[SALAH] “Peresmian Patung Yesus Memberkati oleh Jokowi”

Tidak ada peresmian karena bangunan utama dan fasilitas pendukung belum 100 persen selesai, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

(1) http://bit.ly/2I432lu, akun “Hasanudiin Al Ayyubbi” (facebook.com/fajri.sweat), sudah dibagikan 2.603 kali per tangkapan layar dibuat.

——

(2) http://bit.ly/2OVpkX5, grup “FORUM POLITIK INDONESIA ( FPI )” (facebook.com/groups/1552552068387295) oleh akun “Sella Putri” (facebook.com/profile.php?id=100026736164805), sudah dibagikan 3 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

(1) “Berita Peresmian Patung Yesus Memberkati oleh Jokowi pada 23 Desember ini sengaja disembunyikan oleh media utk menjaga elektabilitas.”

——

(2) “Si joko meresmikan yesus di toraja

Naauzubiillahii miindzaliik

Pantas pengikut nya PKI semua πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

Terciduk lagi deh pemimpin negri ini

Besok udah kembali ke solo πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: β€œKonten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • SUMBER membagikan foto acara kunjungan Jokowi ke Tana Toraja.
  • SUMBER menambahkan narasi pelintiran untuk membangun premis yang salah, tidak ada peresmian patung Yesus karena bangunan utama dan fasilitas pendukung belum 100 persen selesai.

——

(2) Beberapa artikel yang berkaitan:

  • SINDOnews(dot)com: “Gubernur Sulsel: Tidak Ada Peresmian Patung Yesus di Toraja”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.
  • detikNews: “”Sekretariat Presiden belum dapat memenuhi permohonan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja kepada Presiden untuk meresmikan Kawasan Destinasi Wisata Religi Patung Yesus Kristus di Tana Toraja, karena hingga hari H-1 pukul 17.00, bangunan utama dan fasilitas pendukung pada kawasan sekitarnya belum tuntas 100 persen fisiknya,””, selengkapnya di (2) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2uT9yD0 SINDOnews(dot)com: “Gubernur Sulsel: Tidak Ada Peresmian Patung Yesus di Toraja

Suwarny Dammar
Jum’at, 28 Desember 2018 – 18:18 WIB

(foto)
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Foto: Istimewa

MAKASSAR – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengaku sama sekali tidak ada peresmian patung Yesus di Burake, Tana Toraja yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan kerja ke Sulsel beberapa waktu lalu.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini menegaskan, jika agenda Presiden Jokowi ke Tanah Toraja murni untuk melakukan silaturahmi bertemu Pastor dan Pendeta, didampingi Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae.

β€œTidak benar itu ada peresmian patung Yesus di Tana Toraja pada 23 Desember oleh Presiden Jokowi, justru kunjungan dilakukan sekedar bersilaturahmi dengan para Pastor dan Pendeta,” ujarnya, saat dihubungi, Jumat (28/12/2018).

Nurdin Abdullah mengungkapkan, agenda Presiden saat berkunjung ke Tana Toraja langsung menggelar rapat di Bandara Pongtiku bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Bupati Tana Toraja, Menteri PUPR, Basuki Hadimuldjono.

Pada kesempatan itu, secara tegas Presiden meminta ke Menteri PUPR melebarkan pembangunan jalan yang menuju ke kawasan-kawasan wisata.

Tak hanya itu, ungkap Nurdin Abdullah, Presiden meminta agar senantiasa menjaga kearifan lokal dan budaya Toraja agar dapat dipertahankan. Termasuk bentuk-bentuk rumah lumbung atau Tongkonan yang sangat menarik perhatian Presiden.

β€œPresiden mengusulkan agar dibentuk Perda khusus untuk menjaga agar rumah Tongkonan di Toraja tetap eksis, dan tidak menjadi rumah modern. Karena dianggap sebagai kearidan lokal,” tuturnya.

Usai menggelar rapat, Presiden melanjutkan dengan menghadiri natal sekaligus silaturahmi dengan seluruh tokoh masyarakat Toraja termasuk Pastor dan pendeta.

(agn)”.

——

(2) http://bit.ly/2CZEupy detikNews: “Jumat 28 Desember 2018, 11:49 WIB

Istana Beri Penjelasan soal Isu Viral Jokowi Resmikan Patung Yesus

Ray Jordan – detikNews

(foto)
Jokowi saat mengunjungi Toraja. (Ray Jordan/detikcom)

Jakarta – Di media sosial beredar foto menyerupai plakat prasasti yang intinya bertuliskan mengenai peresmian Patung Yesus Memberkati oleh Presiden Jokowi. Si penyebar pesan mempertanyakan mengapa kejadian yang diyakininya sebagai peresmian itu ditutup-tutupi. Istana menyatakan Jokowi belum meresmikan patung itu. Begini penjelasannya.

Foto-foto itu tersebar di Facebook, Twitter, dan grup-grup WhatsApp. Sebagaimana disinggung di atas, salah satu foto yang diunggah adalah foto mengenai serupa plakat bertulisan ‘Jokowi meresmikan Patung Yesus Memberkati’.

Selain foto serupa plakat, ada foto-foto kegiatan Jokowi saat berada di Makale, Toraja, Sulawesi Selatan.

Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Istana Kepresidenan, Bey Machmudin, memberikan penjelasan mengenai peristiwa yang sebenarnya. Jokowi memang betul melakukan kunjungan ke Toraja pada Minggu (23/12).

Bey mengatakan Jokowi mendapatkan permintaan dari pemerintah daerah Tana Toraja untuk meresmikan Patung Yesus Kristus. Namun permintaan Pemkab Tana Toraja itu belum bisa dipenuhi oleh Jokowi. Penyebabnya, bangunan yang berkaitan dengan patung belum sepenuhnya siap.

Bey menegaskan Jokowi belum meresmikan Patung Yesus Memberkati tersebut. Ini sekaligus menepis isu di media sosial yang menyatakan Jokowi sudah meresmikan patung tapi publikasi dari kegiatan ini ditutup-tutupi.

“Sekretariat Presiden belum dapat memenuhi permohonan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja kepada Presiden untuk meresmikan Kawasan Destinasi Wisata Religi Patung Yesus Kristus di Tana Toraja, karena hingga hari H-1 pukul 17.00, bangunan utama dan fasilitas pendukung pada kawasan sekitarnya belum tuntas 100 persen fisiknya,” ujar Bey, Jumat (28/12/2018).

Item yang belum selesai itu, lanjut Bey, antara lain proses finishing bangunan Patung Yesus, dinding tebing penyangga, tangga, jalan akses, dan lahan parkir.

“Dan fasilitas lainnya yang selayaknya harus dapat memberikan jaminan keselamatan dan kenyamanan bagi para pengunjung. Secara keseluruhan Bangunan dan Kawasan Destinasi Wisata Religi Patung Kristus Yesus dinilai belum dapat diresmikan oleh Presiden RI,” tutur Bey.

(fjp/bar)”.

——

(3) Tautan ke cadangan arsip SUMBER:

======

Sumber: https://facebook.com/MafindoID/posts/1418287984977502, https://facebook.com/groups/fafhh/permalink/807380616261142/