[SALAH]: Prabowo Ditinggal Pendukungnya Saat Orasi di Padang Sumatera Barat

Debunk ini berisi bantahan dari pihak BPN terkait pemberitaan Metro tv yang menyiarkan bahwa Prabowo ditinggal para pendukungnya saat sedang orasi dalam kampanyenya di Padang Sumatera Barat. Menurut Andre Rosiade selaku Jubir BPN menyebut bahwa pemberitaan itu palsu, karena para pendukung membubarkan diri setelah acara selesai bukan saat Prabowo melakukan orasi. setelah ditelusuri link metro tv terkait pemberitaan tersebut telah tidak bisa diakses. selain itu juga belum ada penjelasan dari pihak Metro tv.

======

[KATEGORI]: INFORMASI YANG SALAH / DISINFORMASI

======

[SUMBER]: MEDIA DARING

– http://www.metrotvnews.com/…/gNQMdJWN-prabowo-ditinggal-pen…

– http://video.metrotvnews.com/…/prabowo-ditinggal-pendukungn…

======

[PENJELASAN]:

Belum lama ini, Metro tv menyiarkan tayangan terkait kampanye yang dilakukan capres nomor urut 02 di kawasan Danau Cimpago, Padang, Sumatera Barat pada 2 April lalu. dalam tayangannya, metro tv menyebut bahwa prabowo ditinggal para pendukungnya saat sedang berorasi karena tidak tahan akan teriknya matahari.

Dikirim oleh Syarief Ramaputra pada Rabu, 03 April 2019

Setelah ditelusuri, link pemberitaan metro tv terkait hal itu sudah tidak bisa diakses. belum ada penjelasan dari pihak metro tv terkait pemberitaan tersebut.

Menanggapi hal ini, dilansir dari Republika.co.id dan Merdeka.com, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade berencana melaporkan Metro TV ke Dewan Pers pada Jumat (5/4/) lusa. Metro TV dianggap telah menyiarkan hoaks saat Prabowo Subianto kampanye di Padang, Selasa (2/4).

Menurutnya, pemberitaan Metro TV dengan judul ‘Prabowo ditinggal pendukungnya saat orasi di Padang’ adalah kebohongan yang disengaja. Padahal, kata Andre, semua bukti menunjukkan acara kampanye capres nomor urut 02 itu sangat ramai.

Andre yang asli Minang juga hadir mendampingi Prabowo selama kampanye di Padang merasa sangat kecewa. Terlebih, banyak warga Sumatra Barat yang menghubunginya karena tidak terima atas hoaks yang disiarkan Metro TV. Ia mengaku banyak menerima banyak keluhan dari masyarakat Padang terhadap berita Metro TV tersebut.

“Itu bagaimana bisa Metro TV menyiarkan berita tidak berdasarkan fakta. Masyarakat sumbar benar-benar sangat kecewa kepada Metro TV yang sengaja siarkan berita hoaks,” sesal Andre.

Sebagai pers seharusnya, kata Andre, Metro TV bersikap objektif agar tidak mendapat hukuman sosial dari masyarakat. Selain itu, kode etik jurnalistik juga mewajibkan setiap media massa agar memberitakan peristiwa secara proporsional bukan hoaks. Menurutnya, sudah jelas apa yang dilakukan Metro TV ini berhadapan langsung dengan kekecewaan masyarakat.

“Ini yang mengkhawatirkan. Metro TV justru semakin kehilangan kepercayaan dari masyarakat akan kredibiltas pemberitannya jika senang siarkan berita hoaks seperti ini,” tutup Andre.

Hingga berita ini diturunkan, Republika masih terus mencoba mengonfirmasi kepada pihak Metro TV.

[KESIMPULAN]:

Berdasarkan penelusuran dari chanel youtube milik gerinda (GerindraTV) yang merekam acara kampanye di Padang yang berdurasi 54 menit tersebut, massa masih terlihat tumpah ruah memadati lokasi kampanye hingga Prabowo selesai berorasi.

Disisi lain, video yang di siarkan oleh metro tv tidak ada keterangan kuat yang memperlihatkan massa meninggalkan lokasi saat Prabowo sedang berorasi, hanya berupa narasi yang menyebut sebagian pendukung meninggalkan lokasi dan gambar massa berhamburan. belum ada penjelasan dari pihak metro tv terkait hal ini.

Disamping itu beberapa link metro tv terkait berita itu sudah tidak bisa diakses, maka dari itu debunk ini dikategorikan sebagai Disinformasi.

======

REFERENSI:

https://www.goriau.com/…/sebut-prabowo-ditinggal-pendukung-…

https://nasional.republika.co.id/…/bpn-akan-laporkan-emmetr…

https://www.merdeka.com/…/jumat-bpn-laporkan-metro-tv-ke-de…