[SALAH] Kegiatan Sujud Syukur Kemenangan Prabowo – Sandi yang Diselenggarakan PA 212 Batal karena Ada Apel Siaga TNI – Polri di Monas

Cuitan akun Twitter Nixon Parapat atau @Parapat_Nixon pada Jumat (19/4) yang isinya menghubungkan berita batalnya kegiatan Sujud Sukur Kemenangan Prabowo – Sandi di Monas yang diselenggarakan oleh PA 212 dengan video Apel Siaga TNI – Polri adalah tidak benar adanya atau keliru.

Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Ma’arif, mengatakan bahwa acara Sujud Sukur Kemenangan dibatalkan dengan salah satu pertimbangannya yakni bertepatan dengan perayaan hari besar Paskah. Sementara Kapendam Jaya, Letkol Kristomei Sianturi yang juga mengetahui video Apel Siaga TNI – Polri tengah kembali beredar di media sosial, menyatakan bahwa itu video lama. Video itu direkam saat apel pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018. Ia memastikan tidak ada kegiatan apel pada Jumat (19/4).

=====

Sumber: Media Sosial Twitter

=====

Kategori: Misleading Content / Disinformasi

=====

Narasi:

“PA 212 Batalkan Acara Sujud Syukur Kemenangan di Istiqlal dan Monas http://poskotanews.com/…/pa-212-batalkan-acara-sujud-syuku…/ … — GIMANA NGGAK BATAL …. EMANG SITU MAU JADI “KERUPUK” !!?? (Video : Apel Siaga TNI – POLRI di Monas, NKRI HARGA MATI !!),” cuit akun Twitter Nixon Parapat atau @Parapat_Nixon, Jumat (19/4).

=====

Penjelasan:

Akun Twitter Nixon Parapat atau @Parapat_Nixon membuat cuitan yang menghubungkan antara berita batalnya kegiatan Sujud Syukur Kemenangan Prabowo – Sandi di Monas atau dipindahkan ke kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran, Jakarta Selatan oleh penyelenggara yakni Persatuan Alumni (PA) 212 dengan video apel siaga TNI – Polri.

Berikut narasi lengkap cuitan akun @Parapat_Nixon. “PA 212 Batalkan Acara Sujud Syukur Kemenangan di Istiqlal dan Monas http://poskotanews.com/…/pa-212-batalkan-acara-sujud-syuku…/ … — GIMANA NGGAK BATAL …. EMANG SITU MAU JADI “KERUPUK” !!?? (Video : Apel Siaga TNI – POLRI di Monas, NKRI HARGA MATI !!),” cuit akun Twitter Nixon Parapat atau @Parapat_Nixon, Jumat (19/4).

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya link berita dari Poskotanews.com terkait pembatalan acara Sujud Sukur Kemenangan di Monas tersebut dengan Apel Siaga TNI – Polri tidak ada hubungannya.

Ketua PA 212, Slamet Ma’arif, mengatakan bahwa acara Sujud Sukur Kemenangan dibatalkan dengan salah satu pertimbangannya yakni bertepatan dengan perayaan hari besar Paskah.

“Sekali lagi saya sampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang seyogyanya acaranya akan dilangsungkan di Istiqlal dan monas dipindahkan di tempat ini dirumah Pak Prabowo Kertanegara 4,” ucapnya di Jalan Kertanegara, Kamis (18/4/2019).

Di sisi lain, Kapendam Jaya, Letkol Kristomei Sianturi yang juga mengetahui video Apel Siaga TNI – Polri tengah beredar di media sosial, menyatakan bahwa itu video lama. Video itu direkam saat apel pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018. Ia memastikan tidak ada kegiatan apel pada hari Jumat (19/4).

“Itu kan video tahun 2018, apel pengamanan Natal dan Tahun Baru. Jadi gak ada (giat apel). Sumber dari mana lagi kalian itu,” kata Kristomei saat dihubungi kumparan, Jumat (19/4).

“Yang di Monas itu kan memang poskonya Kodam Jaya sama Polda Metro Jaya. Pasukannya kan di sana. Itu sejak kapan-kapan di situ, kalian aja yang buat heboh,” jelas Kristomei.

=====

Referensi:

1. https://twitter.com/Parapat_Nixon/status/1119175654828699648
2. https://tirto.id/pa-212-pastikan-acara-perayaan-kemenangan-…
3. https://kumparan.com/…/hoaxbuster-tak-ada-apel-pasukan-tni-…

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/877308959268307/