[BENAR] Klarifikasi Putra Aji Adhari, Anak Kelas ll MTS yang “Bobol” Situs KPU Pemilu 2019

Melalui akun instagramnya, Putra Aji Adhari menyatakan bahwa dia tidak melakukan “Penetrasi Testing” pada situs pemilu2019.kpu.go.id dan tidak melakukan peretasan terhadap situs ppid.kpu.go.id pada tahun 2017 , melainkan dia menemukan suatu celah atau bug yang berbahaya pada situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id pada 19 Januari 2019 dan temuan tersebut sudah ia laporkan ke BSSN. Peretasan terhadap situs PPID KPU sendiri dilaporkan terjadi pada tahun 2016 dan 2018. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFENSI

BACA sampai SELESAI dan sikapi dengan bijaksana

=========================================
Kategori : KLARIFIKASI
=========================================

Komisi Pemilihan Umum melalui akun instagram terverifikasi lembaga tersebut memposting sebuah gambar yang diberi narasi sebagai berikut :
“Anak Kelas ll MTS Bobol Situs KPU Pemilu 2019, HOAX! Hati-hati #HoaxPemilu karena #FaktaPemilu kejadian tersebut tahun 2017, web yang dimasukinya adalah ppid.kpu.go.id, bukan web Pemilu 2019. #KPUMelayani”

Sumber: Akun instagram KPU RI ( instagram.com/kpu_ri/ ) – https://www.instagram.com/p/Bw_kUv5BK2y/

==========================================

PENJELASAN

Melalu akun instagramnya, Putra Aji Adhari memberikan klarifikasi terhadap apa yang ditulis oleh akun @kpu_ri tersebut.

Putra menyatakan bahwa dia tidak pernah melakukan “penetrasi testing” terhadap situs pemilu2019.kpu.go.id dan peretasan terhadap situs ppid.kpu.go.id pada tahun 2017.

Putra juga menuliskan bahwa pada 19 Januari 2019 dia telah menemukan suatu celah atau bug yang berbahaya pada situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id dan pada tanggal 21 januari 2019, temuan itu sudah ia laporkan ke Badan Siber dan Sandi Negara dan laporan tersebut sudah diterima oleh BSSN lalu Putra diberi penghargaan berupa sertifikat sebagai tanda apresiasi oleh BSSN.

Putra sendiri adalah siswa kelas 2 MTS yang beberapa saat lalu viral karena diklaim mampu meretas situs NASA dan KPU.

Sementara itu, berdasarkan hasil penelurusan, situs Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) KPU sendiri dilaporkan diretas pada tahun 2016 dan 2018 dan tidak ditemukan berita terkait tindakan peretasan pada tahun 2017.

Senin, 17 Oktober 2016, salah satu bagian website dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia kena retas hacker lokal. Situs yang diretas adalah bagian pengunggahan data dari situs PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) KPU. Saat tim merdeka.com mencoba mengakses alamat ppid.kpu.go.id/upload/file/, terlihat bila laman situs tadi suda di-deface alias dirubah tampilannya.

Kamis, 28 Juni 2018, situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat diretas (hack). Namun sebetulnya tak semua laman KPU Jabar tersebut diretas. Situs yang diretas beralamat di http://ppid.kpu.go.id. Itu merupakan bagian dari situs KPU Jabar. Laman PPID yang di-hack itu di bagian Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

REFERENSI :
https://www.instagram.com/p/Bw_rR9rgv10/
https://www.putraadhari.com/index.php
https://www.youtube.com/watch?v=XuwIq_aUMt4
https://www.merdeka.com/teknologi/hacker-indonesia-sentil-situs-kpu-tulis-kritikan-menyentuh.html
https://news.detik.com/berita/d-4087843/situs-kpu-jabar-di-hack-muncul-lagu-via-vallen