[SALAH] Jokowi Diruqiyah dan Tambah Ilmu Ghaib untuk Menangi Pilpres 2019

Unggahan akun Facebook @fahrulrazi87 dan cuitan akun Twitter @MSApunya yang menampilkan foto Jokowi mengenakan kemeja kotak-kotak dan kepalanya nampak dipegang oleh seorang Ustadz dengan inti pesan bahwa foto tersebut adalah prosesi ruqiyah, tidak benar adanya. Diketahui foto tersebut diambil tahun 2014, saat Jokowi sebagai Capres didoakan oleh Kiai Pondok Pesantren Jawiyah Samarangan di Garut, Jawa Barat.

=====

Sumber: Media Sosial Facebook dan Twitter

=====

Kategori: Misleading Content / Disinformasi

=====

Narasi:

1. Info A1, 2 hari lalu Jokowi sedang di rukiah + menambah power kekuatan ilmu goib, semenjak januari 2019 JKW sering mengalami kesurupan, teriak-teriak, bahkan ngomong sendirian.
Menurut paranormal yang mengobatinya : itu karena JKW berambisi ingin menjadi pejabat seumur hidup dengan jalan yang tidak benar, dengan jalan ilmu hitam dan mantra-mantra sesat.
Pilpres 2019 membuat JKW semakin nekat menambah semua kekuatan jin dengan jalan apapun dan tumbal apapun, karena dia sudah merasakan kekalah dan yakin kalah oada Pilpres 2019. Akhirnya dia menambah ilmu+mantra kekuatannya yang akhirnya mengenai dirinya sendiri. Setelah rukiah pembersihan pada diri JKW ini, beliau akan menambah kekuatan jinnya hingga 7 x lipat dari sebelumnya agar tetap berkuasa dan menjadi presiden, ungkap paranormal ki jagad xxxx.,” unggah akun Facebook, Fahrul Razi (@fahrulrazi87), Jumat (12/4).

2. “Sentuhan di dada sebelah kiri oleh para Ulama adalah mencontoh Rasulullah ————- *sedangkan sentuhan di kepala biasanya di ruqiyah #2019GantiPresiden,” cuit @MSApunya, Jumat (12/4).

=====

Penjelasan:

Akun Facebook dengan nama, Fahrul Razi atau @fahrulrazi87 pada Jumat (12/4) membuat unggahan yang berisi foto Calon Presiden (Capres) Joko Widodo dengan mengenakan kemeja kotak-kotak dan kepalanya nampak dipegang oleh seorang Ustadz. Pada postingan tersebut, akun @fahrulrazi87 juga menambahkan narasi yang intinya mengatakan bahwa Jokowi menjalankan ruqiyah dan menambah ilmu ghaib untuk memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Unggahan akun @fahrulrazi87 itu pun kini nampak sudah dihapus. Meski begitu, media daring telah berhasil mengambil screenshot dari unggahan akun @fahrulrazi87 tersebut.

Walapun akun @fahrulrazi87 telah menghapus unggahan pada Jumat (12/4), namun pada Rabu (17/4), foto yang sama masih digunakan akun @fahrulrazi87 untuk mendukung unggahan yang isinya agar ‘jaenudin’ kembali ke jalan yang benar. Berikut narasi lengkapnya:

“y allah kabulkanlah Do’a mayoritas rakyat indonesia
agar jaenudin bertobat dan kembali ke jln yg benar
y allah kabulkanlah do’a mayoritas rakyat indonesia agar jaenudin kalah terhina & nista, agar tidak ada lagi yg menangkap ulama & menembaki ulama2 kami.
hentikan lah jabatannya, azablah jaenudin berikut pengikutnya, agar negri kami tdk ada lagi biang kerok negara
aamiin aamiin aamiin y rabbalalamiin,” unggah akun @fahrulrazi87, Rabu (17/4).

Selain akun @fahrulrazi87, pada media sosial Twitter dengan nama pengguna MSA atau @MSApunya juga membuat cuitan yang melampirkan foto Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno serta Jokowi. Tetapi pada foto tersebut, terlihat SBY, Prabowo dan Sandi, masing-masing dada sebelah kirinya dipegang oleh seorang Ustadz, sedangkan Jokowi dipegang pada bagian kepalanya oleh seorang Ustadz atau fotonya sama seperti yang diunggah oleh akun @fahrulrazi87.

Pada cuitannya, akun @MSApunya menambahkan narasi sebagai berikut, “Sentuhan di dada sebelah kiri oleh para Ulama adalah mencontoh Rasulullah ————- *sedangkan sentuhan di kepala biasanya di ruqiyah #2019GantiPresiden,” cuitnya, Jumat (12/4).

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata foto Jokowi yang mengenakan kemeja kotak-kotak dan kepalanya dipegang oleh seorang Ustadz, diambil pada tahun 2014. Foto itu ditayangkan oleh merdeka.com dengan judul berita “Kunjungi ponpes Jawiyah Samarangan, Jokowi didoakan para kiai”.

=====

Referensi:

1. https://www.facebook.com/fahrulrazi87/posts/2204243279906387
2. https://twitter.com/MSApunya/status/1116521866263285760
3. https://www.merdeka.com/…/20140704104347-kunjungi-ponpes-ja…
4. https://amp.suara.com/…/cek-fakta-jokowi-dirukiah-karena-pa… pilpres?utm_source=facebook&utm_medium=fp&fbclid=IwAR1fQ0lG9C2BCpAEJ8TCX6ahacsnmROCIUqsTtmlOPn-tlgKnt9JmvB1PS4
5. https://www.hetanews.com/…/cek-fakta-jokowi-dirukiah-karena…

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/877137845952085/