[SALAH] PKS Menang, Dua Istri Menjadi Nyata

Poster materi kampanye dari Caleg PKS Bambang Sutopo yang bertuliskan ,”S.I.P. Surat Izin Poligami. YUK! COBLOS CALEG PKS, PKS MENANG, DUA ISTRI MENJADI NYATA,” adalah tidak benar adanya. “Itu adalah ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. Saya pastikan poster tersebut tidak benar alias Hoax. Ada yang mencoba mengedit dan menyebarluaskannya,” ujar Bambang, Rabu (27/3).

=====

Sumber: Media Sosial Facebook

=====

Kategori: Manipulated Content / Disinformasi

=====

Narasi:

“Ogaaaah bangeeeets nyoblos PKS….sooik siapa yg SK dua istri niiiy hahahaha….,” posting akun Facebook Annie Rae, Selasa (26/3).

=====

Penjelasan:

Akun Facebook Annie Rae mengunggah foto poster yang berisi materi kampanye dari calon legislatif (Caleg) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Banyumas – Cilacap, Nomor Urut 2, bernama H. Bambang Sutopo, SEI, MM.

Dalam foto poster materi kampanye tersebut terdapat kalimat yang berbunyi,”S.I.P. Surat Izin Poligami. YUK! COBLOS CALEG PKS, PKS MENANG, DUA ISTRI MENJADI NYATA.” Unggahan poster materi kampanye tersebut oleh akun Facebook Annie Rae ditambahkan narasi yang inti pesannya tidak ingin memilih PKS.

Berikut isi lengkap narasinya:

“Ogaaaah bangeeeets nyoblos PKS….sooik siapa yg SK dua istri niiiy hahahaha….,” posting akun Facebook Annie Rae, Selasa (26/3).

Selain itu, Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni juga menanyakan keaslian dari foto poster materi kampanye Caleg PKS, Bambang tersebut. Berikut narasi lengkap cuitan Toni di media sosial Twitternya @AntoniRaja.

“Mohon bertanya dan klarifikasi. Apakah ini benar? Dan apakah ini sikap resmi PKS, setuju poligami? @PKSejahtera @hnurwahid @MardaniAliSera,” cuit Toni, Selasa (26/3).

Menanggapi hal tersebut, Bambang Sutopo melalui Tribunnews.com memberikan klarifikasinya. “Itu adalah ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. Saya pastikan poster tersebut tidak benar alias Hoax. Ada yang mencoba mengedit dan menyebarluaskannya,” ujar Bambang, Rabu (27/3).

Senada, Wakil Ketua Majlis Syura PKS, Hidayat Nur Wahid juga menyatakan kabar itu adalah bohong dan fitnah. “Beredar Poster2 Memfitnah Caleg PKS di Banyumas dll.”Jika Menang 2 Istri Jadi Nyata”.Caleg PKS yg Difitnah Bambang Sutopo, Tegas Nyatakan :”Itu Hoax alias Berita Bohong”. Waspadai modus spt ini, ditengah teriakan anti hoax,eh PKS difitnah,jadi KORBAN HOAX.,” tulis akun Twitter @hnurwahid, Kamis (28/3/2019)

Selain itu, akun Twitter resmi dari DPP PKS yakni @PKSejahtera juga merespon pertanyaan Toni terkait foto materi kampanye tersebut,”Alangkah baiknya elit partai menjaga agar pesta demokrasi ini tetap pada jalur adu gagasan. Tidak sulit mencari gagasan resmi dari PKS kok bung, website http://pks.id mudah untuk diakses. Silahkan bisa dilihat. kalau mau stalking akun2 sosmed PKS juga boleh kok,” tulis @PKSejahtera, Kamis (28/3).

Diketahui, Bambang berencana akan melaporkan kasus yang merugikannya ini ke Bareskrim Polri dan Bawaslu.

Poster materi kampanye dari Bambang yang asli bertuliskan,”YUK! COBLOS CALEG PKS, PKS MENANG, PAJAK MOTOR DIHAPUS, SIM SEUMUR HIDUP.”

=====

Referensi:

1.https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=2320675598258942&id=100009495723050
2. http://jateng.tribunnews.com/…/beredar-poster-caleg-pks-di-…
3. https://regional.kompas.com/…/hoaks-beredar-poster-sejumlah…
4. https://twitter.com/hnurwahid/status/1111148098393243649
5. https://akurat.co/…/id-572014-read-poster-caleg-pks-dengan-…
6. https://twitter.com/AntoniRaja/status/1110405190979448832

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/863114717354398/