[SALAH] Samsul Bahri Ketua KPPS Sydney Pro 02

Beredar video disertai narasi bahwa pria dalam video tersebut bernama Samsul Bahri yang menjadi Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) di Sydney Australia merupakan pendukung Capres dan Cawapres Nomor Urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno, dibantah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra membantah bahwa nama Samsul Bahri sebagai Ketua KPPSLN. “Di hoaks itu muncul bahwa seakan-akan Samsul Bahri anggota KPPSLN, di kita enggak ada yang namanya Samsul Bahri,” ungkap Ilham.

=====

Kategori: False Context

=====

Sumber: Pertanyaan Anggota FAFHH (@Nanang Suparman dan @Nur Ekadyanti), Media Sosial Facebook, dan Youtube

https://www.facebook.com/watch/?v=2004411506534602

Kecurangan pencoblosan di Australia!!!Ternyata KETUA KPPS SYDNEY (Samsul Bahri) sudah jadi Australian citizen, Ngurusin Pemilu Indonesia dan berpihak kepada 02 karena konon kabarnya dia salah satu Simpatisan/Kader PKS. Ga Tahu bener atau ngga dia PKS, yg gw tahu kebenarannya adalah #IndonesiaDamaiTanpaPKS

Dikirim oleh Yosi pada Minggu, 14 April 2019

Udh mulai lagi nih kubu 02 berbuat curang, di KBRI

Dikirim oleh Daniel Ramadhan pada Minggu, 14 April 2019

=====

Narasi:

1) Kecurangan di pilpres di Australia.

Ternyata *KETUA KPPS SYDNEY* (Samsul Bahri) sudah jadi Australian citizen!!!

Dan dia ngurusin Pemilu Indonesia!!!!

Udah gitu pro02!

Cara-cara kotor mulai mereka lakukan, bahkan banyak yang kehilangan hak pilihnya di Australia ulah orang-orang dari 02

2) Kecurangan pencoblosan di Australia!!!

Ternyata KETUA KPPS SYDNEY (Samsul Bahri) sudah jadi Australian citizen, Ngurusin Pemilu Indonesia dan berpihak kepada 02 karena konon kabarnya dia salah satu Simpatisan/Kader PKS. Ga Tahu bener atau ngga dia PKS, yg gw tahu kebenarannya adalah #IndonesiaDamaiTanpaPKS

3) Udh mulai lagi nih kubu 02 berbuat curang, di KBRI

4) Kecurangan di pilpres 2019 di Australia.

Ternyata *KETUA KPPS SYDNEY* (Samsul Bahri) dia ngurusin Pemilu Indonesia!!!!

Udah gitu pro 02!

Cara-cara kotor mulai mereka lakukan, bahkan banyak yang kehilangan hak pilihnya di Australia ulah orang-orang dari 02

=====

Penjelasan:

Sebuah video beredar tentang kericuhan pencoblosan Pemilu 2019 di Sydney, Australia. Dalam video tersebut tampak seorang pria yang tengah memprotes disebutkan dalam narasi video bernama Samsul Bahri. Adapun, dalam narasi postingan, disebutkan bahwa Samsul Bahri tersebut merupakan Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN).

Atas beredarnya video dengan narasi Samsul Bahri sebagai Ketua KPPSLN Sydney, Komisi Pemilihan Umum (KPU) angkat bicara. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra membantah bahwa nama Samsul Bahri sebagai Ketua KPPSLN.

“Di hoaks itu muncul bahwa seakan-akan Samsul Bahri anggota KPPSLN, di kita enggak ada yang namanya Samsul Bahri,” ungkap Ilham. Ia pun menambahkan, nama tersebut pun tidak tercantum sebagai anggota KPPSLN di manapun.

Senada dengan Ilham, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi juga menyatakan bahwa nama Samsul Bahri tidak ada dalam Surat Keputusan (SK) Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) maupun SK KPPS. “Kami sudah cek SK PPLN maupun SK KPPS luar negeri, tidak ada nama tersebut,” ujar Pramono.

Selain pihak komisioner KPU, bantahan perihal Samsul Bahri sebagai Ketua KPPSLN di Sidney, Australia juga disampaikan oleh Anggota Sekretariat PPLN Sydney, Hermanus Dimara. Ia menegaskan, memang ada Warga Negara Asing (WNA) dalam TPS di KJRI bernama Samsul Bahri, tapi dia bukan Ketua KPPSLN, melainkan hanya pendukung salah satu pasangan calon.

“Itu WNA (eks WNI) yang diviralkan sebagai ketua KPPSLN, padahal tidak. Beliau bukan WNI, jadi tidak bisa jadi KPPSLN, Panwaslu, atau pun saksi,” kata Hermanus.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/874186689580534/

https://nasional.kompas.com/read/2019/04/15/07101421/kpu-bantah-soal-kabar-samsul-bahri-wna-yang-disebut-mengurus-pencoblosan-di

https://news.detik.com/berita/d-4510632/penjelasan-kpu-hingga-ppln-sydney-soal-kisruh-pencoblosan?single=1

https://news.detik.com/berita/d-4510325/tepis-isu-kpu-ungkap-sebab-tps-sydney-tutup-saat-ada-wni-belum-nyoblos

https://kumparan.com/@kumparannews/ppln-bantah-video-tuduhan-kecurangan-di-tps-kjri-sydney-1qtHnHcpGyz?ref=relmedia