[SALAH] Bos Mayapada Jadi Pembina Brimob dan TNI

Postingan yang menyebutkan Dato Sri Tahir, Chief Executive Officer (CEO) Mayapada Group menjadi pembina Brimob dan TNI kurang tepat. Informasi sebenarnya, Tahir hanya diangkat sebagai warga kehormatan Brimob pada tahun 2018 dan pernah menjadi Penasihat Panglima TNI Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Prajurit pada masa Moeldoko masih menjadi Panglima TNI, yakni tahun 2014.

=====

Kategori: False Context

=====

Sumber: Media Sosial Facebook

Perencanaannya: menggerogoti pelan tapi pasti, laksana penyakit kanker. Bos Mayapada grup, nama asli Ang Tjoen Ming,…

Người đăng: Max Kenda vào Chủ nhật, 26 tháng 5, 2019

(Arsip: https://web.archive.org/web/20190529045007/https://www.facebook.com/photo.php?fbid=2284004131659954&set=a.478901575503561&type=3)

https://www.facebook.com/groups/908512992627820/permalink/1722245731254538/

(Arsip: https://web.archive.org/web/https://www.facebook.com/groups/908512992627820/permalink/1722245731254538/)

Perencanaannya menggerogiti pelan tapi pasti, laksana penyakit kanker. Bos Mayapada grup, nama asli Ang Tjoen Ming,…

Người đăng: Insan Muslimah vào Chủ nhật, 26 tháng 5, 2019

(Arsip: https://web.archive.org/web/20190529045212/https://www.facebook.com/photo.php?fbid=853862708324548&set=a.850979485279537&type=3&theater)

=====

Narasi:

1) Perencanaannya: menggerogoti pelan tapi pasti, laksana penyakit kanker.

Bos Mayapada grup, nama asli Ang Tjoen Ming, entah mengapa bisa dikenal sebagai Dato Sri Tahir, diangkat jadi Pembina Brimob.

Dato sri Tahir ini mantunya bos besar lippo ternyata..💸💸💸💸💸

Mulai Mencengkram.

Keluarga James Riyadi dan Tahir mulai masuk pemerintahan & Polri.

ASATUNEWS – Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko (saat itu) membuat keputusan kontroversial dengan mengangkat Dato’ Sri Prof Dr Tahir, MBA sebagai Penasihat Panglima TNI. Konglomerat dan bos Bank Mayapada itu menjadi penasihat untuk membantu mengurusi kesejahteraan prajurit TNI.

(TNI sdh mulai digerecokin).

Tahir adalah adik ipar James Riady, yang disebut pihak otoritas Amerika Serikat sebagai agen Republik Rakyat Cina ketika skandal sumbangan ilegal untuk kampanye calon presiden Bill Clinton terbongkar. Ia merupakan konglomerat pendukung utama calon presiden Joko Widodo. Tahir diketahui menyumbang besar saat kampanye Pilkada Gubernur DKI 2012 dan Pemilihan Presiden 2014, Bahkan, saat Joko Widodo jadi Gubernur DKI Jakarta, pemilik jaringan Rumah Sakit Siloam itu menyumbang Rp 6 miliar.

Catatan :

sekarang jadi jelas kenapa brimob jadi sadis begitu. Orang ini ternyata jadi pembina brimob. Dan si moeldog pun gak mo ketinggalan, angkat dia jadi penasihat panglima TNI.

2) Sebenernya saya ngak mau post bginian, tp apalah daya rakyat harus tahu. • • •

Perencanaannya menggerogiti pelan tapi pasti, laksana penyakit kanker.

Bos Mayapada grup, nama asli Ang Tjoen Ming, entah mengapa bisa dikenal sebagai Dato Sri Tahir, diangkat jadi Pembina Brimob.

Dato sri Tahir ini mantunya bos besar lippo ternyata..💸💸💸💸💸Mulai Mencengkram. Keluarga James Riyadi dan Tahir mulai masuk pemerintahan & Polri.

ASATUNEWS – Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko membuat keputusan kontroversial dengan mengangkat Dato’ Sri Prof Dr Tahir, MBA sebagai Penasihat Panglima TNI. Konglomerat dan bos Bank Mayapada itu menjadi penasihat untuk membantu mengurusi kesejahteraan prajurit TNI.

(Nah skrg TNI sdh mulai digerecokin). 😏

Tahir adalah adik ipar James Riady, yang disebut pihak otoritas Amerika Serikat sebagai agen Republik Rakyat Cina ketika skandal sumbangan ilegal untuk kampanye calon presiden Bill Clinton terbongkar. Ia merupakan konglomerat pendukung utama calon presiden Joko Widodo. Tahir diketahui menyumbang besar saat kampanye Pilkada Gubernur DKI 2012 dan Pemilihan Presiden 2014, Bahkan, saat Joko Widodo jadi Gubernur DKI Jakarta, pemilik jaringan Rumah Sakit Siloam itu menyumbang Rp 6 miliar.

Note: sekarang jadi paham ane kenapa brimob jadi sadis begitu. Orang ini ternyata jadi pembina brimob loh. Dan si moeldog pun gak mo ketinggalan, sekarang angkat dia jadi penasihat panglima TNI 🤔

. #regrann

=====

Penjelasan Lengkap:

Kabar mengenai Dato Sri Tahir, Chief Executive Officer (CEO) Mayapada Group diangkat menjadi pembina Brimob beredar di media sosial. Dalam narasi yang beredar, pengangkatan itu menjadi penyebab Brimob menjadi sadis dan dikatakan pula saat ini Tahir akan diangkat menjadi penasihat Panglima TNI. Pada postingan yang beredar menyertakan pula foto Tahir mengenakan seragam Brimob.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim tersebut tidak tepat. Foto yang ada dalam postingan bukan prosesi pengangkatan Tahir menjadi Pembina Brimob. Foto tersebut merupakan memberian gelar warga kehormatan Brimob kepada Tahir dan sembilan Perwira Tinggi Polri. Berikut kutipan beritanya:

[…] Jadi Warga Kehormatan Brimob, Dato Sri Tahir Terus Bantu Polri

Depok – Pengusaha dan pendiri Mayapada Group Dato Sri Tahir mendapat anugerah menjadi warga kehormatan Korps Brimob Polri. Penganugerahan diberikan Komandan Korps Brimob Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Rudy Sufahriadi di Lapangan Mako Brimob, Kelapa Dua, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (12/11).

Saat memberikan sambutan, Dato Sri Tahir mengatakan anugerah dari Korps Brimob tidak sebanding dengan apa yang telah diberikan Indonesia kepada dirinya, yakni mendapat kesempatan untuk berusaha dan mendapatkan perlindungan.

“Sudah waktunya saya memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Saya berusaha membantu para personel Kepolisian yang tertimpa musibah. Misalnya ada yang meninggal, saya berikan rumah untuk kurangi beban penderitaan keluarga yang ditinggalkan,” katanya.

Tahir mengaku telah berkomunikasi dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mendata aparat Kepolisian yang menjadi korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. Aparat yang menjadi korban akan menerima bantuan. Penyerahan bantuan bisa dilakukan di Palu atau Jakarta.

“Terakhir didata ada 13 orang yang menjadi korban. Saya dengan sukacita membantu. Ini bukan beban. Semua yang saya terima dari negeri ini sudah sangat banyak dan apa yang telah saya lakukan belumlah sepadan dengan apa yang telah negeri ini berikan kepada saya,” tutur Tahir.

Sejak kecil, Tahir sudah terbiasa dekat dengan para personel Brimob. “Waktu usia 16 tahun saya sering main bersama anak anak Menpor (Resimen Pelopor, sekarang Brimob, Red). Sekarang 50 tahun kemudian saya dapat anugerah warga kehormatan. Ini bukan akhir dari pengabdian saya. Anugerah ini merupakan tanggungj awab dan saya tetap akan terus mengabdi,” tutur Tahir.

Sementara itu, Irjen Rudy Sufahriadi menuturkan pihaknya memberi anugerah warga kehormatan kepada Dato Sri Tahir karena dedikasinya dan kerja sama, serta kepedulian kepada Korps Brimob. “Bapak Dato Sri Tahir ini sejak muda sudah dekat dengan Korps Brimob. Kerap kali memberikan bantuan rumah bagi anggota Brimob yang gugur saat bertugas. Sumbangsih seperti ini yang kami perlukan bagi pengembangan Korps Brimob,” ujarnya.

Penganugerahan ini juga bertujuan untuk membangun semangat jiwa korsa antar warga Korps Brimob dengan masyarakat luas, sehingga akan menumbuhkan semangat yang kokoh dan solid.

“Kami sadar masalah semakin kompleks dan untuk itu kami membutuhkan dukungan semua lapisan masyarakat. Semoga ke depan kami semakin profesional dan terpercaya,” kata Rudy.

Selain Tahir, anugerah warga kehormatan juga diberikan kepada Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri Irjen (Pol) Eko Indra Heri, Asisten Perencanaan (Asrena) Kapolri Irjen (Pol) Gatot Eddy Pramono, Asisten Logistik Kapolri Irjen (Pol) Asep Suhendar, Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Idham Aziz, Kepala Biro Kebijakan Strategis pada Deputi Perencanaan Anggaran Kapolro Brigjen (Pol) Eko Budi Sampurno, Kepala Biro Kelembagaan Tata Laksana Staf Perencanaan Umum dan Anggaran (Karolemtala) Polri Brigjen (Pol) Sjamsul Sidiq, Karo Bekum Slog Polri Brigjen (Pol) Sadono Budi Nugroho, Karo Faskon Slog Polri Brigjen (Pol) Alfons Toluhula, dan Karojemengar Srena Polri Kombes (Pol) Iswahyudi. […]

Lalu, perihal Tahir akan diangkat menjadi Penasihat Panglima TNI juga tidak tepat. Sebab, Tahir sudah pernah diangkat menjadi Penasihat Panglima TNI pada tahun 2014, yakni ketika Moeldoko masih menjadi Panglima TNI. Adapun, Tahir menjadi Penasihat Panglima TNI Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Prajurit.

Tugasnya sebagai Penasihat TNI kala itu ialah memberikan bantuan pembangunan 1000 rumah bagi prajurit TNI di Jakarta. Berikut kutipan berita lengkapnya:

[…] Panglima TNI Angkat Konglomerat Tahir Jadi Penasihat

Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko mengangkat Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir MBA sebagai penasihat. Konglomerat dan bos Bank Mayapada itu menjadi penasihat untuk membantu mengurusi kesejahteraan prajurit TNI.

Upacara pengangkatan Tahir sebagai Penasehat Panglima TNI Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Prajurit itu dilakukan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (18/9/2014) pagi. Moeldoko dan para petinggi TNI hadir di lokasi.

“Saya mengucapkan selamat kepada Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir MBA atas pengangkatannya selaku Penasihat Panglima TNI Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Prajurit,” kata Moeldoko dalam pidatonya.

Kata Moeldoko, Tahir selama ini telah banyak memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan prajurit TNI. Bahkan Tahir akan memberikan bantuan 1.000 unit rumah untuk prajurit di Jakarta.

“Beliau (Tahir) akan memberikan bantuan untuk pembangunan 1.000 rumah yang knock down untuk prajurit yang nilainya cukup besar,” imbuh Moeldoko.

Moeldoko berkata, tugas pokok Panglima TNI ada 2. Pertama, menyiapkan prajurit TNI agar siap perang. Kedua memelihara kesejahteraan prajurit. Alasan kedua itulah yang membuat dirinya mengangkat Tahir.

“Untuk itulah Panglima TNI mengangkat Bapak Tahir untuk bisa membantu tugas Panglima TNI di bidang kesejahteraan. Dengan kehadiran Pak Tahir ini, Panglima TNI semakin ringan dalam memikirkan kesejahteraan prajurit,” ucap Moeldoko. […]

Dari hasil penelusuran itu, maka dapat dikatakan bahwa isu Dato Sri Tahir menjadi Pembina Brimob dan akan menjadi Penasihat Panglima TNI tidak tepat. Sebab, Tahir hanya diberikan gelar warga kehormatan Brimob dan ia pun sudah pernah menjadi Penasihat Panglima TNI pada tahun 2014 (bukan akan diangkat). Dengan demikian, isu tersebut masuk kategori false context.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/902264106772792/

https://cekfakta.tempo.co/fakta/301/fakta-atau-hoaks-benarkah-moeldoko-mengangkat-bos-mayapada-sebagai-penasehat-panglima-tni

https://beritasidrap.com/disinformasi-bos-mayapada-jadi-pembina-brimob

https://www.beritasatu.com/nasional/522047/jadi-warga-kehormatan-brimob-dato-sri-tahir-terus-bantu-polri

https://nasional.kompas.com/read/2018/11/12/16074821/alasan-brimob-anugerahi-warga-kehormatan-untuk-dato-sri-tahir-dan-9-pati?page=all

https://nasional.tempo.co/read/608992/jadi-penasihat-moeldoko-tahir-tidak-luar-biasa

https://news.detik.com/berita/2693684/panglima-tni-angkat-konglomerat-tahir-jadi-penasihat