[SALAH] Saksi Prabowo-Sandi di PPK Amalatu Mati Ditebas Lehernya Sampai Putus

Informasi yang menyebutkan seorang saksi dari Prabowo-Sandi di PPK Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dibacok hingga lehernya putus merupakan informasi yang tidak benar. Informasi sebenarnya ialah korban meninggal yang dibacok tersebut bernama Syamsul Lussy (38) dari Desa Hualoy dan lehernya tidak sampai putus. Adapun, penyebab terbacoknya Syamsul lantaran adanya konflik antara Desa Latu dan Hualoy sejak Februari 2019 dan hingga kini penyebab utamanya belum diketahui oleh pihak-pihak terkait. Selain itu, foto yang digunakan dalam postingan sumber yang berisikan ucapan bela sungkawa kepada Bang Obing, dikaitkan sebagai sosok korban, juga tidak benar. Sebab, sosok Bang Obing bukanlah warga Maluku, melainkan warga DKI Jakarta. Peristiwa meninggalnya Syamsul tidak terkait Pemilu 2019, melainkan konflik antar Desa Latu dengan Desa Hualoy.

=====

Kategori: False Connection

=====

Sumber: Media Sosial Facebook

https://www.facebook.com/dewi.arimbi.52090008/posts/425764021568806

https://web.archive.org/save/https://www.facebook.com/gusnajihf2/posts/2366413740088150 https://web.archive.org/save/https://www.facebook.com/cheppyienk/posts/2504248816265356

https://web.archive.org/save/https://www.facebook.com/indra.siregar.3150/posts/304925050427755

=====

Narasi:

1) innalillahi wa inna ilaihi Roji’un…

Telah meninggal dunia saudara kita Ade Samsul Hehanussa SAKSI PAS di PPK AMALATU, MALUKU

Tadi teman, saudara kita SAKSI PAS MATI DIBUNUH DI LATU SORE JAM 16.00 WIT.

Lehernya beliau di tebas hingga putus ….

Kejam sekali pelakunya.. 😡😈👹

😭😭

2) Satu lagi Berita duka Yg Menyedihkan….

Innalillahi wa inna ilaihi Roji’un…

Telah meninggal dunia saudara kita Ade Samsul Hehanussa SAKSI PAS di PPK AMALATU, MALUKU

Kemarin teman, saudara kita SAKSI PAS MENINGGAL DIBUNUH DI LATU SORE JAM 16.00 WIT.

Lehernya beliau di tebas hingga putus ….

Kejam sekali pelakunya.. 😡😈👹

😭😭

Alfatihah….

3) Innalillahi wa inna ilaihi Rooji’uun.

Telah meninggal dunia saudara kita Ade Samsul Hehanussa, saksi 02 di PPK Amalatu, Maluku.

Beliau dibunuh di Latu kemarin sore pukul 16.00 WIT.

Leher beliau ditebas pakai parang hingga putus. Keji dan biadab sekali pelakunya.

Ada apa dengan negeri ini ?

Demi suatu ambisi, nyawa rakyat diremehkan dan dianggap murah.

.

.

#peoplepower

#indonesiafraudelection

4) 👆

_*innalillahi wa inna ilaihi Roji’un…*

Telah meninggal dunia saudara kita Ade Samsul Hehanussa SAKSI PAS di PPK AMALATU, MALUKU

Tadi teman, saudara kita SAKSI PAS MATI DIBUNUH DI LATU SORE JAM 16.00 WIT, 4/5/2019

Leher beliau di tebas hingga putus

Kejam sekali pelakunya..😡

😭😭

sumber: @MPI33704155

=====

Penjelasan Lengkap:

Sebuah postingan berisikan informasi telah meninggal Saksi dari Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno, bernama Ade Samsul Hehanussa, di PPK Amalatu, Maluku. Disebutkan, korban meninggal itu dibacok orang yang tidak dikenal hingga lehernya putus saat mengerjakan tugasnya sebagai saksi dari Paslon Prabowo-Sandi. Selain itu, pada beberapa sumber terdapat gambar tangkapan layar lain ucapan bela sungkawa kepada korban dengan nama panggilan lain Bang Obing.

Setelah dilakukan penelusuran, diketahui bahwa korban pembacokan di Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) bukanlah Ade Samsul Hehanussa. Adapun, nama korban yang sebenarnya ialah Syamsul Lussy (38). Adapun, menurut keterangan pihak kepolisian setempat, korban meninggal lantaran sejumlah luka di tubuhnya.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat menjelaskan kronologis kasus penganiayaan hingga korban meninggal dunia. Ohoirat mengatakan awalnya korban bersama keluarga menumpangi speedboat dari Lastetu Negeri Kamariang menuju Hualoy. Mereka harus menggunakan speedboat ke Hualoy karena tidak bisa lewat jalur darat  menyusul ketegangan warga Hualoy dan Latu sejak Januari 2019.

Namun dalam perjalanan speedboat yang ditumpangi korban dan keluarganya macet, mengalami gangguan dan terdampar hingga perairan hutan Latu. Massa mendatangi korban dan menganiayanya hingga tewas. Penganiayaan itu disaksikan istri dan anak-anak korban.

“Ketika mendapat kabar ada speedboat terdampar. Dan saat personel TNI-Polri tiba di lokasi, korban sudah dibacok. Untuk situasi keamanan sudah dikerahkan personel Polres dan Brimob ke TKP untuk melakukan pengamanan,” tandas Ohoirat.

Penulusuran selanjutnya terkait foto tangkapan layar ucapan bela sungkawa kepada sosok bernama Bang Obing. Diketahui, melalui penelusuran media sosial, sosok Bang Obing bukanlah Ade Samsul Hehanussa dan juga bukan warga Kecamatan Amalatu, Kabupaten SBB, Maluku.

Adapun, sosok bernama Bang Obing memiliki nama asli Moh Sobir dan beliau merupakan warga Kemayoran, Jakarta Pusat. Menurut beberapa akun media sosial Facebook koleganya, Bang Obing meninggal lantaran sakit dan sempat dirawat di RS Hermina.

Dengan demikian, konteks sosok Bang Obing dikatakan sebagai Ade Samsul Hehanussa tidak tepat. Selain itu, korban pembacokan di Kecamatan Amalatu, Kabupaten SBB, Maluku yang sebenarnya bernama Syamsul Lussy, bukan Ade Samsul Hehanussa. Meninggalnya Syamsul tidak terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2019, melainkan terkait konflik antara warga di Desa Latu dengan Desa Hualoy di Kecamatan Amalatu, Kabupaten SBB. Maka dari itu, informasi yang tersebar di media sosial itu masuk kategori false connection.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/886613215004548/

Tanggal 14 April 2019 menjadi kenangan terakhir photo bareng Almarhum Bang Obing di Masjid Akbar Kemayoran.Semoga…

Người đăng: Davi Kemayoran vào Thứ Bảy, 4 tháng 5, 2019

https://www.facebook.com/msobir1

Innalillahi wa inna ilaihi rajiunHari ini teman relawan pilgub DKI dan sedang mjd anggota KPPS pemilu 2019 pun…

Người đăng: Diah Pratiwi vào Thứ Bảy, 4 tháng 5, 2019

Innalillahi WA innalillahi rojiun telah berpulang kerahmatullah bang sobir ( bang obing) pada hari ini dirumah sakit…

Người đăng: Adhe Shedenk vào Thứ Sáu, 3 tháng 5, 2019