[SALAH] AM Hendropriyono Dirawat di Singapur

Peristiwa dilarikannya AM Hendropriyono, Mantan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN), ke RSPAD Gatot Subroto terjadi pada bulan September 2014, bukan baru saja terjadi. Ia dilarikan ke RSPAD saat itu lantaran terjadi pembengkakan pada bekas operasi tulang belakangnya sebelumnya di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura. Jadi, kejadiannya sudah lama.

=====

Kategori: False Connection

=====

Sumber: Pertanyaan Anggota FAFHH (Choirul Anwar) dan Media Sosial Facebook

MUBAHALAH HABIB RS MANJUR !!AM HENDROPRIYONO ATIT !!KINI DIRAWAT DI SINGAPORE.OPERASI TULANG BELAKANG YG TAK KUNJUNG SEMBUH.

Người đăng: Suro Menggolo vào Thứ Hai, 13 tháng 5, 2019

https://l.facebook.com/l.php?u=https%3A%2F%2Fweb.archive.org%2Fweb%2F20190515060319%2Fhttps%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fkisuro.menggolo.988%2Fposts%2F126480825207327&h=AT19kPVlKPqaNfeJg0DGuZ8GWf_objnOFybgavjd5xpBydfmIx5JmWsvCB-irMp4wEVABfghez4HSLYG8vrT6juYd8BgE6JnzML1k6vgjMogpvL5PE62XhLTgB0gHgLLpPqwF72eP7eM_d9oSj8

KESEHATAN HENDROPRIYONO SEMAKIN KRITIS"1. Breaking News !!Informasi : kesehatan Jend Purn. AM Hendropriyono kembali…

Người đăng: Pejuang NU Garis lurus vào Thứ Bảy, 11 tháng 5, 2019

https://l.facebook.com/l.php?u=https%3A%2F%2Fweb.archive.org%2Fweb%2F20190515061047%2Fhttps%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fgenerasinugarislurus%2Fphotos%2Fa.2485432751684230%2F2546201972273974%2F%3Ftype%3D3%26theater&h=AT3p00BrGHouRHkuyTnwwOjRo_fuYXOIo-97_w2FUQXDN8nFjKDX62ywlilBCFl6OGvAPHhWVgmXfr7OKmPLfsnOSZVyOJlI9OmaRMXqHewX5sF_Rse6v5AhuilXCkW6OHlphcOG9m_ZiZUhhmE

=====

Narasi:

1) MUBAHALAH HABIB RS MANJUR !!
AM HENDROPRIYONO ATIT !!
KINI DIRAWAT DI SINGAPORE.
OPERASI TULANG BELAKANG YG TAK KUNJUNG SEMBUH.

2) KESEHATAN HENDROPRIYONO SEMAKIN KRITIS”

1. Breaking News !!

Informasi : kesehatan Jend Purn. AM Hendropriyono kembali terganggu, beliau terpaksa diterbangkan ke Singapore

2. Tindakan medis utk atasi gangguan pasca operasi di RS Singapore yg ditangani di RSPAD dua hari lalu, tdk berhasil menghilangkan gangguan

3. AM Hendropriyono mengidap HNP (herniated Nucleus Pulposus) atau biasa disebut nyeri tulang belakang.

4. Biasanya HNP ini dapat disembuhkan tanpa operasi. Namun, kalau sdh berat/parah terpaksa hrs dioperasi. AMHP di Spore 2 mggu lalu ops HNP

5. Pasca operasi HNP di RS Spore, AMHP sdh dinyatakan cukup sembuh, pulang ke jakarta. Lalu sakit lagi, dan dirawat di RSAP lt 7 Fav Kartika

6. Kemarin AMHP sdh keluar dari RSPAD krna dinilai sdh sembuh. Namun, tadi malam kambuh lagi dan tadi pagi AMHP diterbangkan ke RS Spore

=====

Penjelasan Lengkap:

Postingan tentang AM Hendropriyono, Mantan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) dilarikan ke rumah sakit lantaran penyakit punggungnya. Ada dua narasi yang beredar disertai dua foto yang berbeda pula. Pada postingan pertama, dikatakan bahwa Hendropriyono masuk rumah sakit lantaran “Mubahalah” dari Habib RS (dugaan singkatan dari Rizieq Shihab) dan disertai fotonya terbaring di rumah sakit. Pada postingan kedua, berisikan kronologis masuknya Hendropriyono ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto dan disertai foto Dr Terawan Agus Putranto.

Dari hasil penelusuran, kabar mengenai sakitnya Hendropriyono merupakan peristiwa yang sudah lama. Pada tahun 2014, tepatnya di bulan September, Hendropriyono pernah dilarikan ke RSPAD Gatot Subroto lantaran terjadi pembengkakan bekas operasi tulang punggungnya. Berikut kutipan pemberitaannya:

[….] Bengkak Habis Operasi, Hendropriyono Membaik

TEMPO.CO, Jakarta – Kondisi kesehatan Abdullah Makhmud Hendropriyono dikabarkan mulai membaik, meskipun belum sepenuhnya normal. Mantan Kepala Badan Intelijen Negara kelahiran Yogyakarta, 7 Mei 1945, itu mulai dirawat di RSPAD sejak tiga hari lalu karena mengalami pembengkakan di sekitar tulang belakangnya.

“Tiga hari yang lalu memang terjadi pembengkakan, sehingga harus dibawa ke RSPAD Gatot Subroto,” ujar menantu Hendro, Andika Perkasa, yang dihubungi via telepon, Ahad, 21 September 2014.

Menurut Andika, yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI AD berpangkat brigadir jenderal, kondisi fisik Hendro memang belum sepenuhnya pulih setelah dua minggu lalu menjalani operasi tulang belakang di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura. “Dia terlalu banyak bergerak,” ujarnya. (Baca: Jokowi Ramai Dikecam karena Pilih Hendro)

Andika tak tahu persis aktivitas Hendropriyono sepulang dari Singapura sehingga mengalami pembengkakan. “Kurang tahu aktivitasnya apa,” katanya. Namun Andika mengatakan tidak perlu ada kekhawatiran berlebih ihwal penyakit Hendropriyono. “Tapi belum pada kondisi yang normal juga.”

Saat ini, ujar Andika, pembengkakan tulang belakang sudah mulai mengempis. “Membaik kondisinya,” katanya. Dengan demikian, kata Andika, mulai Ahad ini, Hendropriyono sudah bisa pulang ke kediamannya. “Hari ini sudah mulai siap-siap pulang.”

Hendropriyono, yang kini menjadi anggota Dewan Penasihat Tim Transisi Jokowi-JK, banyak disebut masuk bursa calon menteri. Kabar lain menyebutkan ia menyodorkan nama untuk menempati posisi Kepala BIN dan bersaing dengan tokoh lain yang juga menyorongkan nama, yakni Jenderal (Purnawirawan) Luhut Binsar Panjaitan. Hendro selama ini dikenal sebagai tokoh yang dekat dengan Megawati Soekarnoputri. Adapun Luhut dikenal dekat sejak lama dengan Joko Widodo. […]

Selain berita itu, ada lagi berita lainnya yang mengabarkan tentang Hendropriyono yang sempat dirawat di RSPAD Gatot Subroto. Berikut kutipan beritanya:

[…] Tiga Hari di RSPAD, Hendropriyono Mulai Pulih

TEMPO.CO, Jakarta – Kondisi kesehatan anggota Dewan Penasihat Tim Transisi Jokowi-JK, Abdullah Makhmud Hendropriyono, dipastikan mulai sehat. “Sekarang sudah pulih di rumah,” ujar Diaz Hendropriyono, salah satu putra mantan Kepala Badan Intelijen Negara ini kepada Tempo, di rumah Tim Transisi Jokowi-JK, Menteng, Senin, 22 September 2014.

Menurut Dias, sejak awal bulan ini kondisi jenderal kelahiran Yogyakarta, 7 Mei 1945, itu menurun drastis akibat padatnya kegiatan yang dilakoninya selaku penasihat presiden terpilih Jokowi. Akibatnya, Hendro mengalami pembengkakan di sekitar pinggang yang mengharuskannya dirawat di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura.

Sepulang dari operasi di Singapura, pembengkakan kembali terjadi sehingga ia terpaksa dibawa ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta. “Sekarang kondisinya lebih baik,” katanya. “Hanya tiga hari di RSPAD.” (Baca: Bengkak Habis Operasi, Hendropriyono Membaik)

Saat ini Hendro lebih banyak menghabiskan waktu di rumah untuk pemulihan kesehatan secara total. “Bapak sudah kembali sehat. Kondisinya sudah jauh lebih baik,” ujar Diaz, yang ikut memantau keseharian ayahnya. (Baca: Ditolak dalam Tim Transisi, Hendropriyono Santai)

Sambil memulihkan kondisinya, Diaz menegaskan, Hendro terus memantau perkembangan dan siap menjalani sejumlah aktivitasnya sebagai penasihat Tim Transisi Jokowi-JK. […]

Selain itu, Hendropriyono juga sempat memberikan pernyataan pada bulan Oktober 2014 tentang sakitnya dirinya. Berikut kutipan beritanya:

[…] Hendropriyono Terharu Ditawari Bantuan Jokowi untuk Pengobatan

Jakarta –
Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Hendropriyono mengaku tengah sakit. Dia baru saja menjalani operasi. Saat bertemu Presiden Jokowi, Hendro pun sempat ditawari bantuan pengobatan.

“Beliau menanyakan kesehatan saya, karena saya kan baru dioperasi tulang punggung dan kebetulan ada kelainan, bekas infensi, padahal saya nggak bisa terima antibiotik, setiap antibiotik, membuat saya alergi,” kata Hendro usai bertemu Jokowi, Selasa (21/10/2014).

Jokowi dalam pertemuan itu menanyakan kesehatan Hendro. Jokowi juga menawarkan bantuan. “Jadi karena itu beliau tanya apa yang bisa dibantu untuk kesehatan, saya sangat terharu, beliau sangat baik,” imbuh Hendro yang lahir pada tahun 1945 ini.

Hendro menegaskan, dirinya kini tengah menjalani pengobatan yang dilakukan di Indonesia. “Dan saya kira saya akan bertahan di Indonesia, mudah-mudahan saya bisa cepat sembuh, saya minta doa kalian semua,” tutup Hendro. […]

Berdasarkan hasil penelusuran itu, maka dapat dikatakan bahwa AM Hendropriyono memang pernah dilarikan ke RSPAD Gatot Subroto, namun peristiwa itu terjadi tahun 2014, bukan terjadi sekarang atau di tahun 2019. Oleh sebab itu, postingan yang menyatakan Hendropriyono dilarikan ke RSPAD Gatot Subroto itu masuk kategori False Connection atau koneksi yang salah.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/892693277729875/

https://nasional.tempo.co/read/608530/bengkak-habis-operasi-hendropriyono-membaik

https://nasional.tempo.co/read/608757/tiga-hari-di-rspad-hendropriyono-mulai-pulih

https://news.detik.com/berita/2725693/hendropriyono-terharu-ditawari-bantuan-jokowi-untuk-pengobatan?n991104466