[SALAH] Kecelakaan Beruntun di Tol Pemalang akibat yang dari awal searah tiba-tiba dibuat 2 arah

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Agus Triatmaja membantah petugas kepolisian salah koordinasi di lapangan. Kecelakaan terjadi karena kelalaian ulah pengemudi sendiri. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang sempat menggegerkan warga tersebut. Meski demikian, lima orang menderita luka hingga harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : DISINFORMASI / Konten yang Salah
=============================================

Beredar video singkat berdurasi 43 detik, ada juga yang sudah disunting sehingga hanya berdurasi 21 detik. Video itu berisi kecelakaan lalu lintas di tol yang menyebabkan sejumlah kendaraan ringsek. Bahkan ada mobil pribadi yang terguling dan barang-barang berceceran.

Salah satu akun yang posting video tersebut adalah akun Bagus ( facebook.com/bagus.gatine/ ). Di postingan tersebut, akun ini menuliskan narasi sebagai berikut :

“Mimpi buruk
Kecelakaan mengerikan terjadi di Jalan Tol Pemalang yang dari awal searah tiba2 dibuat 2 arah…resikonya begini…, hati2 dlm mengemudikan mobil bila tiba2 tol diubah jadi 2 arah…
#AdminDedi”

Sumber : http://archive.fo/2luUD – Sudah dibagikan 79 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Polda Jawa Tengah mengklarifikasi berita hoaks terkait kecelakaan beruntun di ruas tol Semarang. Dalam video yang beredar di media sosial menyebutkan kecelakaan terjadi karena miskoordinasi yang dilakukan petugas kepolisian saat pemberlakuan sistem contra flow.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Agus Triatmaja membantah petugas kepolisian salah koordinasi di lapangan. Kecelakaan terjadi karena kelalaian ulah pengemudi sendiri.

“Kami tegaskan lagi, bahwa kejadian kecelakaan ini akibat dari pengemudi truk yang tidak bisa mengendalikan kendaraannya. Dan saat ini sedang ditangani oleh Satlantas Polrestabes Semarang,” kata Agus saat dikonfirmasi, Kamis 6 Juni 2019.

Dia mengatakan kecelakaan ini bermula saat truk nomor Polisi E-9872-E yang dikemudian oleh Budiyono warga Banyuwangi tak bisa dikendalikan. Truk melaju dari arah selatan (eks gerbang tol Tembalang) ke arah utara (Jatingaleh), tepatnya di kilometer 9 jalur B.

“Karena tidak bisa mengendalikan kendaraan dan akhirnya menabrak 7 kendaraan lain yang sedang dalam kondisi contra flow,” kata Agus.

Delapan unit kendaraan itu di antaranya truk pengangkut buah semangka nopol E-9872-E, Toyota Rush nopol AA-8937-PB, Daihatsu Sigra nopol A-1163-ZT, Isuzu Panther nopol AD-8906-KS, Toyota Avanza nopol H-8862-MF, Daihatsu Xenia nopol B-1124-BOU, Nissan Livina nopol B-1159-TFV, dan Toyota Avanza nopol B-1374-VI.

Peristiwa bermula saat truk E-9872-E berjalan dari arah selatan (eks Pintu Gerbang Tembalang) ke arah utara (Jatingaleh). Diduga pengemudi tidak bisa menguasai kendaraannya hingga menabrak Toyota Rush AA-8937-PB, Sigra A-1163-ZT, Isuzu Phanter AD-8906-KS yang berjalan searah di depanya.

“Kemudian menabrak Toyota Avanza H-8862-MF, Daihatsu Xenia B-1124-BOU, Nissan Livina B-1159-TFV, Toyota Avanza B-1374-VI yang berjalan dari arah utara (Jatingaleh) ke selatan (eks Gerbang Tol Tembalang) yang sedang dalam kondisi contraflow atau rekayasa lalu lintas,” jelas Agus, Rabu (5/6/2019).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang sempat menggegerkan warga tersebut. Meski demikian, lima orang menderita luka hingga harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.
Lima korban yakni pengemudi Avanza B-1374-PVI, bernama Tupa Marada Opusungu warga Medan yang menderita luka patah kaki kiri. Tiga penumpang kendaraan itu juga turut menjadi korban yakni Semangat Telaumbanua warga Sawo Nias Utara, menderita luka di pelipis. Selanjutnya Alfrid Walter Sahetapi warga Sarimau Maluku, luka dahi lebam dan Veky Bernad Tiwery warga Amantelu Ambon, luka pada di kepala belakang robek.

“Korban luka berikutnya penumpang Panther AD-8906-KS bernama Yemima Husetia, warga Plamongan Indah Semarang, luka pada tangan kanan robek. Semua korban dirawat di RS Elisabeth Semarang,” tambahnya.
Polisi yang menerima laporan kejadian itu bergegas ke lokasi untuk melakukan penanganan. Selain menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) polisi juga memknta keterangan saksi sekaligus mengumpulkan barang bukti untuk penyelidikan lebih lanjut.

Atas kejadian ini Agus meminta masyarakat untuk menyaring segala informasi yang diterima. Masyarakat diminta tidak langsung percaya pada informasi yang meluas secara liar.

“Sebelum membagikan informasi harus disaring dulu. Jika masih ragu bisa mencari informasi ke pihak yang berwenang,” pungkas Agus.

REFERENSI :
https://news.okezone.com/read/2019/06/05/512/2063961/viral-video-kecelakaan-karambol-akibat-perubahan-one-way-di-tol-pemalang-ini-faktanya
https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/4ba5090b-polisi-klarifikasi-hoaks-kecelakaan-beruntun-di-ruas-tol-semarang
https://tribratanews.jateng.polri.go.id/2019/06/05/viral-hoax-kecelakaan-karambol-karena-contra-flow-di-tol-semarang-ini-penjelasan-polda-jateng/

About Adi Syafitrah 383 Articles
noob, nerd,