[SALAH] Foto Pose Panglima TNI & Kapolri Bersama Koalisi 01

Foto tersebut adalah foto ketika Panglima TNI dan Kapolri bersama pejabat negara meninjau Pos Polisi Cikopo, Purwakarta, Minggu 10 Juni 2018. Sementara pengundian nomor urut baru untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden baru dilakukan pada bulan September 2018. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : DISINFORMASI / Konten yang Salah
=============================================

Beredar foto yang menampilkan Menko PMK Puan Maharani yang sedang berswafoto dengan Pangliman TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua DPR Bambang Soesatyo dan beberapa orang yang diklaim sebagai “Pose Panglima TNI & Kapolri Bersama Koalisi 01”

Salah satu sumber yang membagikan foto dengan klaim tersebut adalah situs portal-islam[dot]id, yang tautan artikelnya sempat dibagikan oleh akun twitter @mas_piyuuu, namun saat ini baik artikel maupun tweet tersebut sudah tidak bisa diakses.

Sumber lain adalah akun Billy Rozy Back Reborn V ( facebook.com/billy.v.98 ) dengan menuliskan narasi :
“Wayahe
Wayahe….
Haha asekkkk GoyangJEMPOL NETRALITAS APARAT PeA”

Sumber : http://archive.fo/Sjcse – Sudah dibagikan 799 kali saat tangkapan layar diambil.

Sumber lain:
http://archive.fo/2JOza – Akun twitter @kospirasiglobal
http://archive.fo/Gc3gE

===============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelurusan, foto tersebut ternyata sudah ada sejak tahun 2018. Tepatnya ketika Panglima TNI dan Kapolri bersama pejabat negara meninjau Pos Polisi Cikopo, Purwakarta, Minggu 10 Juni 2018.

Ikut dalam rombongan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menpupera Basuki Hadimuljono, Menkes Nila F Moeloek, Menko PMK Puan Maharani hingga Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Salah satu media yang memuat foto tersebut adalah detik.com yang menampilakn foto tersebut di berita dengan judul: “Laporan Jalur Mudik Ketua DPR dan Usul Jalan Tol ‘Joko Widodo'” yang diunggah pada Rabu 13 Juni 2018, 11:22 WIB

Mereka bertolak dari Jakarta, Minggu (10/6/2018) sekitar pukul 08.00 WIB, lalu melaksanakan pemantauan dari udara menggunakan helikopter.
Total ada empat helikopter yang digunakan. Titik pertama yang dikunjungi, Pos Polisi Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat. Di sana rombongan meninjau dan menerima paparan dari Kapolda Jawa Barat terkait pantauan arus mudik di wilayah Jawa Barat. Rombongan kemudian berlanjut ke titik kedua, yaitu Gerbang Tol Kertasari.
Di sana, rombongan kembali melakukan meninjau serta menerima paparan dari Kapolda Jawa Tengah terkait pantauan arus mudik di wilayah Jawa Tengah.
Lalu, titik terakhir yang dikunjungi adalah di rest area 575 Ngawi, Jawa Timur.

Sementara itu, pengundian no urut untuk pasangan capres dan cawapres Pilpres 2019 sendiri baru dilakukan pada bulan September 2018. Tepatnya tanggal 21 September 2018

Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendapat nomor urut 1 dan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat nomor urut 2, berdasarkan hasil pengundian nomor urut calon presiden-calon wakil presiden yang dilakukan di Kantor KPU RI.

REFERENSI :
https://news.detik.com/berita/d-4067057/laporan-jalur-mudik-ketua-dpr-dan-usul-jalan-tol-joko-widodo
https://www.merdeka.com/peristiwa/kapolri-dan-rombongan-pantau-arus-mudik-di-cikopo.html
https://nasional.kompas.com/read/2018/06/11/15213961/menhub-arus-mudik-lebaran-tahun-ini-berjalan-lancar
https://www.kompas.tv/article/32850/jokowi-ma-ruf-nomor-urut-1-prabowo-sandiaga-nomor-urut-2