONTEXT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK dan PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI: Souna kehilangan aneuk dara, bajo kejadian di sp dama, jitiek lam moto, jino kajiba u puskesmas Lhoksukon.Aceh

===

PENJELASAN: Beredar sebuah informasi melalui media sosial Facebook dan juga pesan berantai Whatsapp bahwa seorang wanita telah menjadi korban kejahatan di wilayah Tanah Pasir, Kabupaten Aceh Utara. Menurut pesan yang beredar, seorang wanita telah menjadi korban kejahatan dan dibuang dari mobil Xenia.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, informasi yang tersebar melalui Facebook dan Whatsapp tersebut adalah tidak sesuai dengan fakta. Pasalnya, melansir dari antaranews.com, Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kapolsek Tanah Pasir Iptu Mulyadi mengatakan menurut hasil pemeriksaan menyebut bahwa gadis tersebut bukanlah korban kejahatan.

“Yang benar, korban keluar dari rumahnya, sesampai di Simpang Dama, tiba-tiba pingsan saat jalan kaki, lalu dibawa ke Puskesmas Lhoksukon dan saat ini sudah dijemput keluarganya,” pungkas Iptu Mulyadi.

Setelah mendapati korban yang tergeletak, warga kemudian membawa ke Puskesmas dan mengabari pihak keluarga, Informasi dari pihak keluarga, korban selama ini tinggal seorang diri di rumah. Sementara ayah dan adiknya sudah merantau ke negeri Jiran Malaysia.

“Kejadiannya sekitar pukul 23.00 WIB, Sabtu. Keterangan dari keluarga korban, korban keluar dari rumah sekitar pukul 23.00 WIB dengan menggunakan baju tidur dan kain sarung panjang. Setelah itu korban langsung berjalan menuju Gampong Ulee Tanoh. Tiba-tiba korban pingsan. Jadi kalau informasi korban dibuang dengan mobil Xenia itu kabar tidak benar,” tutur Iptu Mulyadi.

===

REFERENSI:

https://aceh.antaranews.com/berita/80914/kabar-gadis-di-aceh-utara-dibuang-dari-mobil-hoaks

https://penanegeri.com/wanita-yang-pingsan-di-pinggir-jalan-di-aceh-utara-bukan-korban-kejahatan/44807/