[SALAH] Mayat Wanita di Underpass Cawang Korban Perkosaan Transportasi Online

Made with Square InstaPic

Debunk ini berisi penjelasan terkait informasi adanya sesosok mayat wanita di underpass Cawang yang merupakan korban pemerkosaan transportasi online. Setelah ditelusuri kejadian sebenarnya berada di underpass Ngurah Rai Bali. Mayat yang ditemukan merupakan korban kecelakaan dan bukan perempuan. Korban adalah laki-laki bernama Marrio Jerry Loba (23) asal Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

Vrigi Forgotten (https://www.facebook.com/virgi.gothicblackmetal/videos/2285597044994070/)

Chin Chintia (https://www.facebook.com/shinta.chin.9/videos/3194603810565701/)

Ade Maulana Setiawan
(https://www.facebook.com/ade.m.setiawan.10/videos/2337225429933749/)

======

[NARASI]:

Ati2 yah yg naek Grab/ Gojek, Taxi Online dll…terutama Cewek. Hbis di perkosa, dibunuh di buang di underpass Cawang. Sekarang di tokopedia dan bukalapak semua ada jual id driver grab dan gojek .. Semua bisa dibeli atas nama org lain. Kalau di buat kejahatan akan bahaya, so jangan pernah tolerir kalo ada driver yg bilang maaf mobilnya beda. Karena menurut kebijakan dari perusahaan grab sendiri tidak bertanggung jawab atas identitas yg berbeda. Lebih baik di cancel juga orgnya gak sama
Ini udah banyak kejadian, jgn dianggap remeh.

======

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah video ditemukannya sesosok mayat wanita tanpa busana di undepass Cawang yang merupakan korban pemerkosaan oleh driver transportasi online.

Dalam informasi palsu tersebut menyebut agar para penumpang Grab/Gojek agar berhati-hati karena akun-akun driver dijual bebas dibeberapa situs belanja online.

Faktanya, setelah dilakukan penelusuran dilansir dari beberapa referensi, Polisi menyatakan, video yang menarasikan ada perempuan korban pemerkosaan ditemukan di Underpass Cawang, Jakarta Timur, merupakan kabar bohong atau hoaks. Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Ady Wibowo memastikan, video yang beredar itu diambil pada sebuah peristiwa kecelakaan di Bali.

aktanya, setelah dilakukan penelusuran dilansir dari beberapa referensi, Polisi menyatakan, video yang menarasikan ada perempuan korban pemerkosaan ditemukan di Underpass Cawang, Jakarta Timur, merupakan kabar bohong atau hoaks. Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Ady Wibowo memastikan, video yang beredar itu diambil pada sebuah peristiwa kecelakaan di Bali.

Selain itu, korban merupakan seorang laki-laki dan bukan perempuan seperti pada informasi yang beredar. Pria yang meninggal diketahui bernama Marrio Jerry Loba (23) asal Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Saat ditemukan korban dalam kondisi telungkup setengah telanjang dengan memakai baju singlet dan jaket warna hitam.

Berdasarkan keterangan saksi di lapangan korban terseret mobil pick up dari arah selatan underpass dan kondisi saat itu tengah hujan, mobil pick up itu pun langsung kabur dan Sepeda motor korban ditemukan tidak jauh dari lokasi ditemukannya korban

[KESIMPULAN]:

Klaim bahwa ditemukan sesosok mayat wanita yang merupakan korban perkosaan oleh driver transportasi online di underpass Cawang adalah tidak benar.

Faktanya, video itu merupakan korban kecelakaan di underpass Ngurah Rai Bali dan merupakan seorag laki-laki bukan wanita.

======

REFERENSI:

https://megapolitan.kompas.com/read/2019/05/15/15425681/hoaks-video-tentang-wanita-korban-perkosaan-di-underpass-cawang

http://bogor.tribunnews.com/2019/05/12/viral-video-jasad-di-underpass-ternyata-bukan-perempuan-lokasinya-bukan-di-underpass-pramuka

https://news.detik.com/berita/d-4542642/mayat-pria-ditemukan-di-underpass-ngurah-rai-bali