[SALAH] Tolak Infrastruktur Buatan Jokowi, Dua Mobil Pendukung Prabowo Nekat Mudik Susuri Jalan Sawah

Setelah ditelusuri dan dapat dipastikan bahwa portal berita Okezone tidak pernah membuat atau menayangkan berita tersebut. Berita asli terkait foto di akun sumber adalah kecelakaan dua mobil di jalan raya Pegalongan, Purwokerto, Jawa Tengah.
Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

===============================================
Kategori : SATIRE / Konten yang Dimanipulasi
===============================================

Beredar postingan yang memuat sebuah gambar yang tampak seperti tampilan dari situs media online Okezone.com.

Dalam tangkapan layar itu, terdapat judul: “Tolak Infrastruktur Buatan Jokowi, Dua Mobil Pendukung Prabowo Nekat Mudik Susuri Jalan Sawah”.

Terlihat juga foto 2 mobil yang tampak berada di tengah sawah.

Postingan tersebut disertai narasi sebagai berikut :

1. “Judul berita ini pasti editan. Gak mungkin pendukung Prabowo susuri sawah. Wong mereka bisa terbang..”
2. “Tolak Infrastruktur Buatan Jokowi, Dua Mobil Pendukung Prabowo Nekat Mudik Susuri Jalan Sawah”

Sumber :
1. Akun instagram Denny Siregar ( instagram.com/dennysirregar/ ) – http://web.archive[dot]org/web/20190603143348/https://www.instagram.com/p/ByNQ4aelLV7/?igshid=1v7zxvzfsn7fa – Sudah disukai 19,911 kali saat tangkapan layar diambil.
2. Akun facebook Wimbo Wisnu Wibowo ( facebook.com/wimbo.wisnuwibowo ) – http://web.archive[dot]org/web/20190603143414/https://www.facebook.com/photo.php?fbid=120471082506026&set=a.103623777524090&type=3&theater – Sudah dibagikan 89 kali saat tangkapan layar diambil.

===============================================

PENJELASAN

Setelah ditelusuri dan dapat dipastikan bahwa portal berita Okezone yang resmi diluncurkan (Commercial Launch) pada 1 Maret 2007 itu tidak pernah membuat atau menayangkan berita sebagaimana seperti tangkapan layar yang diposting oleh akun sumber.

Hal tersebut dibuktikan dengan tampilan indeks berita. Bahwa, pada Minggu 2 Juni 2019, pukul 13.30 Wib, berita yang ditayangkan Okezone tidak ada sangkut pautnya tentang infrastruktur buatan Jokowi. Melainkan berita berjudul: “Apresiasi Buwas untuk Mendiang Ani Yudhoyono”. (https://news.okezone.com/indeks/2019/06/02/30)

Kejanggalan lainnya adalah, portal berita yang menjadi cikal-bakal bisnis online pertama milik PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC), sebuah perusahan media terintegrasi yang terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini belum memiliki regional Sumbar. Sementara ini, regional Sumatera yang ada baru Sumsel dan Sumut.

Sebagaimana diketahui, di era digital ini siapapun bisa dengan mudah dan sesuka hati mengubah sebuah artikel di setiap situs. Hasilnya, bukan cuma judul berita saja, seluruh isi berita hingga nama penulisnya serta foto dapat dengan mudah diganti.

Selain itu, cara ini juga dapat diterapkan pada seluruh situs, seperti e-commerce, jadi bukan cuma portal berita saja. Kebetulan, situs Okezone yang digunakan sebagai bahan untuk menyebarkan hoaks.

Caranya tanpa harus mengedit di aplikasi editing photo. Hanya, dengan mendalami penggunaan “inspect element” pada Google Chrome di komputer maupun peramban bawaan di dalam ponsel.

Jika dilihat, sepertinya seru karena dapat dengan bebas mengubah isi yang ada di situs apa pun sesuai dengan kehendak hati. Walau demikian, ada bahaya besar yang dapat timbul dari perintah sederhana yang dapat dimasukkan oleh siapapun itu.

Contoh-contoh hoaks “receh” seperti itu, juga dapat dilihat di Okezone. Dalam topik cek fakta (https://www.okezone.com/tag/cek-fakta).

Reinardo Sinaga, relawan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menyebutkan bahwa tangkapan layar yang dibagikan akun Denny Sirregar itu adalah kategori manifulated content atau disinformasi. “Dimana informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu,” ujar Edo kepada sejumlah wartawan, Senin (3/6/2019).

Edo menerangkan, bahwa mengubah judul sangat mudah sekali. Termasuk mengubah isi artikel dan foto di suatu laman website. “Itu mudah sekali. Tanpa photoshop, kita bisa edit tampilan suatu website.

Untuk mengubah judul, saya pastikan tidak lebih dari lima detik sudah bisa berubah,” bebernya.

Selain itu, kata Ketua Hoax Crisis Center (HCC) Kalbar ini, bahwa caption atau narasi dalam postingan Denny adalah satire. “Dimana tidak ada niat untuk merugikan. Hanya lucu-lucuan. Namun berpotensi untuk mengelabui,” kata Edo.

Selain itu, setelah dilakukan penelusuran terhadap foto dua mobil yang ada di postingan tersebut, ditemukan bahwa foto dua mobil tersebut adalah foto mobil yang terlibat kecelakaaan pada Januari 2019.

Kecelakaan dua mobil tersebut terjadi di Purwokerto, Jawa Tengah. Mobil Avanza yang terdorong Honda Jazz masuk ke sawah. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan yang terjadi di Jalan Raya Pegalongan, Patikraja.

Kanit Laka Satlantas Polres Banyumas Ipda Rohmat Setyadi mengatakan, kecelakaan tersebut bermula ketika mobil Jazz R 8975 TH melaju dari selatan, Rabu (23/1) sore sekitar pukul 16.30.

“Saat melaju di jalan yang lurus utara lapangan Pegalongan, mobil Jazz tiba-tiba melaju kencang. Padahal di depannya, ada Avanza nopol R 9066 MH,” ujarnya.

Lantaran terdong begitu keras dan cepat, pengemudi mobil Avanza tak dapat mengendarai dengan baik. Kebetulan, saat kejadian cuaca sedang hujan lebat dan jarak pandang berkurang.

“Akibat terdorong mobil Jazz, minibus Avanza akhirnya melaju ke arah kiri. Bahkan, mobil Avanza terus terdorong sampai masuk ke sawah di kiri jalan,” ungkapnya. Kedua kendaraan baru berhenti saat terparkir di sawah.

“Kedua pengemudi baik-baik saja,” ujarnya kepada Radar Banyumas (Jawa Pos Group).

Pengemudi Jazz bernama M Faiz Hamzah, 22, seorang mahasiswa yang tinggal di Notog, Patikraja. Sedangkan pengendar Avanza bernama Dewi Nurhayati Laila, 36, warga Bojongsari, Kembaran.

Kecelakaan ini diduga mengakibatkan kerugian materi hingga puluhan juta rupiah. Sebab kedua kendaraan mengalami kerusakan cukup parah.

“Kedua kendaraan kami evakuasi dengan bantuan mobil derek. Proses evakuasi selesai sekitar pukul 20.00 atau 3,5 jam dari waktu kejadian,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kecelakaan lalu lintas ini diduga akibat pengemudi Honda Jazz yang kurang konsentrasi akibat hujan lebat yang mengguyur. Sehingga, dia menabrak Avanza yang melaju di depannya.

“Kerugian materi ditaksir sekitar Rp 10 juta, kedua pengemudi tidak mengalami luka. Kami himbau kepada para pengguna jalan agar berhati-hati saat hujan turun, kurangi kecepatan dan nyalakan lampu utama untuk mencegah terjadinya kecelakaan,” imbuh Kanit Laka.

REFERENSI :
https://news.okezone.com/read/2019/06/03/337/2063404/diserang-hoaks-capture-gambar-berita-okezone-hasil-editan
https://news.okezone.com/nusantara
https://radarbanyumas.co.id/mobil-avanza-nyemplung-sawah/
https://www.jawapos.com/jpg-today/24/01/2019/mobil-jazz-paksa-avanza-parkir-di-tengah-sawah/
http://www.tribunnews.com/regional/2019/01/24/kisah-mobil-avanza-dan-honda-jazz-masuk-ke-sawah-berlumpur-di-banyumas

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo